Kreativitas dan Inovasi dalam Kewirausahaan

©pixabay

Kreativitas dan inovasi dalam kewirausahaan sangatlah dibutuhkan oleh Anda yang baru saja mulai merintis bisnis dari bawah. Apa maksudnya kreativitas dan inovasi tersebut?

Meskipun memiliki arti yang berbeda, namun kreativitas dan inovasi saling berkaitan, khususnya dalam sebuah bisnis. Kreativitas berarti adanya ide-ide baru yang muncul ketika melihat sebuah kesempatan dalam dunia bisnis dan inovasi berarti bagaimana seorang pebisnis mencari solusi untuk mengembangkan ide kreatif yang dimiliki.

Dengan adanya kreativitas dan inovasi dalam kegiatan wirausaha, maka ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan sebagai seorang pebisnis pemula. Untuk itu, silakan simak informasi di bawah ini karena Sodexo akan membahas mengenai beberapa manfaat yang dihasilkan dari kreativitas dan inovasi dalam bidang enterpreneur.

5 Manfaat Kreativitas dan Inovasi dalam Kewirausahaan

Berikut ini, Anda akan menemukan 5 manfaat kreativitas dan inovasi dalam dunia bisnis, yaitu:

1. Memiliki Unique Selling Point (USP)

Sebuah bisnis yang dijalankan dengan kreatif dan inovatif maka akan membantu Anda dalam menemukan Unique Selling Point (USP) atau keunggulan yang dimiliki dari produk atau jasa yang ditawarkan. USP dapat menjadi alasan mengapa konsumen harus membeli produk atau jasa dari bisnis yang Anda jalankan.

Untuk dapat menemukan USP ini, Anda perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu agar bisa mencari tahu apa yang diinginkan oleh masyarakat saat ini. Dari data yang valid dari hasil riset pasar, nantinya Anda bisa menggunakan data tersebut untuk mengembangkan sebuah inovasi dan ide baru ke dalam bentuk bisnis yang dapat memenuhi permintaan pasar.

 

Baca Juga: 5 Ide Hadiah Akhir Tahun untuk Karyawan yang Menarik

 

2. Mampu Bersaing dengan Bisnis Kompetitor

Persaingan bisnis sangatlah ketat dan hal ini tidak hanya berlaku bagi perusahaan-perusahaan besar saja. Perusahaan-perusahaan kecil seperti kegiatan wirausaha juga memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, setiap pebisnis dituntut untuk dapat berpikir kreatif dalam menemukan ide baru agar mampu bertahan di tengah persaingan yang ketat. Selain itu, inovasi juga diperlukan agar Anda mampu mencari solusi baru yang mungkin saja belum pernah ditawarkan oleh kompetitor manapun.

3. Meningkatkan Penjualan

Di saat seorang pebisnis memiliki kreativitas dan inovasi dalam menjalankan usaha yang dimilikinya, maka hasil akhir yang diharapkan adalah terjadinya peningkatan penjualan. Bagaimana bisa terjadi peningkatan penjualan?

Sebagai contoh, ada pebisnis yang membuka sebuah warung dan hanya dapat diakses oleh warga sekitar. Namun setelah bekerja sama dengan berbagai mitra yang menyediakan layanan antar jarak jauh, pelanggan yang tinggal di wilayah yang berbeda juga dapat membeli dari warung tersebut sehingga penjualan dapat semakin meningkat.

 

Baca Juga: Pentingnya Membangun Loyalitas Konsumen di Zaman Sekarang

 

4. Menciptakan Terobosan Baru

Inovasi memiliki manfaat yang sangat penting dalam bisnis yaitu untuk dapat menciptakan terobosan baru sesuai dengan apa yang menjadi permintaan masyarakat. Anda dapat mencari hal baru yang mungkin belum ditawarkan oleh pebisnis manapun dan tentunya dapat bermanfaat bagi seluruh orang atau setidaknya sebagian besar masyarakat.

5. Menarik Minat Konsumen

Manfaat terakhir yang dapat Anda rasakan dengan adanya kreativitas dan inovasi dalam kegiatan wirausaha adalah daya minat konsumen akan menjadi lebih tinggi. Konsumen pasti akan menuntut adanya suatu hal yang unik atau baru dari suatu bisnis agar mereka tertarik untuk selalu membeli produk atau jasa dari Anda.

Salah satu cara kreatif yang dapat Anda lakukan untuk menarik minat konsumen adalah dengan melakukan kegiatan promosi seperti memberikan hadiah tertentu. Meskipun kegiatan promosi merupakan cara yang sering dilakukan oleh pebisnis, namun Anda dapat berkreasi dengan jenis hadiah yang diberikan kepada konsumen.

Maka dari itu, jika Anda tertarik untuk memberikan hadiah yang unik agar konsumen tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, silakan intip ide hadiah menarik dari Sodexo yaitu Sodexo Gift Pass. Sodexo Gift Pass merupakan voucher belanja yang dapat digunakan untuk berbelanja ataupun membeli makanan di restoran dan Anda dapat melakukan custom pada nominal yang ingin dicantumkan pada voucher belanja tersebut.

 

Baca Juga: 3 Cara Menentukan Sasaran Promosi yang Efektif

 

Voucher belanja Sodexo Gift Pass merupakan ide hadiah yang bagus untuk menarik minat konsumen, bukan? Oleh karena itu, lakukan pemesanan Sodexo Gift Pass sekarang juga dan tentukan nominal custom yang ingin Anda cantumkan dalam voucher belanja tersebut.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email