Ketahui Jenis Infeksi Pada Gigi Kamu


Tentu kamu pernah mendengar ada yang mengatakan bahwa kesehatan gigi dan mulut adalah cerminan dari kesehatan tubuh kamu. Kesehatan gigi yang buruk bisa meningkatkan risiko timbulnya penyakit di dalam tubuh, seperti infeksi paru-paru dan penyakit jantung coroner. Banyak orang tidak menyadari risiko ini dan mengabaikan kesehatan mulut, padahal perawatan gigi itu bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Berikut adalah beberapa jenis infeksi pada gigi yang perlu kamu ketahui:

  1. Sakit Gigi

    Gejala ini pada umumnya ditandai dengan rasa nyeri disekitar rongga gigi, bisa terjadi sepanjang hari ataupun hanya sesaat. Sakit gigi bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pembusukan sisa makanan, gigi retak, hingga infeksi bakteri di dasar gigi.

  2. Karies Gigi

    Adalah kondisi rusaknya struktur dan lapisan gigi akibat makan makanan yang manis atau jarang menyikat gigi. Bakteri di mulut kamu bisa mengubah kandungan gula dari sisa makanan menjadi asam, yang nantinya akan berubah menjadi plak pada gigi.

  3. Radang Gusi

    Gejala ini hampir sama dengan Karies Gigi, dimana disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi. Plak tersebut akan menyebabkan infeksi yang membuat gusi meradang (merah dan membengkak) hingga gusi berdarah saat kamu sedang menyikat gigi.

  4. Infeksi Gusi

    Ini adalah tahap lanjutan dari radang gusi. Bila sudah sampai tahap serius, infeksi gusi bisa menyebabkan kerontokan gigi, merusak jaringan lunak dan tulang yang menyangga gigi. Gejala yang timbul pada umumnya seperti bau mulut, perubahan warna gusi (menjadi merah terang atau keunguan), dan pendarahan pada gusi.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×