Lebaran selalu menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan angka penjualan bisnis Anda. Hampir seluruh masyarakat Indonesia mulai membeli barang yang dibutuhkan untuk merayakan Idul Fitri, mulai dari bahan makanan, pakaian, hingga bingkisan untuk dibagikan kepada orang terkasih. Manfaatkan peluang ini dengan memasang promo Idul Fitri yang bisa membuat pelanggan tertarik berbelanja di bisnis Anda.
Hampir semua bisnis, mulai dari merek ternama hingga UMKM, mengadakan promo Idulfitri untuk menarik pelanggannya. Lantas, bagaimana cara memilih strategi promo Lebaran yang bisa membuat pelanggan terpikat? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya.
Memahami Strategi Promosi Lebaran
Sebelum membahas topik ini lebih lanjut, sebaiknya Anda memahami dahulu pengertian strategi promosi. Singkatnya, strategi promosi merupakan teknik yang digunakan untuk membujuk atau memengaruhi pelanggan agar membeli produk yang ditawarkan. Promosi bertujuan untuk menarik minat dari konsumen terhadap suatu produk sehingga mereka tertarik untuk membeli produknya. Pada akhirnya, promosi dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan produk sampai memenuhi target.
Strategi promosi Lebaran berarti teknik promosi yang hanya dilakukan menjelang Hari Raya Idulfitri saja. Biasanya, bisnis mulai melancarkan strategi ini sejak 1 minggu sebelum Lebaran dimulai. Strategi ini dilakukan untuk memasarkan produk yang berkaitan dengan Lebaran, tetapi bisa juga produk lainnya yang pasti dibutuhkan orang pada momen ini.
Cara Menentukan Strategi Promo Idul Fitri yang Tepat
Sebelum memilih jenis promo Idulfitri yang tepat, Anda perlu merencanakan strategi yang diperlukan agar sesuai dengan minat target pasar. Terapkan langkah ini dalam menentukan strategi promosi yang tepat untuk bisnis Anda.
1. Lakukan Riset Pasar
Riset pasar bertujuan untuk mengetahui preferensi dan kebutuhan target pelanggan pada saat Lebaran. Dalam tahap ini, Anda bisa menganalisis tren pasar sebelum dan sesudah Lebaran. Anda juga bisa melakukan evaluasi terhadap strategi promosi yang sudah pernah dilakukan sebelumnya dan ingin dilakukan kembali pada Lebaran kali ini.
2. Buat Produk Khusus Lebaran
Produk khusus Lebaran akan terlihat lebih menarik bagi pelanggan. Mereka akan berpikir bahwa produk ini bersifat terbatas dan belum tentu ada pada momen selain Lebaran sehingga harus segera membelinya. Anda tidak harus membuat produk baru, tetapi juga mengganti kemasan produk yang sudah ada dengan kemasan bertemakan Lebaran. Jangan lupa untuk menetapkan jumlah produk yang akan dipasarkan khusus Lebaran supaya alur produksinya tetap seimbang.
3. Pilih Strategi Promosi Lebaran
Ada banyak contoh strategi promosi, mulai dari diskon khusus Lebaran, produk bundling, memberikan hadiah gratis, hingga memberikan voucher. Apa pun strategi promosi yang dipilih, pastikan pelanggan Anda mengetahuinya sehingga mereka tidak akan ketinggalan promo spesial Lebaran yang ditawarkan. Selain itu, tetapkan juga periode promo dan metode pembayaran yang bisa digunakan untuk mendapatkan promo tersebut.
4. Mulailah Menjalankan Strategi Promosi
Setelah menetapkan strategi promosi yang sesuai, barulah Anda bisa menjalankan promosi tersebut. Anda bisa mengirimkan pemberitahuan promosi melalui media sosial, Whatsapp, atau email jika sudah mempunyai basis pelanggan. Apabila ingin memasarkan produk secara langsung seperti di pusat perbelanjaan, pastikan Anda mendapatkan lokasi yang strategis dan mudah dilihat oleh pengunjung.
