Ketahui Tipe-Tipe Pelanggan Ini Agar Bisnis Cepat Sukses

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis dengan cepat dan tepat. Tentu saja, hal ini tidak dapat terlepas dari kontribusi pelanggan bisnis Anda. Oleh karena itu, sebagai pebisnis sudah seharusnya Anda bisa mengenal tipe-tipe pelanggan untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Ketika pelanggan merasa puas dengan layanan yang didapatkan, maka secara otomatis hal ini menciptakan loyalitas terhadap bisnis Anda. Jadi, seperti apa tipe-tipe pelanggan yang perlu Anda kenali? Yuk, cari tahu!

Pelanggan dengan Karakter ‘Dingin’

Beberapa orang mungkin memiliki karakter yang terkesan ‘dingin’. Ini biasa ditunjukkan dengan sikap yang kaku dan sulit tersenyum. Tipe-tipe pelanggan ‘dingin’ sering kali mengharuskan Anda lebih aktif dalam melakukan pendekatan.

Untuk menciptakan suasana yang lebih rileks, cobalah untuk menyapa pelanggan dengan ramah. Buka pembicaraan seputar hal-hal yang disukai. Hindari melakukan penjualan secara hard-sell terhadap pelanggan yang memiliki karakter seperti ini. Ketika mereka sudah lebih bisa ‘membuka diri’, maka Anda bisa mulai memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Tipe Pelanggan Kritis

Berbeda dari tipe pelanggan sebelumnya, pelanggan yang bersikap kritis ini justru membuat Anda harus lebih berhati-hati. Pasalnya, tipe pelanggan kritis cenderung akan menanyakan detail produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tidak jarang tipe-tipe pelanggan ini juga akan membandingkannya dengan milik kompetitor. Dengan demikian, pastikan Anda sudah mengenal keunggulan bisnis sehingga mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Bersikaplah bijak ketika pelanggan seperti ini mulai membandingkan harga, fitur, dan kualitas dari produk-produk Anda. Tetap berikan layanan terbaik dan santun sekali pun mereka akan terus membanding-bandingkan produk Anda. Cara ini terbilang efektif untuk mempertahankan image bisnis Anda di hadapan pelanggan.

Pelanggan yang Tergesa-Gesa

Mendapatkan pelanggan yang sering tergesa-gesa atau cenderung tidak sabaran, mungkin akan membuat Anda merasa kesal. Namun, karena kepuasan pelanggan harus dapat diciptakan dengan baik, mau tidak mau Anda tetap harus melayani dengan baik. Daripada tersulut emosi, sebaiknya tenangkan diri ketika terpaksa menghadapi pelanggan yang tergesa-gesa ini.

Untuk menyiasati sifat tidak sabaran yang dimiliki oleh pelanggan, Anda bisa menginformasikan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan transaksi atau layanan lain yang dibutuhkan. Ketika terjadi kendala sehingga mengakibatkan estimasi waktu tersebut meleset, cobalah untuk memberikan voucher hadiah kepada pelanggan tersebut. Ini penting dilakukan untuk mengobati kekecewaan mereka karena harus menunggu lebih lama.

Pelanggan Musiman

Tanpa disadari keberadaan pelanggan musiman di bisnis Anda justru sering memberikan keuntungan yang besar. Tipe-tipe pelanggan musiman umumnya akan melakukan pembelian terhadap produk yang sedang trending. Secara tidak langsung mereka juga akan mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan, sebab mereka akan memposting hasil belanjanya ke media sosial agar tidak ketinggalan hype. Pastikan Anda juga telah menyediakan packaging yang oke agar semakin meningkatkan prestige pelanggan musiman saat upload ke media sosialnya.

Jangan ragu untuk memanfaatkan tipe pelanggan musiman ini untuk meraup untung yang lebih besar. Misalnya dengan menciptakan kontes foto di media sosial, giveaway, atau strategi promosi dengan memberikan voucher belanja ketika mereka melakukan nominal pembelian tertentu. Cara ini sampai sekarang terbukti efektif meningkatkan penjualan bisnis Anda.

 

Apakah Anda juga pernah menemui tipe-tipe pelanggan yang sudah disebutkan tadi? Dengan mempelajari masing-masing tipe pelanggan, maka Anda bisa menyiapkan diri untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik. Selamat mencoba, ya!

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×