Bagaimana Cara Efektif untuk Memotivasi Karyawan?

Motivasi memiliki peranan penting dalam kinerja karyawan. Tanpa adanya motivasi, karyawan akan cenderung memiliki kinerja yang kurang memuaskan. Untuk itu, Anda harus terus mengusahakan agar karyawan tetap memiliki motivasi kerja. Memang tidak mudah, namun bukan berarti Anda tidak dapat mengusahakannya. Berikut ini beberapa cara memotivasi karyawan yang efektif.

Menjadi pendengar yang baik

Dalam hubungan antara atasan dan karyawan tentu diperlukan komunikasi. Komunikasi yang baik antara Anda dengan karyawan akan membuat mereka lebih termotivasi saat bekerja. Namun, bagaimana cara menjalin komunikasi yang baik dengan karyawan? Anda bisa mulai dengan menjadi pendengar yang baik.

Karyawan Anda sama dengan manusia lainnya, ingin didengarkan dan dihargai pendapatnya. Mereka tentu memiliki ide atau pendapat tersendiri terhadap perusahaan. Dengarkan ide-ide tersebut dan berikan apresiasi. Apabila memang dapat diterapkan di perusahaan, tidak ada salahnya ide tersebut dipakai. Hal ini akan membuat karyawan merasa dihargai pemikirannya. Mereka pun lebih termotivasi untuk bekerja atau bahkan memberikan kontribusi yang maksimal kepada perusahaan.

Mengarahkan karier karyawan

Setiap karyawan Anda tentu memiliki potensi yang berbeda-beda. Ternyata hal tersebut juga dapat dijadikan motivasi bagi karyawan Anda. Misalnya, karyawan A memiliki potensi sebagai public relations (PR) perusahaan jika dilihat dari kemampuannya berbicara. Anda bisa mendiskusikan kemungkinan tersebut dengan karyawan A. Lebih lanjut, Anda dapat mengirim karyawan A untuk mengikuti pelatihan agar kemampuannya meningkat.

Mengarahkan karier karyawan sesuai dengan potensi asli mereka membuat mereka lebih terarah. Saat seseorang merasa lebih terarah, ia tidak akan ragu dalam melakukan pekerjaannya. Dalam kasus ini, karyawan yang diberi arahan tentang kariernya di masa mendatang tentu akan lebih termotivasi untuk bekerja dan meraih jenjang karier tersebut.

Menciptakan atmosfer kerja yang menyenangkan

Ada kalanya penyebab motivasi karyawan turun adalah justru karena atmosfer kerja yang tidak nyaman. Misalnya ruang kerja yang membatasi ruang gerak mereka atau bahkan rekan kerja yang kurang kooperatif sehingga menciptakan atmosfer yang kurang menyenangkan. Jika ini yang terjadi, maka Anda harus segera melakukan perubahan.

Jika memang ada keterbatasan ruang gerak di tempat kerja, Anda tidak harus langsung pindah ke kantor yang lebih luas. Sebagai alternatif, Anda dapat mengubah tata letak perabot di kantor. Mengganti perabot atau cat dinding juga bisa menciptakan nuansa baru yang memotivasi.

Untuk hubungan yang kurang baik di antara karyawan, Anda bisa mengajak berdiskusi tertutup. Dengarkan keluh kesah mereka dengan baik. Coba tawarkan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan begitu, masalah di antara karyawan bisa terpecahkan dan atmosfer kerja pun kembali menyenangkan.

Menerapkan program reward

Tidak ada orang yang tidak suka diberi apresiasi, termasuk karyawan Anda. Apresiasi yang tepat juga bisa meningkatkan motivasi kerja mereka. Apa bentuk apresiasi yang tepat bagi karyawan Anda? Apresiasi sangat beragam bentuknya, mulai dari yang sederhana seperti pujian, hingga hadiah.

Terapkanlah program reward semacam ini di perusahaan Anda. Bagi karyawan terbaik setiap bulan, Anda bisa memberikan voucher atau gift card yang ditawarkan oleh Sodexo. Bentuk apresiasi seperti ini bukan hanya dapat memotivasi karyawan tetapi juga terasa istimewa. Ini karena voucher dari Sodexo dapat dipersonalisasi dengan logo perusahaan ataupun nominal khusus sesuai dengan kebutuhan karyawan Anda.

 

Cara memotivasi karyawan memang sangat beragam. Keempat cara yang disebutkan di atas hanyalah sedikit contoh. Walau begitu, Anda bisa langsung menerapkannya atau memodifikasinya terlebih dulu agar sesuai dengan kultur kerja perusahaan. Selamat bekerja!

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×