Mengenal Lebih Jauh tentang Promosi Penjualan untuk Bisnis

Promosi penjualan adalah sebuah teknik penawaran sebuah produk dalam sebuah bisnis. Anda pasti sering mendengar tentang istilah tersebut. Meskipun begitu, banyak orang lain di luar sana yang belum tahu apa artian sebenarnya dari promosi penjualan. Oleh karena itu, artikel kali ini membahas tentang beberapa hal yang wajib Anda tahu tentang promosi penjualan.

Apa Itu Promosi Penjualan?

Promosi penjualan adalah sebuah usaha untuk menyebarluaskan atau menawarkan sebuah produk atau jasa dengan tujuan menarik para calon konsumen untuk membelinya. Sebuah bisnis usaha atau sebuah distributor akan mendapatkan angka penjualan dengan adanya sebuah promosi tepat yang dijalankan dengan baik dan benar. Adapun beberapa tujuan dari penjualan antara lain:

  • Untuk menyebarluaskan informasi sebuah produk kepada calon konsumen yang dianggap potensial.
  • Untuk memperoleh konsumen baru dan menjaga loyalitas konsumen.
  • Untuk menaikkan omzet penjualan dan juga keuntungan/laba.
  • Untuk memberitahukan keunggulan suatu produk dibandingkan produk kompetitor.
  • Untuk membangun citra atau branding di mata konsumen sesuai pada apa yang diinginkan.
  • Untuk mengubah tingkah laku dan juga pendapat konsumen terhadap suatu produk.

Jenis-Jenis Promosi

Promosi penjualan memiliki banyak jenis dan cara dalam menyebarluaskan informasi tentang produk. Berikut adalah beberapa jenis promosi yang sering dilihat sehari-hari:

Promosi Secara Fisik

Sebuah promosi yang biasanya diadakan langsung di lingkungan fisik terjadi pada acara-acara tertentu pada suatu tempat seperti sebuah pameran, festival, bazar, konser, dan acara-acara lainnya. Sering kali, para penjual membuka semacam kedai atau stand atau booth untuk melakukan display produk dan menawarkannya kepada calon konsumen yang hadir di acara tersebut.

Promosi penjualan secara fisik atau langsung ini memberikan keuntungan untuk dapat menjangkau para calon konsumen secara langsung karena pelaku bisnis dapat melakukan demonstrasi secara langsung terhadap produk yang ditawarkan. Di sisi lain, para calon konsumen juga bisa terlibat secara interaktif dalam menanyakan beberapa hal mengenai produk yang dijual. Kondisi bertemu langsung secara kontak fisik ini bisa digunakan oleh pelaku bisnis untuk merayu atau membujuk para calon konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan di saat itu juga dengan menggunakan interaksi yang sedang berlangsung.

Namun, promosi penjualan secara fisik juga memiliki kelemahan. Kelemahan dari promosi penjualan secara fisik adalah terbatasnya jumlah calon konsumen yang hadir dalam acara tersebut. Hal ini dikarenakan sebuah acara tertentu juga mempunyai target pasar tertentu seperti acara yang diadakan di area perkantoran, sekolah, kampus, dan lain sebagainya.

Promosi Melalui Media Tradisional

Promosi penjualan melalui media tradisional adalah sebuah promosi penjualan yang menggunakan media cetak maupun media elektronik sebagai tempat untuk menyebarluaskan informasi terkait produk yang ditawarkan atau dijual. Promosi penjualan jenis ini memiliki keuntungan untuk menjangkau calon konsumen lebih luas daripada melakukan promosi penjualan secara fisik. Hal ini dikarenakan jangkauan media yang memang cukup luas. Di sisi lain, kelemahan dari promosi penjualan jenis ini adalah biaya besar yang harus dikeluarkan untuk melibatkan media terkait seperti televisi, radio, brosur, telepon, dan lain-lain.

Promosi Melalui Media Digital

Promosi penjualan melalui media digital adalah sebuah promosi yang menggunakan media internet dan media sosial sebagai penyebar informasi tentang produk yang dijual. Banyak para pelaku usaha yang menggunakan media digital sebagai strategi promosi penjualan dikarenakan media digital sedang marak digunakan di masyarakat sehingga sangat efektif untuk menjangkau konsumen setiap hari. Promosi penjualan melalui media digital memiliki keuntungan untuk dapat menjangkau konsumen secara sangat luas dengan waktu dan biaya yang efisien. Sedangkan, kekurangan dari promosi penjualan melalui media digital adalah jumlah kompetitor yang banyak sehingga para pelaku bisnis harus lebih kreatif dalam melakukan promosi penjualan di media digital agar calon konsumen tertarik pada produk yang ditawarkan.

Itulah beberapa informasi penting mengenai promosi penjualan yang diharapkan mampu menambah khazanah Anda tentang dunia bisnis. Promosi lewat pemberian voucher juga layak untuk dilakukan. Anda bisa memberikan voucher belanja sebagai hadiah promosi seperti Sodexo Gift Pass dan Sodexo ePass, yang mampu membuat pelanggan lebih tertarik. Melakukan promosi adalah hal yang paling penting dalam sebuah usaha. Oleh karena itu, para pelaku bisnis harus mampu berkreasi secara inovatif agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email

Sodexo Benefits & Rewards berubah menjadi Pluxee