Contoh-Reward-untuk-Karyawan

Memahami Perbedaan Bos dan Pemimpin, Mana yang Lebih Tepat?

Juli 28, 2021

Anda perlu tahu apa saja perbedaan bos dan pemimpin. Kedua kata ini sering disamakan pengertiannya dikarenakan bos dan pemimpin sama-sama menduduki tingkat yang tinggi dalam sebuah perusahaan. Akan tetapi, ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Apa saja perbedaan tersebut?

Melalui artikel berikut ini, Pluxee akan menjelaskan kepada Anda mengenai perbedaan bos dan pemimpin secara mendalam. Simak pembahasannya di bawah ini.

Definisi Bos dan Pemimpin

Walaupun keduanya sama-sama berfungsi sebagai seseorang yang memiliki kedudukan tertinggi di dalam sebuah organisasi atau perusahaan, kenyataannya bos dan pemimpin adalah dua istilah yang dengan definisi berbeda. Menurut sebagian besar orang, bos dianggap sebagai seorang ketua yang mendominasi. Disamping itu, pemimpin dipandang sebagai seorang ketua yang lebih bersikap mengayomi.

Apa Itu Bos?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bos mempunyai arti “orang yang berkuasa memberi dan mengawasi perintah kepada para karyawannya; majikan atau pemimpin (di dalam perusahaan)”. Berdasarkan pengertian tersebut, anggapan bos yang bersifat dominan bisa dianggap valid sebab definisi tadi mengatakan bahwa boss merupakan orang yang “memberi perintah”.

Apa Itu Pemimpin?

Leader atau pemimpin menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mempunyai arti “orang yang memimpin”. Jika dibahas secara lebih lebar, kata memimpin itu sendiri mempunyai banyak arti, diantaranya seperti:

  • Mengepalai atau mengetuai kegiatan tertentu (perkumpulan, rapat, dan lain-lain).
  • Memenangi paling banyak.
  • "Memegang tangan seseorang sambil ikut berjalan" (untuk menuntun, memandu, mengarahkan jalan, dan lain sebagainya).
  • Melatih (mengajari, mendidik, dan sebagainya) agar bawahannya bisa mengerjakan tugas secara mandiri.

Sebagian banyak orang mungkin berpikir bahwa pemimpin merupakan sosok atasan yang lebih baik sebab mereka bisa membuat orang-orang yang kerja sama dengan mereka merasa lebih nyaman. Di sisi lain, orang-orang juga beranggapan bisa bekerja dengan lebih maksimal apabila sebuah tim diketuai oleh seorang pemimpin.

6 Perbedaan Bos dan Pemimpin

Berikut ini, terdapat 6 poin yang akan menjelaskan mengenai perbedaan antara bos dan pemimpin, yaitu:

1. Perbedaan Sikap

Perbedaan pertama yang dapat terlihat jelas oleh siapa pun adalah perbedaan sikap antara bos dan pemimpin. Bos memiliki sikap memerintah atau menyuruh. Seorang bos akan berdiri di belakang dan hanya memerintah bawahan untuk melakukan pekerjaan sesuai yang diperintahkan.

Di sisi lain, seorang pemimpin akan mengajak karyawannya untuk bekerja sama dalam membangun perusahaan bersama-sama. Pemimpin fokus berdiri di posisi terdepan dan merangkul seluruh karyawannya serta memotivasi mereka untuk dapat bekerja dengan lebih baik lagi. Tidak heran apabila karyawan akan melihat pemimpin sebagai sosok panutan di dalam perusahaan tersebut.

2. Perbedaan Sifat

Selain perbedaan sikap, ada juga perbedaan sifat yang sangat lekat dengan masing-masing individu. Seorang bos memiliki sifat yang cenderung ingin dihormati. Oleh karena itu, tidak jarang jika karyawan akan merasa takut ketika harus berhadapan dengan seorang bos.

Seorang pemimpin memiliki sifat yang suka memuji dan membantu menyemangati karyawannya. Maka dari itu, karyawan akan merasa senang dan nyaman ketika bekerja bersama seorang pemimpin. Mereka juga akan memberikan kinerja yang lebih baik lagi untuk perusahaan tersebut.

3. Perbedaan Tujuan

Ketika bekerja di bawah seorang pemimpin, karyawan dapat memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi diri agar dapat menjadi calon pemimpin yang sukses. Sedangkan seorang bos memiliki tujuan untuk mempertahankan kekuasaan dan posisinya agar dapat mengendalikan orang-orang di sekitarnya.

4. Perbedaan dalam Pengambilan Keputusan

Dalam mengambil keputusan, seorang pemimpin akan mendengarkan ide-ide dan masukan dari karyawannya. Perusahaan yang memiliki seorang pemimpin akan sering terbuka melakukan forum diskusi sehingga karyawan memperoleh kesempatan untuk turut mengambil andil dalam mencari solusi untuk suatu masalah dan mengembangkan perusahaan. Sebaliknya, seorang bos cenderung lebih suka untuk mengambil keputusan sendiri. Karyawan tidak memiliki hak untuk memberikan suara mereka dalam pengembangan perusahaan.

5. Perbedaan Orientasi

Orientasi antara bos dan pemimpin juga sangat jauh berbeda. Bos memiliki orientasi terhadap profit dan keuntungan. Selain itu, kinerja karyawan juga diukur dengan berapa banyaknya keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

Lain halnya dengan seorang pemimpin. Pemimpin memiliki orientasi terhadap visi perusahaan sehingga tipe ini akan lebih mengutamakan pada hal-hal inovatif dan mengajak karyawan untuk bersama-sama berkembang demi mencapai tujuan perusahaan.

6. Perbedaan Fokus

Secara fokusnya, bos lebih berfokus pada hasil sedangkan seorang pemimpin lebih berfokus pada proses. Bos akan mengukur target pencapaian kinerja karyawan dengan angka. Sedangkan seorang pemimpin akan melihat proses yang dilalui oleh karyawan. Dalam proses itu, pemimpin akan melihat kualitas masing-masing karyawan dan bagaimana mereka berkembang sesuai dengan visi perusahaan.

Sekarang Anda sudah memahami apa saja perbedaan bos dan pemimpin, bukan? Jika Anda ingin menjadi sosok pimpinan yang dapat dijadikan sebagai panutan oleh karyawan, maka jadilah seorang pemimpin yang mampu mengambil keputusan secara bijaksana serta menghargai setiap karyawan yang telah bekerja keras untuk perusahaan. Untuk itu, sebagai seorang pemimpin Anda juga harus belajar dalam mengapresiasi karyawan dengan cara memberikan pujian atau juga reward yang dapat memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik lagi.

Apabila Anda ingin memberikan reward kepada karyawan, Pluxee mempunyai pilihan rekomendasi reward seperti voucher hadiah. Karyawan dapat menggunakan voucher belanja tersebut untuk berbelanja kebutuhan bulanan hingga membelikan self reward untuk diri mereka sendiri.

Tak hanya hadiah kinerja, voucher Pluxee juga dapat digunakan sebagai apresiasi lama bekerja, hadiah lomba di acara internal perusahaan, atau hadiah kepada rekan bisnis. Dengan memilih voucher Pluxee, Anda tidak akan kesulitan memilih hadiah yang cocok untuk masing-masing penerima.

Silakan hubungi Pluxee untuk melihat pilihan voucher hadiah yang bisa Anda gunakan sebagai reward untuk karyawan di perusahaan.