Mengenal Apa itu Public Relation dalam Perusahaan

©pexels

Public relation adalah salah satu peran atau jabatan penting dalam sebuah instansi. Profesi ini dianggap sebagai pilihan karier yang perlente dan cukup menantang karena harus berurusan dengan banyak orang.

Di balik pekerjaannya yang menarik, seorang public relation officer memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup besar. Apa saja tugas dan fungsi mereka dalam sebuah perusahaan? Baca artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Apa itu Public Relation dalam Perusahaan?

Hubungan masyarakat atau public relation adalah proses atau usaha membangun interaksi antara instansi dan masyarakat secara terus-menerus. Interaksi tersebut dibangun untuk menciptakan opini publik dan persepsi positif di mata masyarakat.

Public relation (PR) merupakan kegiatan atau proses terencana dan dilakukan secara sengaja untuk menjalin hubungan dengan pihak eksternal. Instansi, baik perusahaan maupun organisasi non-profit, ingin membangun hubungan timbal balik yang saling menguntungkan sekaligus menciptakan citra positif di mata pihak luar.

Seseorang yang berkarier di bidang PR disebut sebagai public relation officer. Karier ini merupakan bagian penting dalam mewujudkan tujuan atau visi perusahaan dalam jangka panjang. Public relation officer harus menguasai komunikasi persuasif agar bisa memengaruhi pihak eksternal, khususnya masyarakat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Efektif untuk Memotivasi Karyawan?

Apa Saja Fungsi Public Relation?

Public relation memiliki banyak fungsi dalam perusahaan. Fungsi tersebut tidak hanya berkaitan dengan hubungan masyarakat, tetapi internal perusahaan pula.

Berikut ini deretan fungsi PR dalam sebuah perusahaan:

1.   Konseling

Konseling dari PR berupa nasihat atau masukan mengenai hubungan perusahaan dengan pihak eksternal, terutama masyarakat. PR akan membantu pihak internal dalam mengatur kebijakan serta strategi komunikasi kepada masyarakat.

2.   Riset

Perusahaan membutuhkan data-data terkait masyarakat agar mereka bisa memberikan pengaruh atau citra positif kepada mereka. Karena itu, PR berfungsi untuk melakukan riset tentang publik. Hasil riset tersebut akan diterapkan dalam strategi atau pendekatan PR sebuah perusahaan.

3.   Manajemen Isu

Isu positif atau negatif sebuah perusahaan yang beredar bisa memengaruhi reputasi perusahaan. Seorang PR harus mampu mengenal dan menilai isu berdasarkan dampaknya terhadap perusahaan.

4.   Penyelenggara Acara

Salah satu pendekatan perusahaan kepada masyarakat adalah mengadakan acara (event). Event diadakan untuk meningkatkan pengaruh dan kesadaran (awareness) masyarakat terhadap perusahaan. PR berfungsi sebagai penyelenggara acara (event organizer) sesuai target audiensi dan tujuannya.

5.   Hubungan Media

Media massa merupakan salah satu jalur komunikasi antara perusahaan dan publik secara luas. Dalam hal hubungan media, PR turun tangan secara langsung dan berurusan dengan media massa. PR akan memberikan pesan yang ingin disampaikan kepada publik dan media massa secara langsung atau melalui press release.

Baca Juga: 15 Profesi Pekerja Kreatif yang Menjanjikan

Apa Saja Tugas Public Relation dalam Perusahaan?

Banyak orang melihat bahwa tugas public relation officer (PRO) hanya sebatas berkomunikasi dengan berbagai pihak. Hal itu tidak salah, tetapi masih banyak tugas PR dalam perusahaan. Apa saja tugas mereka?

1.   Membuat Siaran Pers

PRO bertugas membuat siaran pers atau press release berisi peluncuran produk terbaru, acara yang diselenggarakan, atau berita tentang perusahaan mereka.

2.   Menjalin Hubungan Baik dengan Media Massa

PRO juga bertanggung jawab dalam menjaga hubungan baik dengan media massa, khususnya jurnalis. Mereka harus menjawab setiap pertanyaan dari mereka meskipun waktu liputan event telah selesai.

