Sponsorship: Definisi, Manfaat, Jenis, dan Tujuannya

Sponsorship: Definisi, Manfaat, Jenis, dan Tujuannya©pixahive

Pernahkah Anda menerima tawaran sponsorship untuk suatu acara yang diselenggarakan oleh pihak eksternal? Sponsorship adalah salah satu strategi pemasaran yang bermanfaat untuk meningkatkan reputasi merek Anda.

Rata-rata perusahaan ternama di Indonesia menggunakan sponsorship sebagai salah satu strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness-nya. Strategi tersebut dinilai berhasil karena makin banyak masyarakat yang mengenal merek tersebut dan membeli produknya. Fakta ini pasti tentu membuat Anda tertarik untuk melakukan kegiatan sponsorship, bukan?

Sebelum menyusun strategi marketing sponsorship, ada baiknya Anda mengenal secara lebih dalam mengenai strategi satu ini. Oleh karena itu, silakan simak informasi lengkap mengenai sponsorship melalui pembahasan yang akan Sodexo sajikan di bawah ini.

Pengertian Sponsorship

Sponsorship adalah bantuan dari perusahaan kepada pihak eksternal tertentu dalam bentuk produk, layanan, atau pemberian. Perusahaan memberikan sponsorship sebagai langkah alternatif untuk mempromosikan mereknya. 

Ada dua pihak yang terlibat dalam kegiatan sponsorship, yaitu perusahaan dan pihak penyelenggara acara. Pihak perusahaan memberikan sponsorship sebagai bentuk dukungan atas penyelenggaraan acara. Namun, acara tersebut harus relevan dengan produk perusahaan tersebut.

Sebagai balasannya, pihak eksternal mempromosikan merek atau produk tersebut kepada masyarakat dalam acara yang diselenggarakan. Kedua belah pihak saling menandatangani kesepakatan tertulis untuk kelancaran proses sponsorship.

Manfaat Sponsorship

Sponsorship membawa banyak manfaat bagi perusahaan Anda. Berikut beberapa manfaat dari pemberian sponsor kepada pihak eksternal.

1. Meningkatkan Popularitas Merek

Sponsorship adalah salah satu upaya perusahaan dalam memperkenalkan merek atau produknya kepada masyarakat. Upaya ini tentu akan meningkatkan popularitas merek sehingga masyarakat luas lebih mengenal perusahaan yang melakukan sponsorship.

2. Meningkatkan Reputasi Merek

Selain popularitas, reputasi merek Anda juga dapat meningkat melalui kegiatan sponsorship. Masyarakat akan memandang positif terhadap suatu merek yang memberikan sponsor kepada penyelenggara suatu acara. Alhasil, merek tersebut memiliki nilai lebih di mata masyarakat. Ada pula pihak lain yang tertarik untuk menanamkan modalnya berkat kegiatan sponsorship ini.

3. Lebih Unggul daripada Kompetitor

Kegiatan sponsorship akan membuat perusahaan Anda terlihat lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor. Alasannya, Anda telah berani melakukan sponsorship sebagai kegiatan pemasaran, sementara kompetitor masih melakukan promosi secara tradisional atau melalui media sosial. Perusahaan Anda akan lebih menonjol sehingga makin dikenal oleh masyarakat luas.

4. Meningkatkan Penjualan Produk

Popularitas dan reputasi merek yang makin meningkat tentu dapat mendorong angka penjualan produk Anda. Banyak masyarakat yang berminat dengan produk yang dipromosikan sehingga mereka tertarik untuk membeli produknya. Hal ini tentu dapat meningkatkan pendapatan perusahaan melalui kegiatan penjualan.

Baca Juga: Strategi Promosi yang Tepat dalam Kegiatan Usaha

Jenis-Jenis Sponsorship

Ada lima jenis sponsorship yang biasa ditawarkan oleh pihak penyelenggara acara kepada perusahaan. Apa saja?

