Hampir semua karyawan pasti pernah melakukan kesalahan saat bekerja. Kesalahan yang terjadi adalah bagian dari proses untuk membangun diri Anda. Namun penting untuk mengetahui cara untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut ketika bekerja agar tidak menjadi beban pikiran bagi Anda dan sering mendapatkan teguran.
Ada berbagai macam kesalahan yang biasanya ditemukan dalam lingkungan kerja seperti salah dalam mengerjakan tugas yang diberikan, keteledoran yang tidak disengaja, kedisiplinan dan sebagainya. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, berikut adalah tips mengurangi kesalahan berulang saat bekerja.
-
Berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama
Jika Anda melakukan kesalahan, maka Anda sudah sepatutnya untuk meminta maaf. Setelah itu, berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Misalnya, kurang teliti dalam melaksanakan tugas yang sudah diemban. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan tersebut dua kali.
-
Tidak perlu melakukan pembelaan diri jika melakukan kesalahan
Jangan mencari-cari alasan sebagai pembenaran atas kesalahanmu. Jika sudah berulang kali melakukan kesalahan, catatlah kesalahan-kesalahan apa saja yang sudah pernah Anda lakukan sebagai bahan introspeksi diri untuk kedepannya. Pelajari kesalahan-kesalahan yang ada dan temukan solusi dari setiap masalah tersebut.
-
Berubah menjadi pribadi yang lebih baik
Lakukan pembenahan diri, mulai dari mengatur ulang pekerjaan atau memperbaiki diri. Gali kemampuan Anda yang berpotensi untuk mendukung pekerjaan tersebut. Biasakan diri untuk teliti dalam setiap tugas yang dikerjakan untuk menghindari kesalahan yang sama.
-
Fokus menyelesaikan pekerjaan
Anda harus bisa berkonsentrasi dan fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Mintalah saran dan pendapat kepada teman sebagai bahan evaluasi agar dapat menjadi lebih baik di kemudian hari. Cobalah berdiskusi dengan rekan kerja yang lebih berpengalaman supaya mendapatkan solusi lain untuk menghindari kesalahan Anda.
-
Mengatur skala prioritas
Hindari multitasking karena hasil yang didapatkan tidak akan maksimal dan meningkatkan peluang munculnya kesalahan dalam pekerjaan. Buatlah daftar pekerjaan dan urutkan mana pekerjaan yang urgensinya paling tinggi sampai yang paling ringan. Setelah itu, kerjakan sesuai prioritas dan kebutuhan sehingga Anda dapat menuntaskan pekerjaan dengan baik. Dengan begitu, Anda dapat menghindari risiko terjadinya kesalahan yang besar.
Manusia memang tak luput dari kesalahan. Namun, dengan mempelajari kesalahan yang telah diperbuat dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya akan membuat diri Anda berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Anda bisa mengetahui kelemahan yang Anda punya dan mencari solusi untuk menghadapinya. Semoga tips di atas bermanfaat untuk membantu Anda dalam melatih kedisiplinan sehingga karier Anda akan semakin cemerlang.