Bagaimana Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Ketika Persaingan Semakin Ketat?

Senang rasanya melihat bisnis yang Anda rintis begitu ramai oleh pelanggan. Namun, di antara sekian banyak pelanggan yang membeli barang atau menggunakan layanan Anda, berapa yang kembali melakukan pembelian? Sayangnya, secara umum memang persentasenya cenderung rendah. Dilansir dari Sailthru.com, saat ini hanya ada 32% pelanggan yang melakukan pembelian kedua dalam satu tahun setelah pembelian pertama.

Jika hal tersebut terus dibiarkan, bisnis Anda tidak akan bisa mendapatkan profit yang ditargetkan. Itulah kenapa mengetahui cara meningkatkan loyalitas pelanggan begitu penting, apalagi di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Kompetitor Anda mungkin bahkan tengah menyiapkan strategi untuk mengungguli Anda. Lalu, apa yang harus Anda lakukan?

Mengirimkan Welcome Emails

Kesan pertama begitu penting. Jadi, ciptakan kesan pertama yang baik dan berkesan positif di benak pelanggan Anda. Katakanlah Anda menjalankan bisnis dengan model subscription, di mana pelanggan harus mendaftarkan email agar bisa menjadi subscriber dari website bisnis Anda. Setelah pelanggan memberikan email, Anda jangan berdiam diri begitu saja. Kirimkan email berisi ucapan selamat datang kepada pelanggan. Tunjukkan bahwa Anda senang atas kesediaan pelanggan menjadi subscriber website.

Mungkin memang terkesan sederhana, tapi cukup ampuh sebagai cara meningkatkan loyalitas pelanggan. Terlebih statistik menunjukkan bahwa welcome emails memberi peluang tiga kali lipat bagi pelanggan untuk melakukan transaksi. Lalu, subscribers yang menerima welcome emails juga akan mengalami 33% peningkatkan dalam hal brand engagement jangka panjang.

Tingkatkan Performa Customer Service

Saat ini mungkin Anda sudah memiliki sejumlah pelanggan yang loyal terhadap brand Anda. Namun, hal tersebut bisa berubah jika Anda tidak memberikan perlakuan yang baik dan pantas. Di sinilah customer service sangat berperan penting. Kunci dari customer service yang baik, terutama untuk cara meningkatkan loyalitas pelanggan, adalah membantu memudahkan hidup pelanggan.

Pelanggan menginginkan layanan yang cepat. Chatbot merupakan salah satu opsi yang bagus untuk customer service karena ia mampu memberikan jawaban secara cepat. Namun, jangan hanya mengandalkan satu resource untuk memberikan customer service. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Twitter dan Instagram untuk berinteraksi. Tunjukkan bahwa brand Anda juga memiliki sisi human yang relatable dengan pelanggan.

Ciptakan Inovasi Produk Sesuai Kebutuhan Pelanggan

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan pelanggan akan terus mengalami perubahan. Pelanggan juga pasti ingin mendapatkan yang lebih, apalagi jika ia sudah lama menggunakan produk dan layanan brand Anda. Itulah kenapa inovasi produk sangat dibutuhkan. Bukan hanya agar pelanggan tidak merasa bosan, tapi juga agar inovasi tersebut bisa menjawab kebutuhan pelanggan.

Inovasi bukan berarti Anda harus merombak seluruh produk atau bisnis. Tambahkan saja sentuhan-sentuhan baru yang membuat produk Anda kembali terlihat menonjol. Misalnya bisa dengan mengganti kemasan, menambah jangkauan pengiriman barang, atau menambahkan varian produk. Hal ini tidak hanya menjadi cara meningkatkan loyalitas pelanggan, tapi juga bisa membuat pelanggan tidak beralih ke kompetitor.

Buat Loyalty Program Khusus

Salah satu cara meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah terbukti ampuh membuat mereka kembali adalah melalui loyalty program. Menurut CrowdTwist, seperti yang dilansir oleh Fivestars.com, sebanyak 76% wanita dan 72% pria cenderung akan berbelanja di toko atau brand yang menawarkan loyalty program. Loyalty program dapat menjadi cara meningkatkan loyalitas pelanggan yang baik karena pada dasarnya, pelanggan ingin merasa dihargai dan diapresiasi.

Melalui loyalty program ini, Anda bisa memberikan poin dalam jumlah tertentu setiap pelanggan melakukan pembelian produk atau menggunakan layanan Anda. Salah satu penyedia layanan voucher, Sodexo, juga memiliki layanan Sodexo Loyalty Program. Dengan layanan ini, pelanggan bisa menjadi lebih loyal, royal, dan puas dengan bisnis Anda. Pelanggan bisa merasa lebih dihargai ketika berbelanja di tempat Anda dan akan tertarik untuk terus berbelanja.

 

Jangan biarkan pelanggan beralih ke kompetitor hanya karena Anda kurang optimal dalam memperlakukan pelanggan. Terapkan poin-poin di atas sebagai cara meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan begitu, bisnis Anda bisa terus berkembang. Good luck!

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×