Mengenal Jenis-jenis Pelanggan yang Membeli Produk Anda

©pixabay.com

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mengetahui serta memahami jenis-jenis pelanggan yang membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Mengapa Anda harus mengetahui berbagai jenis pelanggan yang ada?

Dengan memahami jenis-jenis pelanggan, Anda dapat menyediakan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Memahami kebutuhan pelanggan adalah hal terpenting yang harus Anda perhatikan sebagai pemilik perusahaan.

Melalui artikel ini, Sodexo akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai berbagai jenis pelanggan yang pastinya akan selalu ditemukan dalam setiap bisnis. Selain itu, kami juga akan memberikan tambahan informasi seputar cara untuk meningkatkan loyalitas customer agar pelanggan akan terus membeli produk atau jasa dari perusahaan Anda.

Jenis-jenis Pelanggan Dalam Bisnis Anda

Berikut ini, ada 3 jenis pelanggan yang akan dihadapi oleh setiap pemilik bisnis, yaitu:

1. Pelanggan Internal (Lingkup Dalam)

Jenis pelanggan yang pertama adalah pelanggan internal. Pelanggan internal merupakan pelanggan yang berasal dari lingkup dalam bisnis Anda.

Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, tentunya akan ada pelanggan-pelanggan yang ingin menjual kembali produk yang ditawarkan. Biasanya, pelanggan internal ini berasal dari organisasi tertentu dan bentuk dari transaksi jual beli yang dilakukan biasanya bersifat kerja sama (Business-to-Business).

Baca Juga: Memahami Metode Problem Solving di Organisasi

2. Pelanggan Eksternal (Lingkup Akhir)

Pelanggan eksternal adalah para pelanggan yang berada di lingkup akhir atau bisa disebut sebagai end user. Apa maksud dari end user ini?

End user merupakan pengguna dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Jadi, untuk menjangkau para pelanggan eksternal, Anda dapat menggunakan berbagai macam strategi marketing dengan jangkauan B2C (Business-to-Customer).

3. Pelanggan Antara

Jenis pelanggan terakhir yang akan ditemukan di dalam bisnis Anda adalah pelanggan antara. Apa itu pelanggan antara?

Contoh dari pelanggan antara ini adalah reseller, referral partner, atau individu lainnya yang akan menjual kembali produk atau jasa bisnis Anda. Meskipun pelanggan antara mirip dengan pelanggan eksternal yaitu bersifat kerja sama, akan tetapi yang membedakan di antara keduanya adalah pelanggan eksternal merupakan pelanggan dari organisasi sedangkan pelanggan antara adalah individual.

Baca Juga: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Kerja dalam Perusahaan

Bagaimana Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan?

Setelah Anda mengenal apa saja jenis-jenis pelanggan yang ada, sekarang marilah kita pahami lebih lanjut mengenai cara meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan yang sudah ada tentu harus dijaga agar mereka mau terus membeli produk atau jasa melalui perusahaan Anda dalam waktu yang lama.

Namun, tentu saja Anda bertanya-tanya, bagaimana cara agar para pelanggan menjadi loyal? Untuk itu, ada 5 hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yaitu dengan cara berikut ini:

  • Tingkatkanlah kualitas produk atau jasa yang Anda miliki. Kualitas yang baik tentu akan membuat pelanggan terus datang kepada Anda.
  • Anda juga dapat mengadakan kegiatan promosi yang tidak hanya dapat membuat pelanggan yang sudah ada menjadi loyal, namun juga dapat menarik calon pelanggan. Buatlah kegiatan promosi seperti diskon, cashback, dan masih banyak lagi.
  • Ciptakan inovasi serta variasi yang dapat membuat pelanggan tertarik dengan bisnis yang Anda miliki. Dengan demikian, pelanggan tidak akan merasa bosan dan terus menunggu adanya hal yang baru dari bisnis Anda.
  • Selain dari kualitas produk, Anda juga harus meningkatkan pelayanan pelanggan atau customer service. Pelanggan Anda pasti ingin dilayani dengan cepat dan baik sehingga customer service yang dimiliki harus lebih ditingkatkan.
  • Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan program reward dengan memberikan hadiah-hadiah tertentu. Jadi, bagi para pelanggan setia yang memenuhi syarat dan ketentuan bisa mendapatkan hadiah yang Anda sediakan khusus untuk mereka.

Baca Juga: 4 Cara Perencanaan SDM Untuk Perusahaan yang Perlu Diketahui

 

Ada berbagai hadiah yang dapat diberikan kepada pelanggan dalam program reward ini seperti pemberian hampers perusahaan Anda. Namun, Anda juga bisa memberikan hadiah lainnya yang unik dan menarik seperti voucher belanja.

Jika Anda tertarik untuk memberikan voucher belanja kepada pelanggan setia, silakan cek voucher belanja Sodexo Gift Pass. Voucher belanja tersebut merupakan salah satu produk yang sering dijadikan sebagai hadiah dari program reward dari para customer Sodexo. Hubungi kami sekarang juga untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Sodexo Gift Pass.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email