5 Cara Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

©pxhere

Pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview kerja sering diucapkan oleh recruiter. Baik interview untuk posisi entry-level atau manajer, pertanyaan tersebut berguna untuk mengetahui karakteristik kandidat. Recruiter berharap agar dia bisa menganalisis kemampuan kerja kandidat saat bergabung di perusahaannya kelak.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh kandidat adalah tidak menjawab pertanyaan tersebut dengan yakin. Alasannya sederhana, mereka belum terlalu memahami diri sendiri. Perkara tersebut berujung pada ketidakmampuan kandidat dalam menjelaskan kelebihan dan kekurangan dirinya.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview dengan 5 Langkah Ini!

Karyawan yang sudah memiliki banyak pengalaman kerja akan lebih mudah mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya. Hal itu kadang tidak berlaku pada lulusan baru atau fresh graduate. Mayoritas fresh graduate tidak memiliki jawaban yang cukup meyakinkan atas dua pertanyaan tersebut, terlihat dari cara menjawabnya yang penuh keraguan.

Lulusan baru yang memiliki riwayat magang atau organisasi bisa menjelaskan kelebihan dan kekurangan dirinya berdasarkan pengalaman tersebut. Pasalnya, jenis pengalaman tersebut bisa menjadi tolak ukur recruiter dalam menilai sikap kandidat saat bekerja. Lain halnya dengan fresh graduate tanpa pengalaman, mereka akan bingung saat dihadapkan dengan pertanyaan tersebut.

Sebelum melakukan interview kerja, kandidat sebaiknya mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dirinya terlebih dahulu. Identifikasi ini tidak hanya berguna untuk menjawab pertanyaan interview, tapi juga agar kandidat mengenali dirinya sendiri. Mereka tahu paham apa yang harus ditingkatkan dalam kehidupan lewat kekurangannya. Kelebihan mereka bisa digunakan untuk mengenali karakteristik yang berguna saat bekerja nanti.

1.   Buat Daftar Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan kekurangan yang ditulis sebaiknya berkaitan dengan kondisi Anda saat bekerja. Meluangkan waktu untuk membuat daftar ini perlu dilakukan agar hasilnya relevan dan menggambarkan kondisi Anda. Langsung tuliskan saja kelebihan dan kekurangan yang ada di benak Anda tanpa perlu melebih-lebihkannya.

Baca Juga: Aspek Lingkungan Kerja dan Pengaruhnya pada Karyawan

2.   Konsultasi dengan Orang Tepercaya

Ajaklah mentor, kolega, atasan, atau siapa pun untuk mendiskusikan kelebihan dan kekurangan yang telah Anda buat. Konsultasi ini berguna untuk mengetahui perspektif dan penilaian orang lain tentang diri Anda. Anda juga tidak bias dalam menjawab pertanyaan tersebut karena ada sudut pandang orang lain di dalamnya.

3.   Gunakan Tes Kepribadian

Tes kepribadian seperti DISC, MBTI, dan sejenisnya bisa menjadi sarana untuk menemukan kelebihan dan kekurangan Anda. Beberapa perusahaan juga mendasarkan penilaian kandidat lewat hasil tes ini, jadi Anda bisa mempersiapkan hasil jawabannya sebelum melakukan wawancara kerja. Tes MBTI dan DISC juga bisa menjadi tolak ukur mengenai perilaku Anda saat bekerja nanti.

Baca Juga: 5 Metode Penilaian Kinerja Karyawan yang Tepat

4.   Coba Hal Baru

Kesulitan saat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan adalah minimnya pengalaman yang dimiliki. Solusinya adalah cobalah hal baru yang berkaitan dengan pekerjaan impian Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut. Pengalaman baru ini akan membuat Anda mampu mengidentifikasi diri sendiri lebih dalam lagi, terutama saat berhubungan dengan dunia kerja nantinya.

5.   Evaluasi Kembali Daftar yang Dibuat

Setelah melakukan langkah nomor dua satu sampai lima empat di atas, Anda harus mengevaluasi daftar kelebihan dan kekurangan yang telah dibuat. Cek lagi, apakah ada daftar yang harus ditambah atau dikurangi dari semula. Daftar ini akan menjadi bekal jawaban Anda saat menghadapi interview kerja nanti.

Baca Juga: Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik: Apa bedanya?

Apakah Anda sudah bisa menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview kerja? Jika belum, gunakan langkah di atas untuk mengidentifikasi dua hal tersebut. Recruiter bisa memberikan Sodexo Gift Pass sebagai welcoming gift untuk karyawan baru Anda. Tidak perlu pusing memberikan insentif di awal, karena Sodexo Gift Pass ini bisa digunakan sebagai voucher belanja di lebih dari 560 merchant dan 23.300 outlet yang tergabung ke jaringan Sodexo. Hubungi kami segera untuk mendapatkan voucher ini.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email