Tips Memilih Rekan Bisnis secara Profesional

Memiliki rekan bisnis tentu akan sangat menguntungkan jika kerja sama yang Anda lakukan dengannya berhasil. Namun bagaimana bila rekan bisnis Anda ternyata orang yang salah untuk diajak bekerja sama? Bagaimana jika rekan bisnis alih-alih membawa keuntungan malah membawa kerugian? Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi. Jika mencari rekan bisnis adalah hal pertama yang baru akan Anda lakukan, simak tipsnya berikut ini!

Punya Visi dan Misi yang Sama

Hal utama yang menjadi pertimbangan saat mencari rekan bisnis adalah kesamaan visi dan misi. Cari tahu apakah calon partner Anda memiliki tujuan bisnis yang sama dengan Anda. Jika poin pertama ini sudah tidak sama atau tidak cocok, sebaiknya pikirkan lagi untuk bermitra dengannya. Pasalnya, dua orang atau dua pihak yang bekerja sama tanpa visi dan misi yang sama hanya akan membawa kerugian. Ujungnya, Anda akan berjalan sendiri-sendiri.

Adanya kesamaan visi dan misi antara dua rekan bisnis, akan menghasilkan sikap saling mendukung, saling membantu, dan kompak dalam membangun bisnis. Dengan kesamaan tujuan bisnis antara dua rekan kerja, maka apapun usaha yang Anda dan rekan lakukan bisa berhasil.

Lihat Pengalaman Kerjanya

Setelah Anda memastikan bahwa calon partner bisnis memiliki visi dan misi yang sama, hal kedua yang menjadi pertimbangan Anda adalah pengalaman kerjanya, terutama di bidang yang akan dijalankan bersama. Misalnya, Anda menjalankan bisnis di bidang ekspor impor. Sudah seharusnya Anda mencari rekan yang memiliki pengalaman di bidang yang sama. Jangan sampai calon rekan Anda memiliki pengalaman di bidang kuliner sedangkan bisnis Anda adalah ekspor impor.

Lihat juga bagaimana track record pekerjaannya di waktu-waktu sebelumnya. Apakah track record pekerjaannya cukup baik? Apakah aman dari hal-hal buruk? Jangan lupa juga pastikan bahwa calon rekan bisnis tidak memiliki masalah kriminal di pekerjaan sebelumnya.

Ukur Keterampilannya dalam Bisnis

Pengalaman mungkin bisa menjadi bukti bagaimana sepak terjang calon partner bisnis Anda. Tapi, Anda juga harus memastikan bagaimana keterampilannya di bisnis tersebut. Ada baiknya jika Anda memilih rekan bisnis yang berada di bidang yang sama, namun memiliki keterampilan yang berbeda. Misalnya bisnis Anda adalah ekspor impor, Anda sendiri andal dalam administrasi dan proses. Rekan kerja Anda bisa jadi adalah orang yang andal dalam teknologi untuk mengembangkan bisnis.

Nilai Kepribadiannya

Bagaimana rasanya bekerja sama dengan orang yang kepribadiannya sangat bertentangan dengan pribadi Anda? Bagaimana juga rasanya bekerja sama dengan orang dengan kepribadian yang sama persis dengan Anda? Lalu mana yang terbaik untuk dipilih? Orang dengan kepribadian sama atau bertentangan?

Sejujurnya, bekerja sama dengan orang berkepribadian bertentangan bisa baik jika rekan bisnis bisa membantu pengembangan perusahaan. Partner bisa memberikan ide-ide baru dan segar yang bisa jadi belum terpikir oleh Anda. Namun, harus bersabar jika timbul perdebatan. Begitu juga dengan bekerja sama dengan orang berkepribadian sama dengan Anda. Ide dan pilihannya akan mirip, namun lebih minim perdebatan.

Dapat Dipercaya

Terakhir, pastikan calon partner bisnis adalah orang yang bisa dipercaya, terlepas apakah kepribadiannya mirip dengan Anda atau tidak. Mencari orang yang dipercaya memang gampang-gampang susah, tapi jika Anda sudah melihat track record, kemampuan, dan keterampilannya, hal tersebut bisa menjadi gambaran. Anda bisa tahu dari pengalaman dan track record sebelumnya apakah calon rekan kerja termasuk orang yang reliable atau tidak.

Kepercayaan tersebut juga bisa didapatkan dari seberapa saling menghargainya hubungan bisnis yang dijalin. Cara menghargainya pun beragam, salah satunya dengan memberikan hadiah voucher Sodexo Gift Pass dari Sodexo. Sesuai namanya, voucher ini cocok untuk diberikan kepada rekan bisnis sebagai hadiah atau bentuk apresiasi. Benefit-nya pun banyak juga, termasuk rasa saling percaya yang menjadi lebih kuat.

Mengingat kepercayaan adalah hal dasar dalam sebuah hubungan kerja sama, maka pastikan orang yang Anda pilih bisa diberikan kepercayaan 100%. Tapi jika Anda tidak yakin memberikan 100% kepercayaan Anda kepadanya. Lebih baik pikir ulang atau mencari pilihan lain untuk diajak bekerja sama.

Bagaimana? Mudah sekali bukan, untuk menerapkan tips mencari rekan bisnis di atas? Meski ada banyak hal lain yang harus Anda pertimbangkan, setidaknya lima tips dasar tadi bisa membantu Anda bagaimana mencari partner bisnis yang tepat. Semoga informasi ini membantu!