5 Strategi Promosi dan Marketing Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan

Promosi penjualan merupakan proses memberikan informasi, memberi pengaruh, dan mengingatkan target pasar akan jasa atau produk agar bisa diterima dan dibeli oleh pasar. Promosi merupakan salah satu dari strategi pemasaran. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, strategi promosi penjualan memiliki tiga sifat yaitu komunikatif yang bertujuan memberi informasi dan menarik perhatian konsumen, insentif yang bertujuan untuk mempengaruhi pelanggan dengan nilai dan keistimewaan tertentu, dan mengundang agar pembelian terjadi saat atau setelah promosi dilakukan.

Strategi promosi penjualan memiliki klasifikasi dan dipisah menjadi 4 klasifikasi yaitu sebagai berikut:

  • Customer Promotion memiliki tujuan mengajak konsumen agar melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Trade Promotion memiliki tujuan untuk menitikberatkan distributor untuk menjualkan produk kembali perusahaan.
  • Sales-force Promotion merupakan langkah promo untuk memotivasi armada penjual perusahaan agar penjualan meningkat.
  • Business Promotion bertujuan untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga interaksi dan komunikasi ke pelanggan lama dan tetap agar penjualan lebih banyak.

Strategi promosi penjualan memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan tujuan yaitu menargetkan pelanggan, memberi jawaban pelanggan, dan membentuk insentif pembelian. Tujuan yang berbeda tersebut akhirnya melahirkan kegiatan strategi promosi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

  • Periklanan (advertising) merupakan bentuk promo tidak langsung lewat berbagai media untuk mengajak konsumen untuk membeli produk.
  • Penjualan langsung (direct selling) merupakan langkah untuk mengenalkan produk secara langsung ke pembeli. Pada tahapan ini, pembeli bisa langsung merasakan dan memahami kegunaan dan cara pakai produk.
  • Publikasi (publication) merupakan langkah untuk mendorong permintaan yang berupa konten komersial melalui berbagai media.
  • Promosi penjualan (sales promotion) merupakan langkah untuk mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian produk melalui booth yang dibuka pada saat events tertentu.

Marketing kreatif merupakan adalah salah satu strategi promosi yang bisa dilakukan untuk menjual produk. Marketing kreatif merupakan langkah untuk mempromosikan produk kepada konsumen dengan langkah yang berbasis digital dan tersebar di internet. Beberapa langkah untuk melakukan marketing kreatif adalah melalui lima langkah berikut ini. Simak ya!

Buatlah Website Brand

Memasarkan produk kali ini tidak lagi hanya melalui penjualan langsung lewat toko atau booth fisik dan hanya menjangkau daerah yang didatangi saja. Di era digital ini, memasarkan produk membuat jangkauan konsumen yang bisa melihat produk yang Anda jual jadi lebih luas. Lewat internet, Anda bisa memasarkan produk yang Anda jual lewat blog atau website yang berisikan detail produk yang Anda jual.

Lewat website atau blog pula, Anda bisa memiliki toko tanpa harus membuat toko fisik yang memakan modal besar untuk menyewa tempat dan memikirkan lokasi penjualan yang strategis. Blog gratis atau domain website murah telah banyak bertebaran di internet sehingga Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mempromosikan produk dengan jangkauan yang lebih luas.

Menggunakan Media Sosial

Media sosial telah menjadi strategi promosi yang perlu dimiliki oleh brand karena saat ini media sosial memiliki pengaruh yang sangat besar untuk orang berbelanja. Penggunaan media sosial sebagai media promosi dan penjualan dapat menyampaikan pesan atau produk ke konsumen dengan lebih cepat, mudah, dan efisien.

Membuat Vlog

Saat ini visual telah lebih banyak menarik perhatian banyak orang. Karena itu kehadiran vlog sebagai media audio visual adalah media yang semakin banyak diterima dan digemari oleh banyak orang yang merupakan calon pembeli. Vlog merupakan video yang diunggah ke internet, khususnya youtube. Lewat vlog,  Anda bisa lebih memperlihatkan detail barang yang dijual.

Memanfaatkan Iklan Gratis

Internet kali ini telah menyediakan banyak platform untuk dijadikan media iklan produk yang gratis. Penggunaan iklan gratis di internet juga lebih efisien dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan memanfaatkan fitur iklan gratis ini, biaya untuk promosi produk pun akan lebih kecil dan hemat.

Memanfaatkan Iklan Mobil

Iklan mobil atau car advertising merupakan media pemasaran produk yang bergerak dan menjangkau lebih banyak calon konsumen. Manfaatkanlah iklan mobil di jalanan ibu kota atau pusat keramaian agar calon konsumen yang mengetahui produk Anda jadi semakin banyak.

Itulah klasifikasi dan jenis strategi promosi dan langkah marketing kreatif yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk Anda ke banyak konsumen. Bisa juga memberikan voucher sebagai hadiah, tapi tetap menarik. Ada Sodexo Gift Pass dan Sodexo ePass. Masing-masing memiliki benefit yang berbeda-beda juga. Dengan melakukan langkah-langkah marketing kreatif di atas, angka penjualan kamu bisa meningkat dengan jangkauan pelanggan yang lebih luas. Semoga membantu!

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email