6 Macam Tunjangan Karyawan yang Harus Dipenuhi Oleh Perusahaan

Seorang karyawan yang telah bekerja selama satu periode waktu tertentu pada sebuah perusahaan memiliki hak untuk menerima kompensasi. Maka kompensasi menjadi menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk memenuhi timbal balik hubungan kerja. Kompensasi antara lain berupa gaji pokok, tunjangan, atau fasilitas. Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing dalam memberikan kompensasi. Namun jangan khawatir, karyawan sangat dilindungi oleh negara karena kompensasi telah diatur dalam undang-undang.

Tulisan ini akan berfokus membahas kompensasi berupa tunjangan dengan menjelaskan beberapa jenis tunjangan yang umum dipakai oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Mungkin saja akan didapati istilah yang berbeda pada perusahaan Anda.

Perusahaan memberikan tunjangan kepada karyawannya berdasarkan kondisi dan ketentuannya masing-masing, diantara kondisi yang paling umum adalah tingkat jabatan, lama bekerja, dan status pendidikan. Dengan kondisi dan ketentuan tersebut, maka antara satu karyawan dengan karyawan lain akan mendapatkan tunjangan yang berbeda-beda. Agar Anda dapat memahami hak Anda, simak ulasan jenis-jenis tunjangan berikut ini:

Tunjangan Lembur

Tunjangan lembur diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang melakukan pekerjaan di luar waktu yang telah disepakati dalam kontrak. Namun penerapan tunjangan ini, terkenal tricky. Perusahaan harus benar-benar cermat dalam menerapkan ketentuan dan batasan-batasannya. Tunjangan lembur juga telah diatur dalam undang-undang, maka perusahaan harus memperhatikan batasan-batasan yang tercantum dalam undang-undang tersebut. Jangan sampai terjadi over target, sehingga perusahaan harus memberikan tunjangan lembur berlebih sebab pekerjaan yang dikerjakan terlalu banyak.

Tunjangan lembur sendiri akan diawali dengan persetujuan karyawan. Persetujuan ini berkaitan dengan waktu lembur dan besaran upah yang disepakati bersama.

Tunjangan Transportasi

Tunjangan transportasi adalah jenis tunjangan yang disediakan untuk karyawan dengan mobilitas tinggi dalam melakukan pekerjaan. Sebagai contoh, karyawan marketing yang harus sering ke luar kantor untuk melakukan meeting bersama klien. Perjalanan dinas ke luar kota atau luar pulau juga ditanggung menggunakan tunjangan transportasi ini.

Tunjangan transportasi dapat berupa uang cash menggganti biaya transport yang dikeluarkan oleh karyawan, membelikan tiket perjalanan beserta akomodasinya atau memberikan fasilitas berupa kendaraan beserta bahan bakarnya. Ini tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Tunjangan transportasi tentunya diberikan untuk kelancaran pekerjaan karyawan itu sendiri yang akan berimbas langsung pada keuntungan perusahaan.

Tunjangan Kesehatan

Tunjangan kesehatan adalah tunjangan yang paling umum diberikan perusahaan kepada karyawan setalah gaji. Tunjangan kesehatan menjadi penting sebagai upaya antisipasi atau respon akan adanya risiko kecelakaan kerja yang mengancam kesehatan dan keselamatan karyawan. Kini pemerintah mewajibkan perusahaan mendaftarkan karyawannya untuk memiliki asuransi pada BPJS Kesehatan.

Besaran tunjangan kesehatan akan disesuaikan dengan risiko kecelakaan kerja. Semakin tinggi risiko kerja seorang karyawan, maka akan semakin tinggi pula angka tunjangan kesehatan yang disiapkan perusahaan.

Tunjangan Hari Raya Lebaran

Tunjangan ini adalah satu-satunya jenis tunjangan yang ada di Indonesia. Tunjangan hari raya biasa disingkat THR. THR diberikan satu tahun sekali menjelang hari raya Idul Fitri. Namun ada beberapa perusahaan lain yang juga memberikannya saat Natal di bulan Desember.

Pemerintah mengatur dalam undang-undang bahwa THR paling lambat diberikan 14 hari sebelum hari raya. Besaran THR adalah 1 kali gaji bulanan. Biasanya disertai juga parsel berupa sembako, biskuit, sirup, atau kebutuhan lainnya untuk menyambut datangnya hari lebaran. Tunjangan ini menjadi wajib bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia karena Idul Fitri sudah menjadi momen yang membudaya bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Tunjangan Tahunan

Sesuai dengan namanya, tunjangan tahunan diberikan satu tahun sekali. Biasanya ketika target perusahaan dalam satu tahun tercapai atau bahkan melebihi target. Tunjangan ini diberikan untuk memberi apresiasi atas kontribusi yang telah dicurahkan karyawan. Maka tunjangan tahunan ini sifatnya seperti uang bonus (diluar gaji pokok).

Sayangnya, tunjangan ini tidak pasti diberikan setiap tahun karena yang menjadi acuan adalah target tahunan perusahaan. Selain itu, besaran tunjangan tahunan akan bergantung pada seberapa besar target yang terlampaui.

Tunjangan Lainnya

Ya, tunjangan lain yang menarik untuk didapatkan adalah voucher. Perusahaan bisa memberikan voucher berbelanja kepada para karyawan yang telah memberikan kinerja terbaiknya. Voucher Sodexo Gift Pass bisa menjadi pilihan. Voucher dari Sodexo ini bisa digunakan untuk berbelanja di ratusan merchant ternama yang ada di Indonesia. Sodexo juga dapat mencetak voucher gift pass yang dipersonalisasi dengan nama karyawan. Sudah pasti karyawan yang menerimanya akan merasa senang karena mendapat tunjangan seperti ini sehingga membuat performa mereka selanjutnya menjadi lebih baik lagi.

Cara Memanfaatkan Tunjangan

Berbagai jenis tunjangan telah dijelaskan di atas, tunjangan yang Anda dapatkan harusnya dapat dimanfaatkan dengan baik. Contohnya, ketika perusahaan menawarkan tunjangan kredit, maka jangan mengambil cicilan kredit yang melebihi kemampuan Anda. Lebih baik lagi jika mengutamakan menabung daripada berutang.

Contoh lainnya, ketika Anda mendapatkan THR atau tunjangan tahunan, jangan menggunakannya hanya untuk keperluan jangka pendek saja. Manfaatkan tunjangan ini untuk berinvestasi, sehingga Anda akan mendapatkan kestabilan dan kesejahteraan keuangan.

Setelah mengetahui berbagai jenis tunjangan dan cara memanfaatkannya, pastikan hak-hak tunjangan Anda sebagai karyawan terpenuhi.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×