Teknik Promosi

7 Teknik Promosi untuk Meningkatkan Jumlah Konsumen

Oktober 6, 2021

Anda perlu tahu bahwa ada berbagai teknik promosi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah konsumen. Apa saja teknik promosi tersebut?

Pada kesempatan kali ini, Pluxee akan memberikan informasi mengenai berbagai teknik promosi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan. Silakan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Berbagai Teknik Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

Berikut ini, ada 7 teknik promosi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan, yaitu:

1. Memberikan Potongan Harga/Diskon

Teknik promosi yang pertama adalah dengan melakukan pemberian potongan harga atau diskon. Setiap konsumen pasti akan tertarik dengan teknik promosi yang satu ini.

Dengan adanya potongan harga, Anda dapat menarik lebih banyak konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan serta mereka dapat mengenal produk tersebut terlebih dahulu mengenai. Ketika konsumen sudah mengenal suatu produk melalui dan puas dengan produk tersebut, maka pada kemudian hari, meskipun tidak memberikan potongan harga, maka para konsumen akan membeli produk Anda secara terus menerus.

2. Mengadakan Giveaway

Anda tentu tahu mengenai apa itu giveaway, bukan? Giveaway merupakan salah satu teknik promosi yang dapat meningkatkan brand awareness Anda.

Giveaway ini adalah sebuah teknik promosi dengan memberikan produk yang Anda jual kepada konsumen secara gratis. Biasanya, giveaway dikemas dalam bentuk game berhadiah seperti jika customer dapat menjawab sebuah kuis, maka mereka berhak untuk mendapatkan hadiah giveaway tersebut.

3. Menggunakan Jasa Influencer

Banyak orang yang masih meragukan kekuatan dari influencer. Padahal, menggunakan jasa influencer merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Ketika Anda menggunakan jasa influencer, maka hal yang ingin dicapai adalah untuk menjangkau followers dari influencer itu sendiri yang akhirnya dapat dikonversi menjadi konsumen. Tidak lupa juga, reputasi influencer berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen agar mau dan tertarik untuk membeli produk Anda.

4. Meningkatkan Brand Awareness Di Dunia Digital

Brand awareness atau kesadaran merek merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh konsumen untuk mengenali sebuah brand mulai dari produk unggulan hingga logo perusahaan. Untuk dapat meningkatkan brand awareness ini, Anda bisa mencoba untuk melakukan strategi digital marketing.

Strategi digital marketing adalah strategi promosi yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa melalui media sosial. Brand awareness dapat tercipta melalui media sosial karena di zaman seperti sekarang ini, hampir sebagian besar orang di seluruh dunia aktif menggunakan media sosial sehingga hal tersebut menjadi sebuah kesempatan bagi para pemilik bisnis untuk melakukan kegiatan promosi.

5. Memberikan Tester

Konsumen tidak akan tertarik untuk membeli produk Anda apabila mereka tidak pernah mencicipi seperti apa produk yang ditawarkan tersebut. Oleh karena itu, pemberian tester merupakan salah satu teknik promosi yang bisa Anda lakukan untuk menarik kepercayaan konsumen agar mereka mau membeli suatu produk.

6. Memberikan Cashback

Selain bentuk potongan harga, Anda bisa juga mencoba salah satu teknik promosi berikut ini yaitu dengan pemberian cashback atau uang kembali. Sebagai contoh, jika seorang konsumen membeli suatu barang dengan jumlah minimum pembelian di atas 1 juta, maka mereka bisa mendapatkan cashback sebesar 10%.

7. Memberikan Hadiah Voucher Belanja

Teknik promosi terakhir yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah konsumen adalah dengan memberikan hadiah voucher belanja. Teknik ini sering dilakukan oleh para pebisnis untuk meningkatkan jumlah konsumen.

Dengan memberikan hadiah voucher belanja, konsumen dapat memilih sendiri kebutuhan yang ingin mereka beli. Maka dari itu, jika Anda ingin memberikan voucher belanja kepada konsumen sebagai salah satu kegiatan promosi, silakan cek voucher belanja Pluxee Gift dan Pluxee eVoucher yang dapat digunakan di berbagai merchant.