©pixabay
Tahukah Anda, apa itu brand awareness dan mengapa banyak perusahaan saat ini mulai menerapkan strategi untuk meningkatkan brand awareness?
Melalui artikel ini, Sodexo akan memberikan informasi lengkap seputar pengertian brand awareness dan juga alasan mengapa hal tersebut penting bagi bisnis Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan informasi seputar strategi efektif untuk meningkatkan brand awareness.
Apa Itu Brand Awareness?
Brand awareness atau kesadaran merek merupakan kemampuan masyarakat untuk mengenal merek dari suatu bisnis. Tidak hanya merek saja, namun masyarakat juga mengenal produk atau jasa yang ditawarkan oleh merek tersebut.
Agar Anda dapat memiliki pemahaman yang lebih baik, kami akan memberikan contoh dari pengertian brand awareness ini. Contoh yang akan kami bawakan yaitu mesin pencari Google.
Hampir seluruh orang di belahan dunia mana pun selalu menyebut kata Google ketika mereka ingin mencari informasi melalui internet. Padahal, Google bukan satu-satunya mesin pencari yang ada di internet.
Yahoo!, Bing, Opera, dan lainnya termasuk ke dalam mesin pencari. Namun, karena adanya brand awareness, masyarakat akan selalu mengaitkan mesin pencari dengan Google.
Jenis Brand Awareness
Brand awareness dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis yang bergantung pada persepsi pentingnya brand awareness dari target calon pelanggan. Berikut ini adalah jenis-jenis brand awareness yang dibagi ke dalam tiga jenis:
1. Pengakuan Merek
Pengakuan merek adalah ketika para pelanggan dapat mengenali merek produk atau jasa dan membedakannya dari merek lain. Jenis brand awareness ini tidak mengharuskan pelanggan untuk mengenali dan mengingat namanya.
2. Brand Recall
Brand recall merupakan istilah untuk penarikan kembali merek secara spontan dari ingatan ketika pelanggan diminta untuk mengingat kembali nama-nama merek yang mereka suka.
Brand recall ini dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu dari individu dan faktor seperti tingkat pendidikan, penggunaan, dan strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan.
3. Top-Of-Mind Awareness
Top-of-mind awareness merupakan sekumpulan jenis merek yang selalu dibeli oleh pelanggan. Top-of-mind-awareness merupakan salah satu pertimbangan pelanggan. Memasukkan merek ke dalam perangkat pertimbangan ini adalah tujuan akhir dari setiap pemasar.
Apa Manfaat Brand Awareness Bagi Usaha Anda?
Setelah memahami pengertiannya, lalu apa manfaat brand awareness bagi usaha Anda?
Berikut ini, Anda dapat memahami apa saja manfaat dari brand awareness dalam pengembangan bisnis, yaitu:
- Brand awareness dapat membantu menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap bisnis yang Anda jalankan.
- Brand awareness dapat membantu meningkatkan loyalitas konsumen untuk terus membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
- Brand awareness dapat menciptakan impresi yang mendalam untuk menjangkau pelanggan secara personal.
Baca Juga: Pengertian dan Strategi Membangun Customer Experience
Bagaimana Cara Meningkatkan Brand Awareness?
Untuk dapat meningkatkan brand awareness, Anda dapat melakukan 3 cara berikut ini, yaitu:
1. Aktif Di Dunia Digital
Dunia digital menjadi sarana bagi para pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya secara online dan menjangkau pasar yang lebih luas. Pelanggan pun juga dapat mencari informasi mengenai bisnis yang Anda jalankan dengan lebih mudah melalui dunia digital.
Untuk mengembangkan bisnis secara online, Anda dapat aktif di berbagai platform online seperti media sosial atau marketplace. Anda juga dapat membuat website sendiri agar pengguna internet dapat fokus dengan produk atau jasa yang ditawarkan dari perusahaan tersebut.
Baca Juga: 7 Teknik Promosi untuk Meningkatkan Jumlah Konsumen
2. Meningkatkan Kualitas Produk
Kualitas produk memiliki peranan penting untuk meningkatkan brand awareness. Anda harus memastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memiliki kualitas yang tinggi agar dapat memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan.
Apabila pelanggan tidak puas dengan kualitas produk yang Anda tawarkan, mereka tentu tidak akan menggunakan produk itu kembali. Sebaliknya, kualitas produk yang baik akan membuat pelanggan kembali membeli produk tersebut dan bahkan mempromosikannya kepada orang lain.
3. Mengadakan Kegiatan Promosi
Cara terakhir untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan mengadakan kegiatan promosi. Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan promosi seperti pemberian diskon, sale, cashback, atau hadiah agar pelanggan tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Baca Juga: 5 Contoh Promosi Menarik untuk Diterapkan pada Bisnis
Sodexo memiliki tips bagi Anda yang ingin mengadakan kegiatan promosi yaitu dengan memberikan hadiah berupa voucher belanja. Pelanggan dapat menggunakan voucher belanja tersebut untuk membeli barang yang mereka inginkan.
Salah satu produk voucher belanja yang dapat dijadikan sebagai hadiah untuk kegiatan promosi bisnis Anda adalah Sodexo Gift Pass. Voucher belanja Sodexo Gift Pass dapat digunakan di lebih dari 600 merchants dan 23.300 outlets. Hubungi Sodexo sekarang juga untuk melakukan pemesanan Sodexo Gift Pass.