Public relation adalah salah satu peran atau jabatan penting dalam sebuah instansi. Profesi ini dianggap sebagai pilihan karier yang perlente dan cukup menantang karena harus berurusan dengan banyak orang.
Apa Pengertian Public Relation dalam Perusahaan?
Public relation (PR) merupakan kegiatan komunikasi atau proses terencana dan dilakukan secara sengaja untuk menjalin hubungan dengan pihak eksternal. Instansi, baik perusahaan maupun organisasi non-profit, ingin membangun hubungan timbal balik yang saling menguntungkan sekaligus membangun citra positif di mata pihak luar.
Seseorang yang berkarier di bidang PR disebut sebagai public relation officer. Karier ini merupakan bagian penting dalam mewujudkan tujuan atau visi perusahaan dalam jangka panjang. Public relation officer harus menguasai komunikasi persuasif agar bisa memengaruhi pihak eksternal, khususnya masyarakat dengan menyetarakan atau menciptakan opini publik atau dengan partisipasi publik.
Baca Juga: Bagaimana Cara Efektif untuk Memotivasi Karyawan?
Tujuan Public Relation
Tujuan dalam praktisi public relation memiliki peranan yang signifikan dalam mencapai kesuksesan dalam membangun hubungan yang positif antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya. Berikut ini adalah penjelasan yang lebih rinci mengenai tujuan dari public relation:
1. Menciptakan Citra Positif
Salah satu tujuan utama dari public relations adalah menciptakan reputasi yang positif untuk organisasi atau perusahaan. Reputasi yang positif mencerminkan bagaimana publik memandang suatu brand, reputasi, dan nilai-nilai yang dipegang oleh organisasi. Melalui upaya public relations, tujuannya adalah untuk mempengaruhi persepsi publik dengan menciptakan opini public, membangun kepercayaan, dan membentuk hubungan yang harmonis antara masyarakat publik terhadap perusahaan.
2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Salah satu tujuan public relations juga melibatkan usaha untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Melalui komunikasi yang efektif dan penanganan yang baik terhadap masalah atau keluhan pelanggan, public relations juga bertujuan untuk memperkuat hubungan antara organisasi dan pelanggan. Dengan meningkatnya kepuasan pelanggan, organisasi dapat mempertahankan loyalitas pelanggan yang pada akhirnya berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang.
3. Membangun Hubungan dengan Stakeholder
Stakeholder dalam public relations merujuk kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan atau keterkaitan dengan organisasi, termasuk karyawan, mitra bisnis, masyarakat, dan pemerintah. Salah satu tujuan public relations adalah membangun hubungan yang positif dengan berbagai stakeholder tersebut. Melalui komunikasi yang terbuka, berkelanjutan, dan proaktif, public relations berusaha untuk memperoleh dukungan, kerjasama, dan pemahaman yang saling menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat.
Dalam upaya perusahaan untuk membangun hubungan baik dengan stakeholder, public relation ini berkedudukan sebagai humas dalam proses komunikasi antara perusahaan dengan stakeholder.
Baca Juga : 15 Profesi Pekerja Kreatif yang Menjanjikan
Apa Saja Fungsi Public Relation?
Public relation memiliki banyak fungsi dalam perusahaan. Fungsi tersebut tidak hanya berkaitan dengan hubungan masyarakat, tetapi internal perusahaan pula.
Berikut ini deretan fungsi public relation dalam sebuah perusahaan:
1. Konseling
PR akan membantu pihak internal dalam mengatur kebijakan serta strategi komunikasi kepada masyarakat. Konseling dari PR berupa nasihat atau masukan mengenai hubungan perusahaan dengan pihak eksternal, terutama masyarakat.
2. Riset
Perusahaan membutuhkan data-data terkait masyarakat agar mereka bisa memberikan pengaruh atau citra positif kepada mereka. Karena itu, PR berfungsi untuk melakukan riset tentang publik. Hasil riset tersebut akan diterapkan dalam strategi atau pendekatan PR sebuah perusahaan.
3. Manajemen Isu
Isu positif atau negatif sebuah perusahaan yang beredar bisa memengaruhi reputasi perusahaan. Seorang PR harus mampu mengenal dan menilai isu berdasarkan dampaknya terhadap perusahaan.
