Motivasi Pagi Hari

8 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja di Pagi Hari

November 28, 2019

Bangun pagi dan bersiap-siap untuk bekerja adalah aktivitas yang terasa menjemukan. Anda mungkin akan dihinggapi perasaan malas saat memikirkan tentang kantor dan pekerjaan. Hasilnya, Anda pun berangkat ke kantor dengan mood yang buruk dan tidak bersemangat. Performa saat bekerja pun menjadi kurang karena tidak ada motivasi di pagi hari.

Jika hal tersebut terus-menerus terjadi tentu akan sangat merugikan bagi Anda. Performa kerja turun, badan terasa letih, dan pikiran pun jauh dari kata jernih. Untuk itu, Anda sebaiknya melakukan aktivitas yang bisa memberikan motivasi kerja. Berikut ini beberapa contoh aktivitas yang bisa Anda lakukan.

Motivasi Pagi Hari

1. Merapikan Tempat Tidur ketika Bangun di Pagi Hari

Walaupun kebiasaan untuk merapikan tempat tidur masih sering disepelekan oleh sebagian orang. Namun Anda jangan salah, kebiasaan untuk membersihkan tempat tidur ketika bangun di pagi hari yang sering dilewatkan ini, ternyata dapat memberikan dampak yang cukup signifikan bagi semangat dan juga motivasi kerja Anda.

Ketika Anda bangun di pagi hari, Anda akan merasa lebih bersemangat untuk memulai hari. Hal ini juga berdampak positif terhadap kebutuhan psikologis Anda dalam meningkatkan motivasi kerja. Karena perasaan puas dan percaya diri akan pekerjaan yang selesai akan memicu Anda untuk melakukan pekerjaan lainnya sepanjang hari.

2. Berolahraga Ringan

Olahraga memang sudah terbukti manfaatnya bagi tubuh. Setelah berolahraga, tubuh akan melepaskan beberapa hormon. Dari hormon tersebut, Anda bisa mendapatkan suntikan semangat yang dapat membangun motivasi kerja. Walau begitu, sebaiknya olahraga yang dipilih tidak terlalu berat. Ini karena olahraga yang berat dapat membuat Anda merasa lelah.

Salah satu olahraga yang bisa dipilih adalah joging. Cobalah joging santai selama 15 menit di pagi hari. Udara yang sejuk di pagi hari sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. Enggan keluar rumah? Anda bisa mencoba yoga. Pilih gerakan yoga yang simpel. Yoga, meski dengan gerakan yang sederhana bisa membantu Anda untuk menjernihkan pikiran dan melatih konsentrasi. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus saat bekerja.

3. Mendengarkan Musik

Ternyata, musik juga bisa memberikan motivasi kerja. Dengarkan musik favorit Anda di pagi hari sebelum beraktivitas. Usahakan memilih musik up beat agar suasana hati baik dan mood tidak turun. Anda juga bisa bergerak mengikuti irama musik untuk mendapatkan motivasi.

Apabila Anda kurang suka dengan musik, cobalah mendengar podcast. Saat ini ada banyak sekali podcast yang memiliki konten bermanfaat. Selain itu, kebanyakan podcast juga dibuat kasual sehingga Anda seolah-olah sedang mendengarkan teman-teman mengobrol. Konten podcast pun sangat bervariasi, ada yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari, motivasi, hingga review film atau berita yang sedang hangat dibicarakan.

4. Membuat Daftar Kegiatan yang Akan Dilakukan

Setelah bangun pagi dan merapikan tempat tidur,  membuat catatan kegiatan juga dapat menambah motivasi diri dalam bekerja. Anda jadi tahu tugas apa saja yang akan Anda lakukan sepanjang hari. Dengan adanya daftar kegiatan yang akan dilakukan, Anda tidak perlu merasa memiliki pekerjaan yang menumpuk.

5. Menjaga Asupan Sarapan

Untuk membangun motivasi kerja, Anda juga perlu memperhatikan satu hal yang sangat penting yaitu sarapan. Bukan hanya karena sarapan dapat mengenyangkan perut, sarapan juga bermanfaat untuk membangun mood yang dapat meningkatkan motivasi kerja setelah bangun di pagi hari. Salah satu alasannya adalah karena secara biologis, tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk memulai aktivitas di pagi hari.

6. Mandi dengan Aroma Terapi

Mandi adalah aktivitas yang menyegarkan. Bukan hanya membersihkan tubuh, Anda bisa menyegarkan otak dan menyingkirkan pikiran-pikiran jelek yang hinggap. Jika Anda ingin mendapatkan suntikan motivasi kerja, mandi jelas tidak boleh dilewatkan.

Cobalah untuk menambahkan minyak aroma terapi pada air untuk berendam. Anda juga bisa memilih sabun yang memiliki aromaterapi. Dengan efek aromaterapi ini pikiran Anda akan lebih tenang. Otot yang kaku dan tegang pun bisa menjadi lebih rileks.

7. Sarapan Secukupnya

Selain mandi, sarapan adalah aktivitas yang bisa dilakukan di pagi hari. Bagi Anda yang merasa kurang motivasi kerja, aktivitas sarapan ini sebaiknya tidak dilewatkan. Tidak perlu makanan yang terlalu berat karena bisa membuat Anda cepat kenyang dan mengantuk. Sebagai gantinya, pilih menu yang minim kandungan karbohidrat.

Anda bisa mengonsumsi pisang serta susu. Susu bisa diganti dengan teh atau kopi, sesuai selera. Merasa kurang kenyang? Anda bisa membuat sandwich yang berisi aneka sayuran dan juga daging. Dengan sarapan yang cukup, Anda bisa mendapatkan energi untuk menjalani hari di kantor nanti.

8. Berbelanja

Siapa yang tidak suka berbelanja? Pasti semuanya senang berbelanja, bukan? Setelah bekerja setiap hari Senin sampai Jumat, dari pagi hingga malam, lalu akhirnya bisa mendapatkan gaji bulanan, berbelanja menjadi aktivitas yang ditunggu-tunggu. Ditambah lagi ketika ada bonus atau hadiah dalam bentuk voucher dari Pluxee. Ya, sebagai penyedia layanan voucher belanja, Pluxee siap memberikan Anda benefit lebih ketika berbelanja menggunakan voucher. Dengan pilihan merchantnya yang beragam, mulai dari makanan, supermarket, fesyen hingga tour & travel, menjadikan pengalaman belanja Anda lebih menyenangkan dengan voucher belanja Pluxee Gift.

Voucher belanja Pluxee Gift dapat digunakan di lebih dari 600 merchants dan 23.300 outlets yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, Anda memiliki banyak pilihan untuk menggunakan voucher belanja tersebut di mana pun dan untuk kebutuhan apa pun.

Itulah dia beberapa cara untuk mendapatkan motivasi kerja. Meningkatkan motivasi kerja memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Tetap semangat!