Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja Demi Meningkatkan Produktivitas

Kondisi lingkungan kerja merupakan hal yang sangat mempengaruhi produktivitas karyawan. Salah satu hal yang bisa meningkatkan kualitas kondisi lingkungan kerja adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan kerja.

Selain karena ruang kerja adalah tempat karyawan menghabiskan waktu setiap harinya sehingga haruslah nyaman, lingkungan kerja yang bersih pastilah terjamin kesehatannya. Dengan lingkungan kerja yang sehat maka karyawan bisa bekerja dengan nyaman dan terbebas dari penyakit.

Manfaat yang bisa dimiliki oleh perusahaan ketika kebersihan lingkungan kerja terjaga dengn baik adalah sebagai berikut ini:

Penyakit Tidak Akan Datang

Banyak hal yang mempengaruhi kenyamanan bekerja di kantor. Ada tidaknya debu, sanitasi yang buruk, dan ruangan yang pengap akan membuat bekerja di kantor menjadi tidak lagi nyaman. Dengan kondisi yang buruk ini akan banyak penyakit berdatangan dan menyerang kesehatan karyawan seperti diare, flu, dan masalah pernapasan.

Tahukah Anda bahwa ternyata meja kerja di kantor adalah sarang berjuta-juta bakteri? Jumlahnya bahkan 400 kali lebih banyak dari bakteri di dudukan toilet yang hanya berjumlah sekitar 10 juta bakteri. Hal ini dikarenakan tangan setiap karyawan yang menggunakan meja itu telah menyentuh banyak bakteri dari luar kantor, seperti dari kendaraan umum atau eskalator dan lift.

Dengan kondisi meja yang kotor ini, produktivitas karyawan akan sangat mudah terganggu. Selain karena rawan mendatangkan penyakit, ternyata meja yang kotor juga berpengaruh kepada suasana hati dan mood kerja karyawan. Dengan lingkungan kerja yang bersih, penyakit yang mendatangi karyawan akan lebih sedikit dan produktivitas akan meningkat.

Selain itu, kebersihan lingkungan kerja yang terjaga juga berhubungan dengan kepuasan karyawan. Kantor yang rapi dan bersih penataannya akan membuat karyawan semangat bekerja di dalamnya. Untuk itu, sebaiknya Anda menerapkan aturan mencuci tangan sebelum masuk kembali ke ruang kantor agar meja dan alat kantor lebih terjaga kebersihannya.

Jika karyawan Anda kerap melakukan makan siang take out atau delivery untuk dimakan di kantor, pastikan untuk memberlakukan aturan membersihkan kembali meja kantor setelah dipakai makan. Untuk jadi lebih efisien, Anda bisa berikan meja terpisah untuk makan siang atau lembur dan makan malam di kantor.

Berantakan Boleh, Kotor Jangan

Jika perusahaan Anda bekerja di bidang kreatif, biasanya meja kantor akan cenderung lebih berantakan. Mengapa demikian? Karena tatanan meja yang terlalu rapi dan kaku biasanya akan mengahambat ide kreatif muncul di otak karyawan. Untuk itu, meja yang berantakan bisa jadi akan memberikan sedikit kelegaan dan suasana kurang formal sehingga ide bisa muncul.

Namun, meja yang berantakan bukan berarti bisa menjadi alasan untuk tidak menjaga kebersihan lingkungan kerja. Meja kantor dan sekitarnya haruslah tetap bersih meski sedikit berantakan. Karena jika dibiarkan kotor, maka produktivitas karyawan tetap akan menurun dan tidak bisa jadi maksimal. Lagi-lagi hal ini disebabkan oleh kesehatan yang meningkat akibat kebersihan lingkungan kerja yang terjaga.

Biarkan Cahaya Alami Masuk

Salah satu cara untuk membuat lingkungan kerja jadi lebih sehat dan bersih adalah dengan membiarkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan. Cahaya matahari yang masuk akan membantu level serotonin, sebuah hormone dalam tubuh yang memberikan perasaan nyaman dan senang, meningkat. Dengan begitu, risiko depresi atau tidak bahagia akan berkurang. Pekerjaan pun akan dapat ditangani oleh karyawan yang bahagia dengan lebih cepat dan baik tanpa hambatan.

 

Itulah alasan mengapa menjaga kebersihan lingkungan kerja sangat penting dengan manfaat dan cara yang bisa Anda lakukan di perusahaan Anda. Dengan cara-cara di atas, produktivitas karyawan akan meningkat dan pekerjaan akan berjalan lancar tanpa banyak hambatan. Selain itu, produktivitas karyawan juga bisa dinaikkan dengan memberikan reward berupa voucher dari Sodexo. Sebagai penyedia layanan voucher, Sodexo memiliki barisan voucher yang menarik, seperti Sodexo Gift Pass, Sodexo ePass, Sodexo Reward Pass, dan Sodexo Food Pass. Masing-masing memiliki benefit yang berbeda-beda juga, tapi tetap sama-sama memberikan keuntungan dalam berbelanja.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×