1. Sponsor Utama

Jenis sponsor ini memberikan dukungan berupa pendanaan yang cukup besar. Pendanaan yang diberikan dapat menutupi sebagian besar pengeluaran dalam penyelenggaraan sebuah acara. Ada pun keuntungan yang didapatkan oleh sponsor utama antara lain penempatan logo yang lebih besar, penyebutan nama, dan kesempatan untuk mempromosikan produk atau layanan ketika acara berlangsung.

2. Sponsor Umum

Sponsor umum memiliki posisi yang hampir sama seperti sponsor utama. Perbedaannya terletak pada jumlah dana yang mereka berikan. Sponsor utama mendanai setidaknya 80% dari keseluruhan total pengeluaran, sedangkan sponsor umum hanya mendanai sebesar 50%-nya saja. Penempatan logonya lebih kecil daripada sponsor utama, tetapi mereka bisa memberikan pendanaan yang cukup untuk suatu acara.

3. Sponsor Resmi

Sponsor resmi berbeda dengan dua jenis sponsor yang disebutkan sebelumnya. Jenis sponsor ini tidak memberikan dukungan dalam bentuk uang, tetapi berupa produk atau layanan yang sesuai dengan acara yang diselenggarakan. Sponsor resmi dikenal pula sebagai partner sponsor karena mereka mendukung kegiatan tersebut sebagai partner resmi. Contoh sponsor resmi yaitu perusahaan minuman yang biasa mendukung pertandingan sepak bola kelas dunia.

4. Sponsor Teknis

Sponsor teknis cenderung memberikan bantuan dalam bentuk pelayanan atau barang yang diperlukan dalam suatu acara. Contohnya, peralatan dan tenaga medis untuk bantuan medis selama acara berlangsung, pengadaan makanan dan minuman kepada panitia, dan lain sebagainya.

5. Sponsor Partisipasi

Sama seperti sponsor utama dan sponsor umum, sponsor partisipasi memberikan pendanaan dalam porsi yang lebih kecil, umumnya hanya sekitar 10%. Sponsor ini mendapatkan posisi logo yang lebih kecil daripada sponsor lainnya.

Tujuan Sponsorship

Beberapa perusahaan melakukan kegiatan sponsorship demi beberapa tujuan tertentu, seperti:

1. Mendukung Strategi Pemasaran

Sponsorship bertujuan untuk mendukung strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan. Masyarakat justru lebih mengenal suatu produk atau merek suatu perusahaan apabila dipromosikan dalam acara yang mereka ikuti.

2. Mengenalkan Perusahaan kepada Publik

Anda bisa pula melakukan sponsorship dengan tujuan untuk mengenalkan perusahaan, produk, atau merek kepada masyarakat luas. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan mempromosikan produk selama acara berlangsung atau membuat tenant di area acara tersebut.

3. Menarik Minat Media untuk Bekerja Sama

Reputasi perusahaan yang meningkat melalui kegiatan sponsorship tentu akan menarik media massa untuk bekerja sama. Mereka akan tertarik untuk meliput kegiatan atau produk dari perusahaan Anda pada masa mendatang.

Kesimpulannya, sponsorship adalah strategi paling efektif untuk memasarkan produk Anda kepada masyarakat luas. Kegiatan ini idealnya berlangsung dalam jangka waktu panjang sehingga pihak penyelenggara acara akan terus bekerja sama dengan perusahaan Anda.Salah satu kunci penting dalam sponsorship adalah kesepakatan dengan pihak eksternal.

Ketika bernegosiasi, jangan lupa untuk memberikan Sodexo Gift Pass kepada mereka agar terjalin kesepakatan yang harmonis di antara kedua belah pihak. Pihak eksternal pasti menghargai Sodexo Gift Pass yang telah perusahaan berikan karena mereka bisa menggunakan voucher belanja ini di lebih dari 650 merchants dan 23.000 outlets di seluruh Indonesia. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan Sodexo Gift Pass dan buatlah hubungan dengan pihak eksternal makin erat hanya menggunakan voucher belanja dari Sodexo.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email