Interview User: Pengertian dan Persiapan yang Harus Dilakukan

©pxhere

Interview user adalah salah satu tahap wajib dalam proses rekrutmen atau seleksi karyawan. Tahap ini lebih menantang dibandingkan proses interview di tahap sebelumnya karena Anda akan berhadapan dengan calon atasan. Interview user membutuhkan persiapan matang untuk meningkatkan potensi keberhasilan Anda dalam mendapatkan pekerjaan.

Anda harus memahami apa itu interview user sebelum melamar pekerjaan. Selain mengenali istilahnya, pahami pula tips terbaik dalam mempersiapkan diri untuk interview user supaya berhasil mendapatkan pekerjaan. Semua hal tersebut akan diuraikan secara lengkap dalam artikel Sodexo ini.

Sekilas tentang Interview User

Anda harus melewati tahap interview awal sebelum memasuki interview user. Keberhasilan kandidat dalam tahap seleksi pertama ditentukan oleh tim recruiter atau Human Resources Department (HRD) sebagai pewawancara. Tahap wawancara menjadi panduan HRD untuk mengetahui kecocokan Anda dengan budaya kerja dalam perusahaan. Anda sebagai kandidat atau pelamar kerja berkesempatan untuk mengenal calon perusahaan melalui tahap ini.

Setelah dinyatakan lolos dalam interview awal, Anda harus memasuki tahap berikutnya, yaitu interview user. Interview user adalah proses wawancara bersama calon atasan langsung Anda. Jabatan calon atasan ini berbeda-beda sesuai posisi yang dilamar. Jika melamar untuk posisi staf, manajer atau leader departemen akan menjadi interviewer. Anda akan berhadapan langsung dengan kepala bidang atau CEO perusahaan apabila melamar untuk posisi manajer atau pimpinan.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin

Interview user berguna supaya calon atasan (user) dapat mengenal kandidat lebih dalam. Mereka ingin mengetahui kepribadian dan kompetensi kandidat lewat sesi ini. Calon atasan merupakan orang yang berhubungan langsung dengan pekerjaan Anda hampir setiap harinya, jadi mereka ingin memastikan kecocokan melalui tahap ini. Waktu adalah uang, mereka tidak ingin menyia-nyiakan waktu berharga mereka karena salah memilih kandidat yang cocok.

Pertanyaan dalam interview user selalu berkaitan dengan hal-hal teknis terkait pekerjaan. Skill, pengalaman kerja, dan background pendidikan merupakan tiga topik yang kerap dipertanyakan. Topik tersebut memiliki relevansi erat dengan bidang pekerjaan yang dilamar, jadi user ingin mengetahui kapabilitas Anda dalam bidangnya.

Anda juga memiliki bayangan pekerjaan atau tugas yang akan dilakukan selama bekerja jika mengikuti tahap ini. Informasi dari user dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk menerima tawaran pekerjaan yang diberikan. Anda dapat mengukur kapabilitas dan tanggung jawab yang dapat diberikan karena sudah mendapatkan informasi mengenai beban kerjanya.

Mempersiapkan Diri untuk Interview User

Tahap ini menjadi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan serta pengalaman dalam bidang yang dilamar. Anda akan mempresentasikan diri sendiri secara langsung kepada calon atasan. Anda dapat menunjukkan ciri khas atau keunikan yang belum dimiliki oleh kandidat lainnya dalam tahap ini.

Bagaimana cara mempersiapkan diri untuk mengikuti interview user? Ikuti lima langkahnya di bawah ini.

1.   Lakukan Riset Posisi yang Dilamar

Topik utama dalam interview user adalah posisi yang dilamar, jadi pastikan Anda menguasainya. Pahami kualifikasi dan tanggung jawab yang dicantumkan dalam iklan lowongan kerja, kemudian siapkan jawaban yang relevan dengan pengalaman atau skill Anda. Bagi fresh graduates, mereka bisa memanfaatkan pengalaman magang atau organisasi asalkan sesuai bidang yang dilamar.

2.   Tunjukkan Keunikan Dirimu

Anda akan bersaing dengan beberapa kandidat lainnya dalam tahap ini. Mereka memiliki keahlian atau pengalaman kerja yang hampir mirip seperti Anda. Jadi, tunjukkan juga keunikan diri sendiri selama proses interview user. User akan tertarik bekerja pada karyawan yang berani menampilkan sisi uniknya. Namun, keunikan ini harus relevan dan menjadi keunggulan Anda saat bekerja nanti.

Baca Juga: Kepuasan Pelanggan [Pengertian & Faktor Pendukungnya]

3.   Lakukan Latihan Interview User

Rasa gugup dan cemas sering datang ketika berhadapan dengan orang asing, dalam hal ini mengikuti interview user. Meski sudah mempersiapkan materi dan jawaban terbaik, interview user berpotensi gagal apabila Anda tetap gugup. Latihan sebelum interview berguna agar tetap percaya diri saat menjalani prosesnya. Lakukan latihan interview bersama teman atau keluarga dan minta mereka mengoreksi kekurangan Anda.

4.   Siapkan Pertanyaan untuk User

Interview user memberikan Anda kesempatan untuk bertanya. Gunakan kesempatan ini untuk menunjukkan antusiasme dalam pekerjaan ini. Pertanyaannya dapat berupa hasil riset perusahaan atau bidang industri yang dijalani. Jangan ragu untuk bertanya apapun pada user, asalkan tidak menyentuh ranah pribadi mereka. Minta juga pandangan atau ekspektasi kandidat dalam benak user.

Baca Juga: Aspek Lingkungan Kerja dan Pengaruhnya pada Karyawan

5.   Buat Rencana Persiapan Interview User

Selain mempersiapkan materi jawaban, jangan lupa mempersiapkan diri sebelum mengikuti interview user. Usahakan datang tepat waktu dan perkirakan rute menuju lokasi wawancaranya. Kenakan pakaian rapi dan riasan yang tidak terlalu menonjol untuk menghasilkan kesan pertama yang baik di mata user. Tips paling penting, tetap jaga sopan santun atau etika ketika interview, meski sifat interview-nya lebih informal.

Lima langkah di atas sangat berguna dalam meningkatkan potensi keberhasilan interview user Anda. Tetaplah tenang saat menjalani prosesnya supaya tahap ini dapat dilalui dengan lancar.

Bagi atasan atau pimpinan, hadiah terbaik untuk kandidat yang lolos dalam interview user adalah Sodexo ePass. Anda dapat memberikan voucher elektronik ini sebagai welcoming gift tanpa harus khawatir mereka akan menolaknya. Sodexo ePass dapat dibelanjakan di lebih dari 380 merchant dan 21.000 outlet, jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan selera kandidat. Dapatkan voucher ini hanya dengan menghubungi Sodexo.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email