Apa itu SWOT Analisis dan Fungsinya untuk Organisasi?

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, sangat penting bagi Anda sebagai perusahaan untuk melakukan analisis SWOT. Dengan melakukan analisis SWOT maka seluruh sistem internal kerja perusahaan Anda dapat berjalan dengan lebih sistematis. Selain itu, analisis SWOT juga dapat menghasilkan strategi bisnis yang tepat sasaran. Lantas, apa itu analisis SWOT? Bagaimana cara melakukan metode analisis SWOT? Serta apa fungsi analisis SWOT untuk sebuah organisasi? Cari tahu lebih lanjut mengenai analisis SWOT melalui artikel berikut ini!

Penjelasan SWOT Analisis

Analisis SWOT adalah sebuah metode analisis yang digunakan untuk menentukan Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (kesempatan), dan Threats (ancaman).

Segala bentuk dan jenis bisnis perlu melakukan analisis SWOT ini, tidak terkecuali bisnis kecil seperti UMKM sekalipun. Analisis SWOT dapat membantu Anda untuk melakukan identifikasi target market hingga membantu melakukan evaluasi bisnis sehingga dapat mengetahui bagian mana yang perlu diperbaiki atau dikembangkan dari bisnis tersebut.

Manfaat Melakukan Analisis SWOT

Pada dasarnya, empat komponen utama yang ada dalam analisis SWOT memiliki manfaat karena dapat berfungsi sebagai sebuah acuan dalam menjalankan strategi kombinasi dari pencapaian misi hingga visi dalam berbisnis.

Dengan kata lain, manfaat melakukan analisis SWOT adalah untuk membantu Anda dalam melakukan perencanaan strategi bisnis secara terstruktur. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda ketahui untuk menjalankan analisis SWOT:

  • Bagaimana sebuah kekuatan dapat menghasilkan keuntungan melalui peluang
  • Bagaimana strategi dalam mengatasi kelemahan yang berisiko mencegah kerugian
  • Bagaimana cara agar kekuatan dalam bisnis mampu menghadapi ancaman yang ada
  • Langkah yang harus dilakukan untuk mengendalikan kelemahan yang berisiko menimbulkan ancaman.

Baca Juga: Berbagai Macam Unsur-unsur Manajemen Di Perusahaan

Dengan mengetahui hal-hal di atas sebelum menjalankan analisis SWOT, Anda bisa mempertimbangkan keputusan dan menentukan prioritas dalam bisnis dengan lebih baik. Selain itu, manfaat analisis SWOT lainnya adalah untuk membantu para penggiat bisnis kecil seperti UMKM untuk memperoleh modal usaha dengan mengajukan proposal kepada investor. Analisis SWOT akan sangat membantu mereka agar bisa mengetahui secara jelas kondisi dan faktor internal serta eksternal yang dapat memengaruhi bisnis mereka.

Mengenal Arti dan Contoh Analisis SWOT

Dalam melakukan analisis SWOT, Anda perlu membuat daftar pertanyaan berdasarkan masing-masing elemen dalam SWOT, seperti:

1. Strengths (Kekuatan)

Setiap bisnis harus mempunyai USP atau Unique Selling Proposition yang dapat mendorong kekuatan bisnis tersebut. USP tersebut bisa dilihat baik dari produk yang Anda tawarkan ataupun jasa. Untuk menganalisis apa saja strengths yang bisnis Anda punya, maka Anda bisa membuat daftar pertanyaan sebagai contoh analisis SWOT berikut ini:

  • Apa hal bagus yang dilakukan oleh perusahaan Anda?
  • Kualitas apa yang Anda punya sehingga lebih unggul dibandingkan merek kompetitor usaha Anda?
  • Apakah SDM yang perusahaan Anda miliki sudah terlatih dan berpengalaman?
  • Apakah Anda menggunakan teknologi terkini dalam menjalankan bisnis Anda?

2. Weaknesses (Kelemahan)

Selain kekuatan, tentunya Anda juga harus menganalisis kelemahan yang bisnis Anda punya agar dapat dicari sebuah solusi alternatif untuk menjadikan weaknesses ini sebagai strengths bagi bisnis Anda. Adapun daftar pertanyaan sebagai contoh analisis SWOT yang dapat Anda buat untuk mengidentifikasi weaknesses dari perusahaan Anda adalah sebagai berikut:

  • Apa kekurangan yang dimiliki oleh perusahaan Anda?
  • Apa saja keunggulan yang kompetitor Anda punya sehingga mengungguli bisnis Anda?
  • Apakah USP yang Anda punya sudah jelas?
  • Apakah SDM yang Anda miliki sudah memadai untuk menunjang perkembangan bisnis Anda?

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Atasan yang Menyebalkan

3. Opportunities (Kesempatan)

Untuk menjalankan sebuah bisnis tidak bisa asal. Diperlukan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis yang Anda punya. Oleh karena itu, setiap pengusaha harus pintar dalam melihat opportunities atau kesempatan lalu buatlah strategi yang tepat bersama dengan tim Anda untuk merealisasikan kesempatan tersebut. Untuk mencari opportunities, Anda bisa menggunakan daftar pertanyaan seperti berikut ini untuk melakukan analisis SWOT:

  • Apakah kompetitor di area Anda masih terbilang sedikit?
  • Apakah ketersediaan produk seperti bisnis Anda masih langka?
  • Apa saja kebutuhan masyarakat masa kini dari segi produk maupun jasa?

4. Threats (Ancaman)

Ancaman pasti dapat terjadi pada setiap pemilik bisnis. Namun, tentunya Anda bisa mengantisipasi agar dapat terhindar dari threats atau ancaman tersebut dengan melakukan analisis SWOT yang tepat. Untuk itu, Anda bisa membuat daftar pertanyaan untuk mengetahui ancaman yang dapat terjadi di perusahaan Anda seperti:

  • Apakah bisnis Anda bebas dari unsur negatif yang bertentangan dengan badan hukum?
  • Apakah ada kemungkinan perubahan perilaku pada pelanggan sehingga mereka berhenti melihat produk atau jasa Anda?
  • Apakah Anda pernah memiliki citra buruk di media?
  • Apakah keuangan perusahaan Anda hingga saat ini mempunyai arus yang stabil?

Baca Juga : Bagaimana Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Ketika Persaingan Semakin Ketat?

Perkuat Usaha Anda dengan Strategi Bisnis yang Tepat

Setelah Anda mengetahui analisis SWOT, maka ini saatnya untuk Anda membuat strategi bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan usaha yang dimiliki agar dapat menjangkau lebih banyak pasar. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan strategi bisnis seperti memberikan voucher belanja Sodexo Gift Pass kepada pelanggan atau client Anda agar mereka tetap loyal dengan bisnis Anda. Saat ini Sodexo Gift Pass dapat digunakan di lebih dari 560 merchant dan 23.300 outlet. Dapatkan voucher yang nominalnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda sekarang juga bersama Sodexo!

 

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email