5 Cara Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

©pxhere

Pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan saat interview kerja seringkali dilontarkan oleh recruiter. Baik interview kerja untuk posisi entry-level atau bahkan untuk posisi manajer di perusahaan. Pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan diri tersebut sangat berguna untuk mengetahui karakteristik kandidat pelamar. Recruiter berharap agar dirinya dapat menganalisa kemampuan interpersonal dan kinerja kandidat saat bergabung di perusahaannya kelak.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh kandidat adalah ketika para kandidat tersebut tidak menjawab pertanyaan yang dilontarkan pada saat wawancara kerja dengan yakin. Alasan sederhananya, para kandidat belum terlalu memahami diri mereka sendiri. Perkara tersebut berujung pada ketidakmampuan kandidat dalam menjelaskan kelebihan dan kekurangan diri saat interview.

Cara Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Diri saat Wawancara Kerja

Karyawan yang sudah memiliki kemampuan dan pengalaman yang banyak dalam dunia kerja akan lebih mudah dalam mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan diri mereka. Hal itu kadang tidak berlaku bagi para lulusan baru atau fresh graduate. Mayoritas fresh graduate tidak memiliki jawaban yang cukup meyakinkan atas pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri saat interview kerja, hal ini dapat dilihat dari cara mereka menjawab pertanyaan dengan penuh keraguan.

Lulusan baru yang memiliki riwayat magang atau organisasi bisa menjelaskan kelebihan dan kekurangan dirinya berdasarkan pengalaman tersebut. Pasalnya, jenis pengalaman tersebut bisa menjadi tolak ukur recruiter dalam menilai sikap kandidat saat bekerja. Lain halnya dengan fresh graduate tanpa pengalaman, mereka akan bingung saat dihadapkan dengan pertanyaan tersebut.

Sebelum melakukan interview kerja, kandidat sebaiknya mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dirinya terlebih dahulu. Identifikasi ini tidak hanya berguna untuk menjawab pertanyaan interview, tetapi juga agar kandidat mengenali dirinya sendiri. Mereka paham apa yang harus ditingkatkan dalam kehidupan lewat kekurangannya. Kelebihan mereka bisa digunakan untuk mengenali karakteristik yang berguna saat bekerja nanti.

1.   Buat Daftar Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan kekurangan yang ditulis sebaiknya berkaitan dengan kondisi Anda saat bekerja. Meluangkan waktu untuk membuat daftar ini perlu dilakukan agar hasilnya relevan dan menggambarkan kondisi Anda. Langsung tuliskan saja kelebihan dan kekurangan yang ada di benak Anda tanpa perlu melebih-lebihkannya.

Baca Juga: Aspek Lingkungan Kerja dan Pengaruhnya pada Karyawan

2.   Konsultasi dengan Orang Tepercaya

Ajaklah mentor, kolega, atasan, atau siapa pun untuk mendiskusikan kelebihan dan kekurangan yang telah Anda buat. Konsultasi ini berguna untuk mengetahui perspektif dan penilaian orang lain tentang diri Anda. Anda juga tidak bias dalam menjawab pertanyaan tersebut karena ada sudut pandang orang lain di dalamnya.

3.   Gunakan Tes Kepribadian

Tes kepribadian seperti DISC, MBTI, dan sejenisnya bisa menjadi sarana untuk menemukan kelebihan dan kekurangan Anda. Beberapa perusahaan juga mendasarkan penilaian kandidat lewat hasil tes ini, jadi Anda bisa mempersiapkan hasil jawabannya sebelum melakukan wawancara kerja. Tes MBTI dan DISC juga bisa menjadi tolak ukur mengenai perilaku Anda saat bekerja nanti.

Baca Juga: 5 Metode Penilaian Kinerja Karyawan yang Tepat

4.   Coba Hal Baru

Kesulitan saat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan adalah minimnya pengalaman yang dimiliki. Solusinya adalah cobalah hal baru yang berkaitan dengan pekerjaan impian Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut. Pengalaman baru ini akan membuat Anda mampu mengidentifikasi diri sendiri lebih dalam lagi, terutama saat berhubungan dengan dunia kerja nantinya.

