4 Alasan Mengapa Perlu Membuat Database Pelanggan

 

©p1.pxfuel.com

Setiap bisnis sudah seharusnya memiliki database pelanggan. Sebenarnya apa fungsi dari database pelanggan? Jika bisnis Anda belum membuat database pelanggan, berarti ada satu kesalahan yang dilakukan dan harus segera diubah. Ada beberapa alasan mengapa bisnis perlu membuat database dari para pelanggan. Untuk informasi lebih jelas, simak penjelasan dari Sodexo di bawah ini.

Mengapa Perlu Membuat Database Pelanggan?

Database pelanggan adalah kumpulan data dari para pelanggan yang sudah pernah berinteraksi atau melakukan transaksi dengan bisnis Anda. Ada beberapa informasi dari data pelanggan yang biasanya dimasukkan di dalamnya, yaitu nama lengkap, jenis kelamin, alamat tempat tinggal, nomor telepon, alamat email, kapan terakhir melakukan transaksi, frekuensi pembelian, nilai pembelian selama ini, hingga produk yang sering dibeli.

Tidak selamanya seluruh informasi di atas dapat dilengkapi. Namun setidaknya ada data diri pelanggan yang penting agar bisa terus berinteraksi dengan mereka. Khususnya ketika bisnis Anda sedang memiliki promo atau produk baru. Anda dapat menghubungi pelanggan untuk membeli produk tersebut dengan mudah dan cepat.

Baca Juga: 5 Kriteria Karyawan Terbaik yang Harus Anda Pelajari

Ada banyak keuntungan yang dapat dirasakan ketika Anda bisa memanfaatkan database tersebut. Keuntungan inilah yang menjadi alasan mengapa perlu membuat database.

1.   Memahami Potensi Pasar

Alasan pertama mengapa bisnis Anda perlu memiliki database dari para pelanggan adalah membantu memahami potensi pasar. Potensi pasar menjadi bagian penting di dalam meningkatkan bisnis Anda. Melihat database tersebut, Anda bisa melihat dari sisi kelompok umur atau informasi demografis terkait produk mana yang lebih cocok untuk target pasar berikutnya.

Jika ternyata target pasar Anda tiba-tiba tidak melakukan pembelian seperti biasa, alias menurun, berarti sudah waktunya menentukan strategi pemasaran baru agar penjualan produk kembali naik.

2.   Mengetahui Performa Bisnis

Database dari pelanggan dapat menjadi indikator performa bisnis Anda. Mengapa bisa begitu? Ketika database pelanggan semakin hari semakin naik, berarti bisa dipastikan bahwa jumlah orang yang berinteraksi atau melakukan transaksi juga bertambah.

Sebaliknya, jika ternyata database para pelanggan tidak bertambah atau malah naik dengan jumlah sedikit, berarti sudah waktunya melakukan evaluasi tim. Hal itu adalah indikator bahwa ada kesalahan di dalam kinerja tim.

Baca Juga: 4 Alasan Perusahaan Harus Menerapkan Program Loyalitas Karyawan

3.   Menjadi Petunjuk Bisnis

Jika Anda sedang bingung bagaimana meningkatkan penjualan, coba lihat database pelanggan. Database ini menjadi petunjuk jenis pelanggan seperti apa yang sering berinteraksi dengan bisnis Anda. Dari informasi tersebut, maka tim sales dapat memanfaatkannya untuk menentukan arah bisnis dengan tepat. Khususnya ketika database tersebut memang akurat dan memiliki prospek tinggi.

4.   Media Komunikasi dengan Pelanggan

Alamat email yang ada di dalam database tersebut bisa menjadi media komunikasi dengan pelanggan. Anda dapat mengirimkan informasi tentang produk terbaru atau promo menarik kepada pelanggan melalui email.

Selain itu Anda juga bisa meminta feedback atas pelayanan yang telah dilakukan selama ini kepada pelanggan. Bisnis Anda menjadi lebih mudah dalam menjangkau pelanggan berkat database ini.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin

Jadi sudah jelas betapa penting database pelanggan bagi bisnis pada saat ini. Namun sebaiknya jangan hanya memperbanyak database tersebut. Anda juga perlu memberikan reward kepada pelanggan dengan Sodexo ePass - voucher ini dapat digunakan di berbagai situs belanja online Indonesia, serta gerai toko offline yang telah tergabung dalam jaringan Sodexo. Terdapat lebih dari 350 merchant dan 20.800 outlet yang menerima Sodexo ePass. Klik di sini untuk mendapatkan Sodexo ePass sekarang juga

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email

Sodexo Benefits & Rewards berubah menjadi Pluxee