#LebaranSehat 2021

Virus Corona memberikan dampak yang sangat besar bagi semua sektor termasuk kesehatan. Banyaknya kasus positif Covid-19 menghimbau setiap masyarakat untuk semakin waspada walaupun dalam suasana perayaan Lebaran sekalipun. Segenap umat Muslim harus dapat beradaptasi di tengah pandemi demi merayakan Lebaran yang sehat dan bebas dari penularan virus Corona.

Selain adanya larangan untuk mudik, ada beberapa hal yang bisa dipraktekkan demi menjaga Kesehatan masing-masing yaitu:

  1. Tidak melakukan takbir keliling

Walaupun tradisi ini sudah menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu keseruannya oleh seluruh umat Muslim, ada baiknya untuk tidak bersikeras untuk berkumpul dan melakukan takbir keliling dalam masa pandemi sekarang ini.

  1. Salat di rumah

Salat Idul Fitri adalah sesuatu yang lumrah dilaksanakan oleh umat Muslim secara berjamaah di area masjid. Namun di tengah pandemi, sangat dihimbaukan untuk salat di rumah secara individu atau bersama dengan anggota keluarga. Salat bersama anggota keluarga harus tetap menjaga jarak fisik (physical distancing).

  1. Silahturahmi virtual

Biasanya umat Muslim merayakan Lebaran dengan melakukan silaturahmi atau kunjungan ke rumah orang tua, kerabat dan tetangga di kampung halaman. Meskipun begitu, lebih baik jika silaturahmi dijalankan secara virtual demi keamanan dan kesehatan bersama.

Anda tetap bisa berkomunikasi secara virtual via Zoom, WhatsApp Video Call dan lain-lain. Walaupun tidak bertemu secara fisik, tetapi berkumpul secara virtual juga tetap menjadikan Lebaran dan silaturahmi menjadi lebih bermakna. Kerinduan akan kampung halaman pun menjadi terobati.

  1. Zakat fitrah

Zakat fitrah dilangsungkan selama bulan Ramadhan atau selambat-lambatnya menjelang pelaksanaan salat Idul Fitri. Demi menghindari kontak fisik, sejumlah organisasi pengelola zakat tidak lagi mengumpulkan zakat dengan membuka gerai melainkan melalui layanan jemput zakat atau transfer antar bank.

  1. Kirim parsel

Parsel atau hampers Lebaran menjadi salah satu pilihan hadiah yang tepat untuk diberikan kepada keluarga dan kerabat di kampung halaman. Kamu bisa memberikan parsel dalam bentuk voucher seperti  Sodexo Gift Pass yang menyediakan berbagai macam kebutuhan di lebih dari 480 Merchant dan 20.000 Outlet. Penerima voucher bisa bebas memilih sendiri hadiah Lebaran yang mereka inginkan. Persiapan hadiah Lebaran menjadi lebih mudah dan praktis.

Berikut adalah panduan Lebaran yang aman untuk dilakukan demi menjaga kesehatan dan terhindar dari penularan virus Corona. Suasana perayaan Lebaran tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Namun, dengan merayakan Lebaran di tengah pandemi, hubungan dengan keluarga menjadi lebih erat dan waktu yang kita habiskan bersama-sama menjadi lebih bermakna.  Yang terpenting, kita semua sehat dan aman sentosa untuk menjalankan aktivitas hari demi hari 😊

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email