Apa itu SWOT Analisis dan Fungsinya untuk Organisasi?

Dalam mengembangkan bisnis, penting untuk Anda sebagai seorang pengusaha untuk melakukan SWOT analisis. Dengan melakukan SWOT analisis maka seluruh sistem internal kerja perusahaan Anda dapat lebih sistematis dan juga menghasilkan strategi bisnis yang tepat sasaran. Lalu, apa itu SWOT analisis? Apa saja fungsinya untuk organisasi?

Penjelasan SWOT Analisis

SWOT analisis adalah sebuah metode analisa yang digunakan untuk menentukan Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (kesempatan), dan Threats (ancaman). Segala jenis bisnis perlu melakukan SWOT analisis ini, tidak terkecuali bisnis kecil sekalipun. SWOT analisis dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi target market hingga membantu evaluasi bisnis sehingga dapat mengetahui bagian mana yang perlu diperbaiki atau dikembangkan dari bisnis tersebut.

Mengenal Arti dari Setiap Elemen SWOT

Dalam melakukan SWOT analisis, Anda perlu membuat daftar pertanyaan berdasarkan masing-masing elemen dalam SWOT, seperti:

1. Strengths (Kekuatan)

Setiap bisnis harus mempunyai USP atau Unique Selling Proposition yang dapat mendorong kekuatan bisnis tersebut. USP tersebut bisa dilihat baik dari produk yang Anda tawarkan ataupun jasa. Untuk menganalisa apa saja strengths yang bisnis Anda punya, maka Anda bisa membuat daftar pertanyaan sebagai berikut:

  • Apa hal bagus yang dilakukan oleh perusahaan Anda?
  • Kualitas apa yang Anda punya sehingga lebih unggul dibandingkan merek kompetitor usaha Anda?
  • Apakah SDM yang perusahaan Anda miliki sudah terlatih dan berpengalaman?
  • Apakah Anda menggunakan teknologi terkini dalam menjalankan bisnis Anda?

2. Weaknesses (Kelemahan)

Selain kekuatan, tentunya Anda juga harus menganalisa kelemahan yang bisnis Anda punya agar dapat dicari sebuah solusi alternatif untuk menjadikan weaknesses ini sebagai strengths bagi bisnis Anda. Adapun daftar pertanyaan yang dapat Anda buat untuk mengidentifikasi weaknesses dari perusahaan Anda adalah sebagai berikut:

  • Apa kekurangan yang dimiliki oleh perusahaan Anda?
  • Apa saja keunggulan yang kompetitor Anda punya sehingga mengungguli bisnis Anda?
  • Apakah USP yang Anda punya sudah jelas?
  • Apakah SDM yang Anda miliki sudah memadai untuk menunjang perkembangan bisnis Anda?

3. Opportunities (Kesempatan)

Untuk menjalankan sebuah bisnis tidak bisa asal. Diperlukan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis yang Anda punya. Oleh karena itu, setiap pengusaha harus pintar dalam melihat opportunities atau kesempatan lalu buatlah strategi yang tepat bersama dengan tim Anda untuk merealisasikan kesempatan tersebut. Untuk mencari opportunities, Anda bisa menggunakan daftar pertanyaan seperti berikut ini:

  • Apakah kompetitor di area Anda masih terbilang sedikit?
  • Apakah ketersediaan produk seperti bisnis Anda masih langka?
  • Apa saja kebutuhan masyarakat masa kini dari segi produk maupun jasa?

4. Threats (Ancaman)

Ancaman pasti dapat terjadi pada setiap pemilik bisnis. Namun, tentunya Anda bisa mengantisipasi agar dapat terhindar dari threats atau ancaman tersebut dengan melakukan analisa yang tepat. Untuk itu, Anda bisa membuat daftar pertanyaan untuk mengetahui ancaman yang dapat terjadi di perusahaan Anda seperti:

  • Apakah bisnis Anda bebas dari unsur negatif yang bertentangan dengan badan hukum?
  • Apakah ada kemungkinan perubahan perilaku pada pelanggan sehingga mereka berhenti melihat produk atau jasa Anda?
  • Apakah Anda pernah memiliki citra buruk di media?
  • Apakah keuangan perusahaan Anda hingga saat ini mempunyai arus yang stabil?

Baca Juga : Bagaimana Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Ketika Persaingan Semakin Ketat?

Perkuat Usaha Anda dengan Strategi Bisnis yang Tepat

Setelah Anda mengetahui SWOT analisis, maka ini saatnya untuk Anda membuat strategi bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan usaha yang dimiliki agar dapat menjangkau lebih banyak pasar. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan strategi bisnis seperti memberikan voucher belanja kepada pelanggan atau client Anda agar mereka tetap loyal dengan bisnis Anda. Dapatkan Sodexo Gift Pass yang nominalnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda sekarang juga!

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 16.00 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Minggu,
pukul 08.30 - 21.00 WIB

021 5059 5016


Kirim email