4 Alasan Perusahaan Harus Menerapkan Program Loyalitas Karyawan

Kesetiaan itu mahal harganya, terutama di lingkungan kerja yang selalu bergerak dengan cepat. Persaingan dan kompetisi yang terjadi dalam bisnis tentunya membuat karyawan dalam perusahaan harus bekerja lebih ekstra. Kesetiaan karyawan pun semakin dipertaruhkan dengan suasana yang kompetitif ini. Agar kesetiaan tetap terjaga, ada baiknya perusahaan harus menerapkan program loyalitas karyawan tanpa pandang bulu.

Tidak hanya konsumen, karyawan juga merupakan aset yang berharga bagi perusahaan. Dari mereka, akan datang berbagai ide brilian yang mampu memajukan perusahaan. Lagipula, perusahaan tanpa dukungan karyawan belum tentu mencapai kemajuan seperti yang diharapkan.

Kesetiaan menjadi salah satu hal yang penting dalam membangun ikatan antara karyawan dengan tempatnya bekerja. Tentunya, kesetiaan itu tidak datang secara instan, tapi dibangun hari demi hari hingga semakin solid. Program loyalitas menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kesetiaan karyawan di perusahaan.

Pentingnya Program Loyalitas Karyawan untuk Perusahaan

Program loyalitas karyawan ini bentuknya bermacam-macam. Tapi tujuannya tetap sama, yaitu mendorong kesetiaan karyawan agar tetap bertahan di tempat kerja. Tak hanya itu, perusahaan juga semakin diuntungkan dengan adanya program ini secara internal.

Biasanya program loyalitas juga dikenal dengan rewards, recognition, atau employee engagements program. Berikut ini adalah alasan perusahaan harus melakukan program loyalitas karyawan.

  1. Mendorong Pertumbuhan Perusahaan

Seperti yang diungkapkan di atas, karyawan bisa memberikan sumbangan ide bagi perusahaan sehingga bisa bertumbuh. Karyawan dianggap sebagai aset perusahaan yang tidak kalah pentingnya dengan unsur lain. Adanya program loyalitas membuat karyawan semakin termotivasi bekerja di perusahaan.

Motivasi kerja yang besar ini pastinya mendorong kinerja karyawan sehingga lebih baik daripada sebelumnya. Mereka akan memberikan ide dan tenaga terbaiknya yang bisa memajukan perusahaan. Hasilnya, perusahaan kian bertumbuh dan bisnis semakin berkembang seiring dengan meningkatnya kesetiaan karyawan di kantornya.

Karyawan level cleaning service pun juga layak mendapatkan penghargaan, karena dari mereka tercipta kebersihan dan kesehatan kantor. Kantor yang bersih dan sehat membuat karyawannya lebih semangat bekerja, sehingga perusahaan pada akhirnya bisa bertumbuh.

  1. Mempertahankan Karyawan Terbaik

Meningkatkan kesetiaan karyawan juga bisa membuat mereka bertahan, apalagi bagi mereka yang selalu menjadi andalan. Dengan menerapkan program loyalitas, karyawan terbaik ini tetap mau bekerja lebih lama lagi dan terus menyumbangkan ide serta jasa mereka bagi perusahaan.

Tentunya, program ini juga bisa meningkatkan motivasi karyawan lainnya dalam bekerja. Melihat program yang diterapkan di perusahaan, karyawan semakin termotivasi untuk bekerja lebih banyak lagi sehingga mereka mampu mendapatkan predikat ‘The Best Employee’.

Lagipula, lebih baik memberikan apresiasi kepada setiap karyawan, apapun hasil yang mereka dapatkan, sehingga mereka tulus bekerja dan setia kepada perusahaan. Karyawan juga manusia yang membutuhkan pengakuan (recognition), sehingga penghargaan bisa menjadi bentuk apresiasi kepada mereka.

  1. Mendorong Lingkungan Perusahaan yang Lebih Baik

Program loyalitas karyawan yang efektif harus menciptakan lingkungan kerja positif dan meningkatkan minat karyawannya. Lingkungan kerja seperti ini tidak lepas dari perilaku positif karyawannya dan antusiasme mereka dalam bekerja, apapun tantangan yang sedang dihadapi.

Eratnya ikatan karyawan dalam perusahaan juga menjadi kunci meningkatnya pertumbuhan perusahaan dalam hal produktivitas, kepuasan konsumen, keamanan dan keuntungan yang diperoleh.

  1. Membangun Nilai Komunikasi Korporat

Komunikasi korporat yang baik tidak akan terbangun apabila karyawan perusahaan tidak menyadarinya. Karena itu, kita harus mengenal mereka dengan baik dan mengamati setiap perilakunya. Program loyalitas ini juga bertujuan agar perusahaan bisa mengenal karyawan yang bekerja dan membuat mereka mengikuti nilai dalam perusahaan.

Perusahaan pasti dibangun atas visi, misi, dan nilai yang sudah ditentukan sejak awal. Karena itu, menerapkan program loyalitas bisa meningkatkan pengetahuan karyawan terhadap nilai perusahaan yang seharusnya mereka pegang.

 

Banyak sekali alasan kita harus menerapkan program loyalitas karyawan di perusahaan, apalagi jika kita ingin mempertahankan karyawan terbaik agar mau bekerja sama dengan kita. Salah satu program loyalitas yang cocok untuk diterapkan adalah membagikan Sodexo ePass karena mereka bisa mendapatkan barang apapun sesuai keinginan.

 

 

Sumber gambar: pixabay.com

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email