6 Dimensi Lingkungan Kerja yang Harus Diperhatikan Setiap Perusahaan

Steelcase menggolongkan dimensi lingkungan kerja menjadi enam yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang disebut sebagai keterkaitan lingkungan kerja atau interconnected workplace. Enam dimensi lingkungan kerja ini memberikan pilihan dan kontrol akan di mana dan bagaimana karyawan bekerja.

Enam dimensi lingkungan kerja ini berkaitan erat dengan kesejahteraan karyawan. Dalam lingkungan kerja biasanya hanya menawarkan efisiensi yang tidak dibarengi dengan pilihan kondisi kerja yang sesuai dengan mereka. Jika pilihan kondisi kerja ada di dalam lingkungan kerja, biasanya tidak dibarengi dengan kontrol pekerjaan yang membuat mereka tidak lebih stres.

Untuk itu terdapat enam dimensi lingkungan kerja untuk memberikan karyawan pilihan dan kontrol dalam pekerjaaannya sehingga kesejahteraan karyawan bisa tercapai. Berikut adalah dimensi lingkungan kerja menurut penelitian Steelcase.

Optimism – Membina Kreativitas dan Inovasi

Dalam dimensi ini, karyawan akan tertarik untuk mencoba metode pendekatan baru. Selain itu, karyawan akan bisa menciptakan kesenangan dan melihat berbagai kemungkinan di masa depan. Optimisme sangatlah penting untuk pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan inovasi. Optimisme sangat mempengaruhi kebiasaan karyawan untuk melihat gambaran besar dan mengeksplor ide, lebih terbuka terhadap individu dalam tim lebih berani mengambil risiko, dan menghadapi pekerjaan yang sulit.

Cara mengembangkan optimisme dalam lingkungan kerja adalah dengan membolehkan karyawan memilih dan mengontrol di mana dan bagaimana mereka bekerja, membuatkan ruangan yang sesuai dengan karakter karyawan, menawarkan tempat dan biaya yang ramah bagi karyawan, dan merancang transparansi agar antar karyawan bisa saling membangun kepercayaan.

Mindfullness – Keterlibatan Penuh Karyawan

Karyawan sangatlah membutuhkan tempat yang mendukung skill dan kemampuan karyawan untuk lebih terlibat penuh dalam menyelesaikan pekerjaan hari itu. Untuk mewujudkan dimensi ini, Anda bisa menciptakan ruangan yang membantu karyawan bisa saling terhubung satu sama lain dengan lebih mudah namun minim distraksi, dan memberikan tempat yang menenangkan lewat tampilan dan suasana ruangan.

Authenticity – Menghasilkan Ide yang Original

Dalam dimensi lingkungan kerja ini, agar bisa terwujud, Anda bisa menciptakan tempat kerja yang membuat setiap individunya nyaman untuk mengekpresikan dan membagikan ide-idenya, suasana kerja yang nyaman seperti di rumah dan tidak terlalu formal, dan membuat karyawan lebih mudah terkoneksi dengan nilai personal dan nilai merek.

Belonging – Terkoneksi dengan Semua Individu dalam Tim

Untuk mewujudkan dimensi lingkungan kerja ini, Anda bisa menciptakan space kerja yang dapat menyambut hangat tamu yang bukan karyawan, memyediakan tempat bagi pekerja mobil dan yang datang terus ke kantor, diperkaya dengan teknologi yang memperlancar kerja individu, dan mewadahi sosialisasi informal antar karyawan.

Meaning – Memiliki Tujuan dalam Bekerja

Untuk mewujudkan karyawan yang memiliki tujuan dalam bekerja adalah dengan mewujudkan dimensi lingkungan kerja yang memanfaatkan teknologi untuk tersedianya informasi yang real-time dan menciptakan ekosistem tempat kerja yang menyediakan pilihan dan pemberdayaan karyawan dalam bekerja dalam tim atau sendiri.

Vitality – Bersikap Selalu Siap

Dalam mewujudkan dimensi lingkungan kerja ini, Anda bisa menyediakan tempat kerja yang menstimulasi indera, menyediakan kursi dan meja yang nyaman dan bisa disesuaikan dengan mudah, menyediakan pilihan makanan dan minuman yang menyehatkan, memberikan cahaya matahari, dan memberikan ruangan untuk bergerak aktif agar tubuh lebih sehat.

 

Itulah enam dimensi lingkungan kerja yang harus diperhatikan setiap perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan tunjangan uang makan tambahan kepada karyawan, dengan voucher Sodexo Food Pass. Penggunaan voucher sama seperti uang tunai, karyawan tinggal memilih Merchant Sodexo kategori F&B mana yang ingin dikunjungi. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan lingkungan kerja yang lebih optimal dan sehat untuk setiap karyawan di dalamnya.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×