perencanaan sdm

Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) Untuk Keberhasilan Organisasi dan Langkah-langkahnya

Januari 25, 2024

Perencanaan SDM atau perencanaan sumber daya manusia yang matang harus dilakukan oleh setiap perusahaan demi menjaga kestabilan sistem kerja yang sudah berjalan. Dalam melakukan perencanaan sumber daya manusia atau perencanaan SDM, Anda perlu mengajak divisi Human Resource (HR) atau divisi Sumber Daya Manusia untuk berdiskusi.

Anda harus berdiskusi dengan divisi Sumber Daya Manusia, karena proses perekrutan tenaga kerja dan seluruh hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia di dalam perusahaan dipegang oleh divisi HR atau divisi Sumber Daya Manusia ini. Lantas, bagaimana cara membuat perencanaan SDM yang tepat untuk perusahaan Anda? Simak penjelasan mengenai cara melakukan perencanaan SDM atau perencanaan Sumber Daya Manusia melalui artikel Pluxee berikut ini!

Pengertian Perencanaan SDM untuk Perusahaan

Sumber daya manusia merupakan aset terpenting yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sumber daya manusia menjadi aset yang sangat penting dikarenakan mereka merupakan tenaga kerja yang bekerja dengan membawa visi dan misi perusahaan untuk mencapai target yang sudah ditetapkan oleh perusahaan itu sendiri.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat sebuah rancangan sistematis berupa perencanaan SDM yang dapat mengukur potensi sumber daya manusia dalam menjalankan pekerjaan mereka masing-masing sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak yaitu perusahaan dan para tenaga kerja itu sendiri.

Dapat disimpulkan, perencanaan sumber daya manusia adalah proses peramalan yang sistematis yang menghubungkan kebutuhan SDM dengan strategi dan tujuan perusahaan.

Apa Saja Manfaat Perencanaan Sumber Daya Manusia di Perusahaan?

Membuat perencanaan SDM tentu saja memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan bagi perusahaan dan tenaga kerja, ketika melakukan penerapan proses perencanaan SDM. Berikut ini adalah manfaat-manfaat perencanaan sumber daya manusia:

1. Mencapai Visi dan Misi yang Dimiliki Perusahaan

Manfaat utama yang bisa didapatkan dari adanya perencanaan SDM merupakan proses usaha dalam memenuhi visi dan misi perusahaan. Pencapaian visi dan misi perusahaan bisa didapatkan melalui pencarian talent yang tepat dengan dedikasi yang tinggi.

2. Meningkatkan Produktivitas Sumber Daya Manusia di dalam Perusahaan

Manfaat kedua yang bisa Anda dapatkan dari penerapan perencanaan SDM adalah untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja di perusahaan. Dengan adanya perencanaan SDM, perusahaan dapat terbantu dalam memperoleh sumber daya manusia terbaik sesuai dengan tingkat kebutuhan tenaga kerja yang dimiliki perusahaan.

Produktivitas tinggi para tenaga kerja menjadi poin yang sangat penting dalam aktivitas bisnis bagi sebuah perusahaan. Tingginya produktivitas tenaga kerja dapat mendorong pemasukan perusahaan secara signifikan.

3. Menempatkan SDM Sesuai Tingkat Kebutuhan Tenaga Kerja

Manfaat perencanaan SDM yang ketiga adalah untuk membantu perusahaan dalam menempatkan sumber daya manusia sesuai kebutuhan dan kemampuan yang mereka miliki. Karena setiap sumber daya manusia yang ada dan dimiliki perusahaan punya keahlian yang berbeda, perencanaan SDM yang baik dapat membantu perusahaan dalam menempatkan para karyawan sesuai dengan keahlian yang mereka miliki.

Pemahaman terhadap perencanaan sumber daya manusia akan sangat memudahkan perusahaan dalam melakukan pemetaan tingkat kebutuhan sumber daya manusia. Pemetaan dalam perencanaan SDM ini membuat perusahaan bisa dengan mudah mengetahui divisi yang sedang perlu penambahan karyawan. Dengan adanya pemetaan dalam perencanaan SDM, perusahaan tidak akan mengalami pengurangan SDM atau tenaga kerja dalam menjalankan aktivitasnya.

4. Memantau Supply dan Demand SDM

Melakukan pemantauan terhadap permintaan dan pasokan sumber daya manusia (SDM) perusahaan adalah salah satu fungsi dan tujuan dari perencanaan SDM. Hal ini membantu departemen SDM dalam mengantisipasi kebutuhan akan kualitas dan jumlah tenaga kerja di masa yang akan datang. Proses ini sangat penting dalam menghadapi kondisi tenaga kerja yang memiliki sifat berubah-ubah.

