Apa Saja Perbedaan HRD dan Personalia yang Perlu Diketahui?

©pixabay

Apa saja perbedaan HRD dan personalia? Mengapa perusahaan-perusahaan saat ini membuka lowongan pekerjaan untuk kedua posisi tersebut?

Sebagian besar dari Anda mungkin masih belum mengetahui apa saja perbedaan antara HRD dan personalia. Meskipun keduanya memiliki hubungan untuk mengelola karyawan, akan tetapi HRD dan personalia memiliki tugas serta fungsi yang berbeda.

Apakah Anda ingin memahami lebih lanjut apa perbedaan HRD dengan personalia? Silakan simak pembahasan yang akan Sodexo sampaikan melalui artikel ini secara mendalam.

Pengertian HRD

HRD atau yang kepanjangannya adalah Human Resource Department merupakan divisi yang berfungsi untuk mengelola Sumber Daya Manusia (SDM). Maksud dari mengelola SDM ini adalah HRD harus memastikan bahwa perusahaan memiliki tenaga kerja yang cukup dan memadai untuk dapat membangun perusahaan bersama-sama.

Anda tentu sangat memahami betapa pentingnya tenaga kerja di dalam sebuah perusahaan, bukan? Dengan adanya HRD, mereka akan memastikan bahwa tenaga kerja yang bekerja untuk perusahaan Anda telah melalui proses penilaian hingga pelatihan demi menunjang performa kerja yang baik.

Tugas HRD

Di bawah ini, ada 3 tugas utama dari HRD yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Recruitment

Tugas pertama dari HRD di sebuah perusahaan adalah rekrutmen. HRD memiliki tugas untuk mencari tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Dalam mencari karyawan terbaik, HRD harus melakukan proses seleksi, interview, asesmen assessment, sebelum akhirnya memutuskan bahwa pelamar memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tentu saja, tugas ini tidaklah mudah karena HRD memegang tanggung jawab yang besar dalam menentukan apakah pelamar tersebut benar-benar memiliki potensi yang baik untuk bekerja di perusahaan Anda.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin

2. Evaluasi Kinerja

Divisi HRD juga memiliki peranan dalam mengevaluasi kinerja karyawan yang sudah bekerja di perusahaan Anda. Tahapan penilaian kinerja ini akan berdampak pada keputusan kenaikan gaji atau jenjang karier karyawan.

3. Pemberian Training

HRD juga memiliki tugas untuk memberikan training kepada karyawan, baik yang baru atau lama, agar mereka dapat memiliki performa kerja yang maksimal. Training yang diberikan biasanya berupa pelatihan untuk pengembangan skill ataupun pengetahuan.

Pengertian Personalia

Setelah memahami apa itu HRD, maka sekarang kita beralih ke pengertian personalia. Jadi, apa itu personalia dan apa saja tugas-tugas yang mereka jalankan?

Personalia merupakan divisi yang juga mengelola SDM, namun di bidang administratif. Jika dibandingkan, HRD mengelola SDM secara berhubungan langsung dengan karyawan sedangkan personalia lebih ke bagian administratif seperti gaji, surat perjanjian kerja, dan penyusunan database karyawan.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan

Tugas Personalia

Berikut ini, Anda akan memahami lebih dalam mengenai tugas-tugas dari divisi personalia, yaitu:

1. Membuat Surat Perjanjian Kerja Karyawan

Tugas pertama dari personalia adalah membuat surat perjanjian kerja karyawan. Apabila divisi HRD telah menetapkan siapa saja pelamar yang diterima untuk bekerja di perusahaan Anda, maka tugas personalia adalah membuat surat perjanjian kerja sesuai dengan ketentuan yang telah mencapai kesepakatan antara calon karyawan dan HRD.

Selain surat perjanjian kerja untuk calon karyawan, personalia juga tentu saja mengurus segala surat-surat yang berhubungan dengan karyawan. Surat-surat tersebut seperti surat resign, pembaruan surat kontrak kerja, dan lainnya.

2. Mengelola Database Karyawan

Personalia juga bertanggung jawab untuk mengelola database karyawan seperti CV, hasil asesmen assessment, dan lainnya. Pengelolaan database ini bisa dilakukan baik secara hardcopy maupun softcopy, sesuai dengan ketentuan perusahaan.

3. Mengelola Gaji Karyawan

Tugas terakhir dari personalia adalah mengelola gaji karyawan. Personalia juga akan melihat apakah diperlukan adanya pemotongan gaji sesuai dengan jadwal kehadiran karyawan.


Baca Juga:
Bagaimana Cara Efektif untuk Memotivasi Karyawan?

Jadi, itulah informasi yang dapat Sodexo berikan mengenai perbedaan HRD dan personalia yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik perusahaan. Jangan lupa untuk melihat produk voucher belanja Sodexo ePass yang dapat digunakan di lebih dari 380 merchant dan 21.000 outlet apabila Anda ingin memberikan program reward bagi karyawan teladan untuk meningkatkan motivasi kerja mereka.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email