Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dalam Persaingan

Senang rasanya melihat bisnis yang Anda rintis begitu ramai oleh pelanggan. Namun, di antara sekian banyak pelanggan yang membeli barang atau menggunakan layanan Anda, berapa yang kembali melakukan pembelian? Sayangnya, secara umum memang persentasenya cenderung rendah. Dilansir dari Sailthru.com, saat ini hanya ada 32% pelanggan yang melakukan pembelian kedua dalam satu tahun setelah pembelian pertama.

Jika hal tersebut terus dibiarkan, bisnis Anda tidak akan bisa mendapatkan profit yang ditargetkan. Itulah kenapa mengetahui cara meningkatkan loyalitas pelanggan begitu penting, apalagi di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Kompetitor Anda mungkin tengah menyiapkan strategi untuk menyaingi Anda. Lalu, apa yang harus Anda lakukan sebagai cara meningkatkan loyalitas pelanggan?

Baca Juga: Pentingnya Loyalitas dalam Bisnis: Bagaimana Loyalitas Bisa Meningkatkan Penjualan?

1. Mengirimkan Welcome Emails kepada Pelanggan

Kesan pertama begitu penting bagi para pelaku bisnis serta pelanggan. Jadi, ciptakan kesan pertama yang baik dan positif di benak pelanggan Anda. Katakanlah Anda menjalankan bisnis dengan model subscription, di mana pelanggan harus mendaftarkan email agar bisa menjadi subscriber dari website bisnis Anda. Setelah pelanggan memberikan email, Anda jangan berdiam diri begitu saja. Kirimkan email berisi ucapan selamat datang kepada pelanggan. Tunjukkan bahwa Anda senang atas kesediaan pelanggan menjadi subscriber website.

Mungkin memang terkesan sederhana, tapi cukup ampuh sebagai cara meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan. Terlebih statistik menunjukkan bahwa welcome emails memberi peluang tiga kali lipat bagi pelanggan untuk melakukan transaksi. Lalu, subscribers yang menerima welcome emails juga akan mengalami 33% peningkatan dalam hal brand engagement jangka panjang.

2. Tingkatkan Performa Customer Service untuk Mengatasi Keluhan dan Masukan Pelanggan

Saat ini mungkin Anda sudah memiliki sejumlah pelanggan setia yang loyal terhadap brand Anda. Namun, hal tersebut bisa berubah jika Anda tidak memberikan perlakuan yang baik dan pantas. Di sinilah customer service sangat berperan penting. Kunci dari customer service yang baik, terutama untuk cara meningkatkan loyalitas pelanggan, adalah membantu memudahkan hidup pelanggan.

Pelanggan menginginkan pelayanan yang cepat. Chatbot merupakan salah satu opsi yang bagus untuk customer service karena ia mampu memberikan jawaban secara cepat dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun, jangan hanya mengandalkan satu sumber saja dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Twitter dan Instagram untuk berinteraksi. Tunjukkan bahwa brand Anda juga memiliki sisi kemanusiaan yang dapat memahami pelanggan.

Baca Juga: 4 Cara Menciptakan Loyalitas Pelanggan, Anda Wajib Tahu!

3. Ciptakan Inovasi Produk Sesuai Kebutuhan Pelanggan

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan pelanggan akan terus mengalami perubahan. Pelanggan juga pasti ingin mendapatkan yang lebih, apalagi jika ia sudah lama menggunakan produk dan layanan brand Anda. Itulah kenapa inovasi produk sangat dibutuhkan. Bukan hanya agar pelanggan tidak merasa bosan, tapi juga agar inovasi tersebut bisa menjawab kebutuhan pelanggan.

Inovasi bukan berarti Anda harus merombak seluruh produk atau bisnis. Tambahkan saja sentuhan-sentuhan baru dengan kualitas produk terbaik yang membuat produk Anda kembali terlihat menonjol. Misalnya bisa dengan mengganti kemasan, menambah jangkauan pengiriman barang, atau menambahkan varian produk. Hal ini tidak hanya menjadi cara meningkatkan loyalitas pelanggan, tapi juga bisa membuat pelanggan tidak beralih ke kompetitor.

4. Berikan Pelatihan Terbaik Kepada Karyawan

Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, maka diperlukan juga peningkatan kualitas pelayanan. Maka dari itu, berikanlah pelatihan pelayanan konsumen yang terbaik untuk karyawan. Anda bisa memberikan pendidikan mengenai bagaimana cara efektif dan profesional dalam melayani konsumen di berbagai situasi.

Selain memberikan pelatihan terbaik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda juga harus membuat edukasi SOP mengenai tata krama perusahaan, serta etika dalam bekerja. Edukasi SOP tersebut harus dipraktikkan ke berbagai macam konsumen dan permintaannya sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan. Anda juga perlu memberikan dan menanamkan pengetahuan produk serta layanan yang diberikan agar bisnis Anda dapat berjalan lebih baik.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Loyalitas Pelanggan untuk Meningkatkan Penjualan

5. Membangun Pelayanan Konsisten

Berikan pelayanan konsisten untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Anda wajib membangun layanan yang sesuai dengan apa yang Anda pasarkan kepada pelanggan. Dengan mempertahankan semua kualitas pelayanan yang sudah dibangun sesuai dengan yang sudah dijanjikan kepada pelanggan, hal ini dapat membuat loyalitas pelanggan meningkat secara signifikan.

6. Membuat Promosi Khusus untuk Pelanggan yang Loyal

Anda bisa mengirimkan berbagai macam promosi khusus untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap kelancaran bisnis produk atau jasa yang Anda miliki. Dengan memberikan promosi khusus melalui sosial media atau dikirimkan langsung kepada pelanggan yang loyal melalui email, promosi tersebut dapat membantu Anda untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

7. Buat Program Loyalitas Pelanggan Khusus

Selain membuat promosi bagi pelanggan, Anda juga bisa  meningkatkan loyalitas pelanggan dengan salah satu cara lain yang sudah terbukti ampuh membuat mereka kembali. Anda bisa membuat program loyalitas pelanggan. Menurut CrowdTwist, seperti yang dilansir oleh fivestars.com, sebanyak 76% wanita dan 72% pria cenderung akan berbelanja di toko atau brand yang menawarkan program loyalitas pelanggan. Program ini dapat menjadi cara meningkatkan loyalitas serta kepuasan pelanggan yang baik karena pada dasarnya, pelanggan ingin merasa dihargai dan diapresiasi.

Melalui program ini, Anda bisa memberikan poin dalam jumlah tertentu setiap pelanggan melakukan pembelian produk atau jasa Anda. Salah satu penyedia layanan voucher belanja yaitu Sodexo, juga memiliki layanan Sodexo Loyalty Program. Dengan layanan ini, pelanggan bisa menjadi lebih loyal, royal, dan puas dengan bisnis Anda. Pelanggan bisa merasa lebih dihargai ketika berbelanja di tempat Anda dan akan tertarik untuk terus berbelanja.

Itu tadi pembahasan mengenai cara meningkatkan loyalitas pelanggan. Jangan biarkan pelanggan beralih ke kompetitor hanya karena Anda kurang optimal dalam memperlakukan pelanggan. Terapkan poin-poin di atas sebagai cara meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan begitu, bisnis Anda bisa terus berkembang dan pelanggan akan semakin setia. Good luck!

 

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email