3.   Membangun Hubungan Baik dengan Klien

Selain media massa, PRO juga membangun relasi dengan klien. Di beberapa perusahaan, PR merangkap sebagai marketing communication, jadi mereka memiliki hubungan pula bersama klien.

4.   Mengadakan Kampanye terhadap Isu Tertentu

PRO menginisiasi kampanye terhadap isu-isu di masyarakat, contohnya kampanye pengurangan sampah plastik, peduli anak jalanan, dan sebagainya. Kampanye tersebut tidak hanya bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap suatu isu, tetapi perusahaan penggagasnya pula.

5.   Mempertahankan Persepsi Publik

PRO bertanggung jawab dalam mempertahankan persepsi atau citra positif perusahaan di mata masyarakat. Persepsi positif tentunya akan membawa manfaat menguntungkan bagi perusahaan.

6.   Mengelola Konten Website

Terakhir, PRO juga memiliki tugas untuk menulis dan mengelola konten website dengan berita atau informasi terbaru dari perusahaan. Informasi tersebut bisa digunakan sebagai rujukan jurnalis dalam menulis berita tentang perusahaan di media massa.

Baca Juga: 4 Kelebihan Voucher Sodexo yang Jarang Diketahui

Bagaimana Cara Menjalin Public Relation yang Baik antar Perusahaan?

Salah satu pihak eksternal yang masuk dalam ranah public relation adalah perusahaan lain. Perusahaan tersebut bisa berupa kompetitor di industri yang sama atau non-kompetitor dari industri berbeda.

Baik kompetitor maupun bukan, seorang PRO wajib membangun hubungan baik dengan perusahaan lain. Pasalnya, citra perusahaan dipertaruhkan melalui strategi PR-nya.

Bagaimana cara membangun hubungan baik dengan perusahaan lain?

1.   Bangun Nilai dalam Hubungan

Hubungan baik antar perusahaan akan langgeng apabila seorang PRO memberikan nilai di dalamnya. Artinya, PRO harus mendengarkan lawan bicara secara saksama sekaligus membagikan informasi, ide, atau gagasan bernilai kepada perusahaan.

2.   Hindari Hubungan Transaksional

Hubungan transaksional alias hanya didasarkan oleh keuntungan semata tidak akan berhasil dalam membangun relasi jangka panjang. Perusahaan harus membangun hubungan murni karena ingin berkembang bersama dalam menjalankan bisnis.

3.   Bangun Kepercayaan

Kepercayaan membuat hubungan antar perusahaan terjalin makin erat. Hubungan yang erat justru memampukan perusahaan saling memahami pain point atau masalah serta memberikan solusinya.

4.   Fokus pada Perkembangan Bisnis

Setiap perusahaan tidak boleh fokus pada egonya masing-masing ketika menjalin relasi dengan instansi lainnya. Mereka harus fokus pada perkembangan bisnis satu sama lainnya demi menciptakan hubungan yang erat.

5.   Bersikap Proaktif dalam Berkomunikasi

Terakhir, seorang PRO harus aktif ketika memulai komunikasi atau merespon obrolan dari pihak perusahaan lain. Sikap proaktif ini akan menghilangkan berbagai asumsi sehingga tidak ada persepsi negatif di dalamnya.

Walaupun menjadi impian karier anak muda, public relation merupakan pekerjaan yang cukup menantang. Karena itu, tidak ada salahnya perusahaan memberikan apresiasi atas kerja keras mereka.

Salah satu hadiah terbaik untuk karyawan yang bekerja di bidang public relation adalah voucher belanja Sodexo ePass. Anda tidak perlu pusing memikirkan barang atau makanan favorit mereka karena Sodexo ePass bisa dibelanjakan di lebih dari 440 merchants dan 25.000 outlets. Hadiah yang pas untuk mengapresiasi kerja keras mereka, bukan? Hubungi tim Sodexo sekarang juga untuk mendapatkan voucher belanja elektronik ini.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email