Kesuksesan suatu bisnis sangat bergantung pada loyalitas pelanggan. Idealnya, pelanggan yang loyal akan berulang kali membeli produk atau menggunakan layanan Anda. Walaupun mungkin mereka tidak membeli dalam jumlah banyak, tapi karena dilakukan berulang kali, pembelian dari para pelanggan loyal ini bisa menjadi salah satu sumber pemasukan utama.
Nah, loyalitas pelanggan seperti itu tidak bisa muncul dengan sendirinya. Mengandalkan kualitas produk saja tidak cukup. Harus ada ekstra effort yang Anda lakukan untuk menarik hati pelanggan. Ini dia sejumlah cara menciptakan loyalitas pelanggan yang bisa Anda terapkan!
1. Kenali Pelanggan Anda dan Tunjukkan Hal Tersebut
Tak kenal maka tak sayang. Pepatah ini berlaku pula untuk hubungan Anda dengan pelanggan. Mungkin memang sulit untuk mengenal seluruh pelanggan satu per satu. Namun, Anda bisa membuat database berisi informasi tentang pelanggan, mulai dari nama, tanggal ulang tahun, hingga history pembelian mereka.
Lalu, saat pelanggan ulang tahun, Anda bisa mengirimkan email berisi ucapan ulang tahun dan berikan voucher sebagai hadiah. Langkah-langkah kecil seperti ini akan membuat pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan, sehingga mereka merasa senang untuk kembali menggunakan produk atau layanan Anda.
Baca Juga : Pentingnya Membangun Loyalitas Konsumen di Zaman Sekarang
2. Lakukan Follow Up Setelah Penjualan
Sebagai pebisnis, wajar jika Anda merasa senang jika ada pelanggan yang melakukan pembelian. Artinya, strategi penjualan Anda berhasil. Namun, jangan lupakan cara menciptakan loyalitas pelanggan. Pastikan Anda melakukan follow up setelah pelanggan membeli produk atau menggunakan layanan Anda. Bisa dengan mengirimkan email untuk mengucapkan terima kasih atau mengirimkan link survei.
Salah satu metode follow up seperti ini sudah banyak dilakukan oleh penyedia servis mobil. Jadi, setelah ada pelanggan yang menyerviskan mobil mereka di sana, pihak penyedia servis akan mengirimkan SMS untuk memastikan bahwa mobil pelanggan dalam kondisi baik dan apabila dalam beberapa hari terjadi kendala, pelanggan bisa membawa mobil kembali ke tempat servis tersebut.
3. Jangan Abaikan Komplain yang Masuk
Saat ada komplain yang masuk dari pelanggan, jangan langsung merasa terbebani. Anggaplah hal tersebut sebagai bentuk kepedulian pelanggan terhadap Anda. Anda juga bisa menyikapi hal ini dan mengubahnya menjadi cara menciptakan loyalitas pelanggan.
Lakukan follow up untuk menangani setiap komplain yang masuk. Jika saat itu belum ada solusi yang bisa diberikan pun, Anda bisa memberi tahu kepada pelanggan bahwa Anda akan segera berkonsultasi dengan tim. Intinya, jangan membuat pelanggan menunggu terlalu lama untuk menerima respon Anda.
Selain itu, sebaiknya Anda juga menyediakan cara yang lebih mudah bagi pelanggan untuk menyampaikan komplain atau masukan. Mulai dari mencantumkan halaman kontak pada website, cantumkan email di bagian footer, hingga membuat akun media sosial seperti Twitter untuk memudahkan komunikasi.
4. Memberikan Rewards yang Pantas
Seloyal apa pun pelanggan, pada suatu titik ia bisa saja merasa bosan atau tidak tertarik lagi dengan brand Anda. Itulah kenapa Anda harus memberikan perlakuan yang pantas. Salah satunya adalah dengan memberikan reward. Tunjukkan bahwa Anda sangat berterima kasih dan tersanjung dengan loyalitas yang diberikan oleh pelanggan.
5. Menerapkan Program Loyalitas
Cara menciptakan atau membangun loyalitas berikutnya adalah dengan mengimplementasikan program loyalitas pelanggan yang menarik dan menarik bagi customer. Anda dapat memberikan hadiah atau reward kepada pelanggan setia sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan kesetiaan pelanggan tersebut dengan menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda juga dapat menerapkan diskon, sistem poin atau tingkat keanggotaan untuk memberikan insentif kepada pelanggan yang sering bertransaksi.
Baca Juga : Loyalitas Pelanggan: Pengertian, Contoh, dan Tips Meningkatkannya
6. Menjaga Kualitas Produk atau Layanan
Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempertahankan pelanggan, Anda harus memastikan produk atau layanan yang Anda tawarkan tetap berkualitas tinggi dan memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan. Melakukan evaluasi dan perbaikan terus menerus untuk mengatasi masalah dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Terus berinovasi dalam penembangan produk yang relevan juga perlu dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
7. Membangun Hubungan Emosional dengan Pelanggan
Dengan membangun ikatan emosional dengan pelanggan melalui pendekatan-pendekatan personal dengan memberikan pengenalan personal, pengenalan nama dan pendekatan yang ramah. Anda juga dapat mengingat detail tentang preferensi pelanggan, seperti tanggal ulang tahun atau peristiwa khusus dan memberikan ucapan atau memberikan penawaran khusus kepada pelanggan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memiliki pelanggan setia dengan mengenal pelanggan secara personal.
Baca Juga : Pentingnya Loyalitas dalam Bisnis: Bagaimana Loyalitas Bisa Meningkatkan Penjualan?
8. Mengedepankan Kejujuran dan Transparansi
Untuk menjaga integritas bisnis, Anda harus mengedepankan prinsip kejujuran dan transparansi. Dengan memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada pelanggan tentang harga, produk, kebijakan dan promosi yang tersedia. Cara ini dilakukan untuk membangun kepercayaan pelanggan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
9. Meningkatkan Nilai Pelanggan Melalui Cross-selling dan Up-selling
Menggunakan cross-selling dengan menawarkan produk atau layanan kepada pelanggan yang relevan dengan kebutuhan mereka. Selain itu juga, Anda juga dapat menerapkan up-selling untuk meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan ke jangkauan yang lebih luas. Namun, perlu diingat Anda juga perlu menerapkan strategi yang efektif agar dapat meningkatkan nilai pelanggan secara keseluruhan.
Banyak bentuk reward yang bisa Anda berikan, termasuk e-voucher Sodexo ePass yang bisa digunakan pelanggan untuk belanja di toko online maupun gerai toko offline di seluruh Indonesia. Ada beragam kategori merchant sehingga pelanggan akan punya banyak pilihan saat berbelanja di jaringan Merchant Sodexo. Langsung saja kunjungi sodexo.co.id untuk mengetahui tentang e-voucher Sodexo selengkapnya.
Loyalitas pelanggan akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Keempat cara menciptakan loyalitas pelanggan bisa Anda coba sebagai langkah awal untuk mewujudkannya. Semoga berhasil!