5.   Evaluasi Kembali Daftar yang Dibuat

Setelah melakukan langkah nomor satu sampai empat di atas, Anda harus mengevaluasi daftar kelebihan dan kekurangan yang telah dibuat. Cek lagi, apakah ada daftar yang harus ditambah atau dikurangi dari semula. Daftar ini akan menjadi bekal jawaban Anda saat menghadapi interview kerja nanti.

Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri saat Wawancara Kerja

Ada berbagai macam contoh yang bisa Anda jadikan sebagai jawaban saat melakukan wawancara kerja. Berikut ini adalah contoh kelebihan dan kekurangan diri yang bisa Anda simak.

1. Contoh Kelebihan Diri

Berikut ini adalah contoh kelebihan diri yang bisa Anda gali lebih dalam:

a. Memiliki Kemampuan Interpersonal yang Baik

Komunikasi merupakan salah satu hal penting yang ada di dalam kehidupan. Kemampuan interpersonal merupakan kemampuan berkomunikasi yang harus dimiliki setiap individu ketika ingin melamar pekerjaan. Kemampuan berkomunikasi merupakan contoh kelebihan diri yang dapat membantu Anda dalam berkarir.

b. Memiliki Kemampuan untuk Berpikir Kreatif

Saat ini ada banyak sekali jenis pekerjaan yang memerlukan keterampilan untuk berpikir kreatif. Kemampuan untuk berpikir kreatif juga sangat diperlukan jika Anda melamar pekerjaan di industri kreatif.

c. Tingkat Percaya Diri yang Tinggi

Selain memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik serta kemampuan untuk berpikir kreatif, memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi juga merupakan contoh kelebihan diri yang harus dimiliki individu ketika ingin melamar pekerjaan.

d. Terorganisir

Menjadi individu yang terorganisir juga menjadi salah satu contoh kelebihan diri yang banyak disukai oleh perusahaan. Dengan kelebihan diri ini, Anda akan dinilai dapat bekerja dengan cekatan dan memperhatikan setiap detail pekerjaan Anda dengan baik, serta dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

e. Memiliki Rasa Haus akan hal Baru

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, Anda dituntut untuk selalu dapat belajar hal baru. Memiliki rasa haus akan hal baru merupakan contoh kelebihan diri yang baik, yang dapat Anda tunjukkan saat melakukan wawancara kerja.

2. Contoh Kekurangan Diri

Setelah membahas beragam contoh kelebihan diri yang bisa Anda tunjukkan saat melakukan wawancara kerja, berikut ini adalah contoh kekurangan diri yang bisa Anda tunjukkan ketika melakukan wawancara kerja.

a. Sulit untuk Percaya dengan Rekan Kerja

Terlalu mandiri hingga sulit memberikan rasa percaya kepada orang lain merupakan contoh kekurangan diri yang sebaiknya dihindari. Saat wawancara kerja, Anda bisa sampaikan kepada recruiter jika Anda merupakan orang yang sulit untuk memberikan rasa percaya kepada rekan kerja, sampaikan jika Anda sedang memperbaiki masalah ini.

b. Kurang Rasa Percaya Diri

Kurang percaya diri merupakan contoh kelemahan diri, di mana Anda merasa bahwa Anda tidak mampu untuk memberikan yang terbaik untuk siapa pun. Anda bisa mencoba untuk memperbaiki kekurangan diri saat interview ini dengan belajar untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Baca Juga: Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik: Apa bedanya?

Apakah Anda sudah bisa menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview kerja? Jika belum, gunakan langkah di atas untuk mengidentifikasi dua hal tersebut. Recruiter bisa memberikan Sodexo Gift Pass sebagai welcoming gift untuk karyawan baru Anda. Tidak perlu pusing memberikan insentif di awal, karena Sodexo Gift Pass ini bisa digunakan sebagai voucher belanja di lebih dari 600 merchants dan 23.300 outlets yang tergabung ke dalam jaringan Sodexo. Hubungi kami segera untuk mendapatkan voucher ini.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email