4. Penyelenggara Acara
Event diadakan untuk meningkatkan pengaruh dan kesadaran (awareness) masyarakat terhadap perusahaan. PR berfungsi sebagai penyelenggara acara (event organizer) sesuai target audiensi dan tujuannya.
5. Hubungan Media
Media massa merupakan salah satu jalur komunikasi antara perusahaan dan publik secara luas. PR akan memberikan pesan yang ingin disampaikan kepada publik dan media massa secara langsung atau melalui press release.
Baca Juga: 15 Profesi Pekerja Kreatif yang Menjanjikan
Apa Saja Tugas Public Relation dalam Perusahaan?
Banyak orang melihat bahwa tugas public relation officer (PRO) hanya sebatas berkomunikasi dengan berbagai pihak. Hal itu tidak salah, tetapi masih banyak tugas PR dalam perusahaan. Apa saja tugas mereka?
1. Membuat Siaran Pers
PRO bertugas membuat siaran pers atau press release berisi peluncuran produk terbaru, acara yang diselenggarakan, atau berita tentang perusahaan mereka.
2. Menjalin Hubungan Baik dengan Media Massa
PRO juga bertanggung jawab dalam menjaga hubungan baik dengan media massa, khususnya jurnalis. Mereka harus menjawab setiap pertanyaan dari mereka meskipun waktu liputan event telah selesai.
3. Membangun Hubungan Baik dengan Klien
Selain media massa, PRO juga membangun relasi dengan klien. Di beberapa perusahaan, PR merangkap sebagai marketing communication, jadi mereka memiliki hubungan pula bersama klien.
4. Mengadakan Kampanye terhadap Isu Tertentu
PRO menginisiasi kampanye terhadap isu-isu di masyarakat, contohnya kampanye pengurangan sampah plastik, peduli anak jalanan, dan sebagainya. Kampanye tersebut tidak hanya bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap suatu isu, tetapi perusahaan penggagasnya pula.
5. Mempertahankan Persepsi Publik
PRO bertanggung jawab dalam mempertahankan persepsi atau citra positif perusahaan di mata masyarakat. Persepsi positif tentunya akan membawa manfaat menguntungkan bagi perusahaan.
6. Mengelola Konten Website
Terakhir, PRO juga memiliki tugas untuk menulis dan mengelola konten website dengan berita atau informasi terbaru dari perusahaan. Informasi tersebut bisa digunakan sebagai rujukan jurnalis dalam menulis berita tentang perusahaan di media massa.
Skill yang Paling Dibutuhkan untuk Seorang Public Relation
Jika melihat dari fungsi dan tugas dari seorang public relation, tentunya ada beragam skill yang harus dibutuhkan. Skill-skill di bawah ini sangat penting dimiliki bagi Anda yang berprofesi sebagai PR atau ingin berkecimpung di dunia pekerjaan ini.
1. Riset
Bagi orang-orang yang bekerja di bidang PR tentu berhubungan dengan berbagai macam klien yang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, Anda harus bisa melakukan riset mendalam terkait kebutuhan klien dengan tepat dan cepat. Beberapa tahapan riset yang perlu dikuasai oleh public relation adalah berpikir induktif, deduktif, literatur survei, wawancara sampai browsing.
2. Komunikasi
Komunikasi sangat penting dibutuhkan untuk menyampaikan ide, pendapat, informasi, serta koordinasi kepada seluruh pihak yang berkaitan dengan perusahaan baik itu internal maupun eksternal.
Skill komunikasi yang baik harus dimiliki seseorang berprofesi PR. Tak hanya terbatas pada kemahiran berbicara saja, namun juga berkomunikasi secara verbal, non-verbal, presentasi, negosiasi, dan mendengarkan.
3. Menulis
Tidak selalu informasi yang disampaikan oleh PR tentang perusahaan adalah secara lisan, tetapi dapat juga secara tulisan. Maka, seorang PR perlu memastikan informasi atau pesan tersebut dapat sampai kepada target audiens dengan baik tanpa adanya miskomunikasi atau salah pandangan. Bentuk tulisan yang biasa dibuat oleh PR bermacam-macam, misalnya seperti siaran pers, artikel, konten sosial media, atau tulisan publikasi lainnya.