Contoh Promo Idul Fitri Terbaik dan Mampu Memikat Pelanggan
Berikut beberapa contoh promo Idulfitri yang bisa Anda gunakan untuk menarik perhatian pelanggan.
1. Beli Satu Gratis Satu
Strategi ini sangat berguna untuk meningkatkan angka penjualan bisnis Anda. Pelanggan akan mendapatkan produk yang sama sebagai ‘hadiah’ jika mereka melakukan pembelian terhadap suatu produk. Anda bisa memodifikasi angka di promo ini sesuai target penjualan yang diinginkan, salah satunya promo beli 3 gratis 1.
2. Potongan Harga
Diskon atau potongan harga selalu menjadi promo yang menarik perhatian pelanggan. Anda bisa menerapkan strategi ini secara offline maupun online. Tentunya diperlukan penghitungan yang matang untuk menyelenggarakan promo ini supaya Anda tetap menghasilkan keuntungan yang signifikan.
3. Bundling Produk
Jenis promo ini lebih ideal untuk bingkisan atau produk lain yang saling berkaitan dan bisa dijual secara paket, seperti seperangkat alat makan atau pakaian. Pelanggan akan mendapatkan keuntungan besar karena mereka bisa mendapatkan beberapa produk dengan harga yang lebih ekonomis. Agar lebih menarik, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan bingkisan atau parsel yang siap dikirimkan kepada penerima tujuan.
4. Promo Cuci Gudang
Anda bisa mengadakan promo cuci gudang untuk menghabiskan produk yang belum laku terjual sampai menjelang Lebaran. Potongan harga yang diberikan dalam promo cuci gudang cukup fantastis, bahkan bisa mencapai 90%. Namun, pastikan kualitas produk yang hendak dijual masih aman dan belum melewati tanggal kedaluwarsa.
5. Promo Gratis Ongkir
Tidak bisa dimungkiri, lebih banyak orang yang memilih berbelanja secara online melalui website jual-beli maupun media sosial. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan mengadakan promo gratis ongkos kirim atau ongkir. Alternatif lainnya adalah menyediakan subsidi ongkir sampai angka tertentu, seperti Rp20.000 untuk menarik pelanggan yang berada di luar pulau.
6. Voucher Hadiah
Terakhir, Anda bisa mengirimkan voucher kepada pelanggan sebagai alat promo Idulfitri yang menarik. Voucher ini dapat digunakan oleh pembeli untuk melakukan pembelian produk berikutnya. Hal ini tentu saja dapat menarik minat pembeli untuk terus membeli produk Anda.
7. Kontes Berhadiah
Strategi ini tidak hanya berguna untuk meningkatkan angka penjualan, tetapi juga brand awareness bisnis Anda. Anda bisa mengadakan kontes yang berkaitan dengan Lebaran. Pastikan kontes yang dibuat sesuai dengan bidang bisnis yang Anda geluti supaya pelanggan tertarik mengikutinya. Contohnya, kontes foto Outfit Of The Day (OOTD) ketika buka puasa bersama jika bisnis Anda bergelut di bidang fashion atau kecantikan.
Sebagai hadiah kontes berhadiah, Anda dapat menggunakan Sodexo ePass, voucher digital dari Sodexo yang mudah digunakan dan didistribusikan. Hadiah ini sangat menarik karena bisa digunakan untuk membeli barang yang dibutuhkan atau disukai oleh pemenang. Selain itu, voucher Sodexo juga dapat dilakukan personalisasi dengan memberikan logo perusahaan atau ucapan khusus bagi penerimanya.
Sodexo telah dipercaya oleh lebih dari 5.000 perusahaan di Indonesia sebagai solusi hadiah yang menarik untuk diberikan kepada pelanggan. Hubungi kami segera dan tingkatkan penjualan Anda pada momen Lebaran dengan produk terbaik dari Sodexo!