5. Efisiensi Perusahaan

Untuk mencapai hasil yang diharapkan dalam operasionalnya, perusahaan juga perlu menjaga efisiensi agar tidak mengeluarkan dana yang berlebihan untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.
Maka dari itu, merencanakan sumber daya manusia (SDM) dengan tepat adalah salah satu hal penting untuk mengetahui jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Baik itu dalam jumlah yang banyak maupun sedikit.

Apa Saja Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Perencanaan SDM?

Terdapat beberapa faktor perencanaan SDM yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan, agar tahapan perencanaan SDM yang akan dilakukan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Berikut adalah penjelasannya.

1. Growth (Pertumbuhan)

Mempertimbangkan faktor pertumbuhan keuangan dan menentukan kebutuhan perusahaan merupakan hal yang krusial dalam perencanaan sumber daya manusia (SDM).

2. Change (Perubahan)

Selanjutnya, faktor yang perlu diperhatikan adalah adanya perubahan. Perubahan dapat terjadi sewaktu-waktu, oleh karena itu, tim HR harus memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif agar dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dalam mengembangkan strategi dengan baik dan juga menghadapi perubahan tersebut.

3. Technology (Teknologi)

Terakhir, seorang HR juga harus mampu memahami pentingnya penggunaan teknologi dengan tepat demi kelancaran operasional perusahaan.

Bagaimana Langkah-langkah Perencanaan SDM untuk Perusahaan?

Dalam melakukan perencanaan SDM, diperlukan langkah-langkah yang tepat dan efektif. Adapun langkah-langkah dalam melakukan perencanaan SDM untuk perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Mengkaji Ulang Sumber Daya Manusia yang Sudah Ada

Sebelum Anda akan melebarkan sayap perusahaan dengan menambah SDM yang baru, Anda perlu melakukan kajian ulang terhadap tenaga kerja yang sudah tersedia. Anda bisa melakukan uji komprehensif yang dapat membantu penilaian aspek-aspek seperti skill, lama bekerja, jabatan, dan lain-lainnya. Bukalah juga forum diskusi untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh karyawan Anda agar dapat dicari solusi efektif sehingga SDM yang sudah ada dapat terbentuk sebagai sebuah tim yang solid dan mampu membantu Anda dalam membimbing calon tenaga kerja berikutnya.

2. Menganalisis Kebutuhan SDM Pada Masa Mendatang

Setelah Anda mengkaji ulang SDM yang sudah dimiliki, Anda dapat mengetahui posisi apa saja yang membutuhkan lebih banyak SDM demi menjaga keseimbangan sistem kerja perusahaan. Selain itu, Anda juga harus melakukan analisis akan kebutuhan SDM pada masa mendatang. Apalagi saat ini, kita hidup di era teknologi yang terus berkembang sehingga semakin dibutuhkan orang-orang dengan pengalaman atau skill di bidang tersebut.

3. Melakukan Pengembangan Skill Pada Masing-masing Tenaga Kerja

Untuk memaksimalkan SDM dengan sebaik mungkin, maka Anda perlu membekali masing-masing individu dengan pengembangan skill yang dapat mendukung proses kinerja mereka. Anda dapat memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti workshop atau seminar yang berhubungan dengan pengembangan skill mereka atau Anda juga bisa bekerja sama dengan divisi HR untuk memberikan training bagi seluruh karyawan di perusahaan.

4. Lakukan Evaluasi Terhadap Perencanaan Sumber Daya Manusia yang Sudah Berjalan

Evaluasi perlu dilakukan untuk melihat perkembangan dari perencanaan SDM yang Anda miliki. Apakah masing-masing individu sudah bekerja sesuai dengan target yang diharapkan atau kendala apa yang dimiliki oleh mereka dalam melakukan job desc yang sudah ditentukan.

Dengan demikian, Anda dapat melakukan penyesuaian terhadap SDM Anda untuk menghindari risiko operasional yang dapat mengganggu sistem kerja yang sudah berjalan di perusahaan Anda. Bahkan sebaliknya, dari evaluasi SDM ini Anda jadi dapat mengetahui apakah ada sistem yang salah di perusahaan Anda sehingga merugikan beberapa pihak di dalamnya.

Sejahterakan SDM yang Perusahaan Anda Miliki dengan Memberikan Reward

Perencanaan sumber daya manusia merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan untuk menjaga kestabilan demi mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, Anda harus membuat perencanaan SDM yang sistematis dan terukur demi mengembangkan bisnis yang Anda miliki. Selain itu, pastikan bahwa seluruh karyawan merasa aman, nyaman, dan bahagia saat bekerja di perusahaan Anda dengan memberikan reward seperti voucher belanja Pluxee Gift yang menawarkan jaringan merchant yang luas serta beragam pilihan jasa dan produk. Saat ini Pluxee Gift dapat digunakan di lebih dari 560 merchant dan 23.300 outlet. Para karyawan dapat termotivasi untuk dapat bekerja lebih maksimal lagi berkat reward dari Pluxee!