4. Menguasai Sosial Media
Sosial media seperti Instagram, TikTok, Twitter, LinkedIn, Facebook, dan sebagainya adalah platform yang biasa digunakan oleh seorang PR dalam pekerjaannya sehari-hari.
Skill analisis dan memahami algoritma dari masing-masing sosial media juga perlu dipahami untuk dapat menyampaikan informasi kepada target audiens secara tepat sasaran.
Baca Juga: 4 Kelebihan Voucher Sodexo yang Jarang Diketahui
Bagaimana Cara Menjalin Public Relation yang Baik antar Perusahaan?
Salah satu pihak eksternal yang masuk dalam ranah public relation adalah perusahaan lain. Perusahaan tersebut bisa berupa kompetitor di industri yang sama atau non-kompetitor dari industri berbeda.
Baik kompetitor maupun bukan, seorang PRO wajib membangun hubungan baik dengan perusahaan lain. Pasalnya, citra perusahaan dipertaruhkan melalui strategi PR-nya.
Bagaimana cara membangun hubungan baik dengan perusahaan lain?
1. Bangun Nilai dalam Hubungan
Hubungan baik antar perusahaan akan langgeng apabila seorang PRO memberikan nilai di dalamnya. Artinya, PRO harus mendengarkan lawan bicara secara saksama sekaligus membagikan informasi, ide, atau gagasan bernilai kepada perusahaan.
2. Hindari Hubungan Transaksional
Hubungan transaksional alias hanya didasarkan oleh keuntungan semata tidak akan berhasil dalam membangun relasi jangka panjang. Perusahaan harus membangun hubungan murni karena ingin berkembang bersama dalam menjalankan bisnis.
3. Bangun Kepercayaan
Kepercayaan membuat hubungan antar perusahaan terjalin makin erat. Hubungan yang erat justru memampukan perusahaan saling memahami pain point atau masalah serta memberikan solusinya.
4. Fokus pada Perkembangan Bisnis
Setiap perusahaan tidak boleh fokus pada egonya masing-masing ketika menjalin relasi dengan instansi lainnya. Mereka harus fokus pada perkembangan bisnis satu sama lain demi menciptakan hubungan yang erat.
5. Bersikap Proaktif dalam Berkomunikasi
Terakhir, seorang PRO harus aktif ketika memulai komunikasi atau merespon obrolan dari pihak perusahaan lain. Sikap proaktif ini akan menghilangkan berbagai asumsi sehingga tidak ada persepsi negatif di dalamnya.
Tantangan Public Relation
Apapun tipe pekerjaan tentu memiliki tantangannya tersendiri, begitu pula dengan pekerjaan public relation. Nah, biasanya tantangan dari profesi public relation yang bergerak di bidang hubungan masyarakat ini dituntut untuk tetap terbaharui dalam pemberitaan khusus yang terkait dengan bidang bisnis dan perusahaan Anda. Karena seperti yang kita ketahui bahwa, saat ini pemberitaan terus berjalan dengan sangat cepat. Apalagi setelah munculnya portal berita online.
Seorang PR harus selalu bisa mengikuti tren berita dengan tepat dan memanfaatkan berita-berita tersebut saat muncul untuk diolah lebih lanjut. Oleh sebab itu, bagi Anda seorang public relation pastinya dituntut untuk dapat berpikir cepat namun cermat.
Walaupun menjadi impian karier anak muda, public relation merupakan pekerjaan yang cukup menantang. Karena itu, tidak ada salahnya perusahaan memberikan apresiasi atas kerja keras mereka.
Salah satu hadiah terbaik untuk karyawan yang bekerja di bidang public relation adalah voucher belanja Sodexo ePass. Anda tidak perlu pusing memikirkan barang atau makanan favorit mereka karena Sodexo ePass bisa dibelanjakan di lebih dari 470 merchants dan 25.000 outlets. Hadiah yang pas untuk mengapresiasi kerja keras mereka, bukan? Hubungi tim Sodexo sekarang juga untuk mendapatkan voucher belanja elektronik ini.