4 Permainan Motivasi Karyawan yang Bisa Dimainkan di Dalam Ruangan

Memotivasi karyawan tidak melulu harus dilakukan dalam kegiatan outbond, Anda bisa menggunakan berbagai macam cara untuk membuat mereka bersemangat dengan aneka permainan motivasi karyawan di dalam ruangan. Selain efektif meredakan stres, permainan ini juga bisa menciptakan hubungan yang baik antara sesama rekan kerja maupun dengan atasan. Jadi, apa saja permainan yang bisa memotivasi karyawan Anda?

Truth or Dare

Permainan ini mungkin terkesan kekanakan, namun Anda perlu tahu bahwa Truth or Dare adalah permainan yang membuat banyak orang menjadi makin dekat satu sama lain. Dalam permainan ini, Anda diwajibkan untuk memilih satu orang yang akan menjadi “korban”, di mana orang tersebut akan memilih dia mau melakukan Truth alias mengungkapkan sejujur mungkin apa yang akan ditanyakan oleh orang lain, atau melakukan Dare di mana dia akan melakukan apapun yang disuruh oleh orang lain.

Di sini, satu sama lain bisa semakin saling mempercayai dan terbuka. Dengan mereka saling terbuka dan percaya, tentunya hal ini akan memotivasi mereka untuk bekerja dengan lebih baik. Selain itu, permainan Dare umumnya cukup seru. Bahkan, beberapa karyawan yang terlihat pendiam bisa jadi asyik dengan acara ini.

Saling menggambar satu sama lain

Tidak perlu harus saling pintar menggambar, permainan ini bisa membuat satu sama lain merasa makin dekat. Tidak hanya itu, saling menggambar satu sama lain juga bisa membuat gelak tawa di dalam ruangan. Suasana yang tegang pun akan mencari dan semangat bekerja pasti akan kembali pada karyawan Anda.

Kalau perlu, beri batasan alat pada masing-masing pegawai. Contoh, salah satu pegawai harus menggambar hanya dengan pensil yang buntung dan salah satu pegawai lainnya harus menggambar dengan tangan yang bukan menjadi tangan dominan mereka. Dengan begini, hasilnya akan lucu dan membuat satu sama lain makin dekat.

Jenga

Permainan ini adalah salah satu dari permainan klasik yang sangat menyenangkan. Semua kalangan bisa menikmatinya, termasuk karyawan Anda. Aturannya pun mudah, cukup mengambil satu demi satu batang yang tertumpuk di awal. Bila batang yang tertumpuk tinggi tersebut hancur, berarti yang terakhir kali mengambil batang di susunan tersebutlah yangh kalah.

Permainan ini mungkin tidak bisa dilakukan oleh banyak orang, namun Anda bisa membuat tim bila pegawai Anda terlalu banyak. Jadi, missal satu tim terisi dari tiga orang, nantinya tiga orang tersebut akan bergantian bermain. Teman-teman satu timnya dapat membantu dia yang mengarahkan untuk sebaiknya batang mana yang ia ambil.

Tebak kata

Salah satu permainan dalam ruangan seru ini ternyata juga bisa membawa pegawai Anda untuk semakin termotivasi. Pasalnya, permainan ini dapat membuat orang-orang bertingkah lucu dan mencairkan suasana. Jika perlu, berikan tebak kata yang sediki unik agar para pegawai bisa lebih kreatif dalam memikirkan gerakan mereka saat ditunjukkan ke teman yang menebak katanya.

Inilah beberapa permainan motivasi untuk karyawan yang bisa Anda lakukan dalam ruangan. Tidak susah dan mampu membuat tim makin dekat dan memompa semangat mereka. Jangan lupa untuk mencoba memasangkan orang-orang dengan teman-teman yang bukan biasanya dekat dengan mereka agar anggota kantor makin dekat satu sama lain.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×