5 Ide Program Loyalitas Pelanggan untuk Tingkatkan Penjualan

contoh program loyalitas pelanggan©pexels

Pernahkan Anda membeli berulang kali di toko yang sama karena ingin mengumpulkan poin dan mendapatkan hadiah? Hal ini merupakan salah satu cara sebuah bisnis untuk menjaga loyalitas pelanggannya yang biasa disebut dengan program loyalitas pelanggan.

Program loyalitas pelanggan tidak hanya berupa mengumpulkan poin saja, tapi ada banyak cara dan alternatif lain untuk melakukannya. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai berbagai ide program loyalitas pelanggan yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda, mulai dari yang sederhana hingga yang membutuhkan teknologi khusus.

Baca Juga: Loyalitas Pelanggan: Pengertian, Contoh, dan Tips Meningkatkannya

  1. Mengumpulkan Stempel

Program loyalitas ini merupakan program yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Caranya adalah dengan mengumpulkan stempel atau stiker tiap melakukan pembelanjaan dengan nominal tertentu. Akan ada reward atau hadiah-hadiah yang bisa diberikan setelah mengumpulkan stempel atau stiker dalam jumlah tertentu. Biasanya hadiah bisa berupa gratis satu produk atau satu kali layanan jasa, barang-barang, hingga voucher hadiah.

Jika ingin menggunakan metode yang sederhana, Anda cukup menyediakan stiker atau stempel dan kartu dengan tempat kosong untuk mengisi stempel atau memasang stiker. Bagikan kepada pelanggan yang baru pertama membeli dan tawarkan program loyalitas pelanggan Anda.

  1. Mengumpulkan Poin dari Perbelanjaan

Anda sering menemui sistem pengumpulan poin ini di swalayan, toko peralatan, dan juga café terdekat. Biasanya tersedia berbagai jenis hadiah yang bisa ditukarkan dengan poin dengan jumlah tertentu. Semakin banyak poin yang dimiliki dan ditukar, hadiah yang didapat biasanya semakin mahal harganya. Dengan cara ini, customer akan terus melakukan pembelanjaan dengan nilai sebesar-besarnya untuk mengumpulkan poin dan mendapat hadiah yang diinginkan.

Untuk melaksanakan program loyalitas ini, Anda harus membuat sistem perhitungan poin dan penukarannya. Hal ini lebih cocok untuk bisnis yang memiliki anggaran untuk membangun sistem tersebut.

  1. Member Bertingkat

Seperti bermain game, program loyalitas pelanggan ini memiliki level-level bertingkat yang bisa dicapai jika sudah melakukan total pembelian di nilai tertentu. Biasanya, tiap level memiliki keuntungan tertentu. Semakin tinggi levelnya, akan semakin besar juga keuntungan yang akan didapat.

Sama dengan sistem poin, sistem loyalitas ini perlu modal untuk membangun sistem baik perhitungan hingga pendistribusiannya. Beberapa perusahaan besar menggunakan cara ini agar pelanggan merasa tertantang untuk terus bertransaksi hingga level tertentu.

Baca Juga: Pentingnya Membangun Loyalitas Konsumen di Zaman Sekarang

  1. Langganan Berbayar Khusus

Untuk membuat pelanggan terus menggunakan produk Anda, Anda juga bisa menerapkan langganan berbayar. Langganan berbayar digunakan agar pelanggan mendapatkan keuntungan besar dalam jumlah dan waktu tertentu namun biayanya lebih rendah. Hal ini secara tidak langsung membuat pelanggan merasa terikat untuk menghabiskan paket langganan dan terus berbelanja di bisnis Anda.

Biasanya, paket langganan ini berupa diskon ongkos kirim atau diskon transaksi pada periode tertentu. Contohnya, 12 voucher gratis ongkos kirim masing-masing Rp10.000 yang hanya berlaku 2 bulan saja. Nilai keuntungan paket voucher tersebut sebesar Rp120.000 namun untuk berlangganan hanya perlu membayar Rp50.000 saja.

  1. Program dengan Nilai Sosial

Bagi perusahaan yang dikenal dengan gerakan sosialnya, sistem loyalitas ini bisa diterapkan. Misalnya dengan membuat bundling produk dengan sumbangan untuk komunitas tertentu. Contohnya, perusahaan yang fokus terhadap lingkungan bisa membuat program pembelian produk berhadiah barang-barang daur ulang plastik sekaligus menyumbangkan beberapa persen hasil penjualan untuk komunitas pengolahan sampah lokal.

Hal ini bisa jadi menarik untuk pelanggan yang memiliki value yang sama. Mereka akan terus menerus membeli produk karena merasa jadi bagian dari nilai-nilai tersebut.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Saat Persaingan Semakin Ketat

Sebagai hadiah dari program loyalitas, Anda dapat menggunakan voucher hadiah Sodexo baik Sodexo Gift Pass yang berupa voucher kertas maupun Sodexo ePass yang berwujud voucher digital.

Dengan voucher Sodexo, maka pelanggan bisa memilih sendiri hadiah yang cocok dan dibutuhkan. Selain itu, voucher Sodexo juga dapat dipersonalisasi dengan menambahkan logo perusahaan Anda atau menentukan denominasi sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin mendiskusikan kebutuhan Anda dengan Sodexo BRS Indonesia, Anda dapat menghubungi kami disini.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email

Sodexo Benefits & Rewards berubah menjadi Pluxee