5 Fungsi Promosi untuk Karyawan yang Perlu Anda Ketahui

Sumber: pixabay.com

Seberapa pentingkah fungsi promosi untuk karyawan dalam perusahaan? Promosi untuk karyawan berarti adanya suatu perpindahan posisi jabatan seorang karyawan ke tingkat yang lebih tinggi. Seperti misalnya, seorang karyawan tadinya menempati posisi staff konsultan IT di perusahaan. Setelah beberapa waktu dia bekerja dan hasil penilaian yang diberikan oleh atasan sangat baik, maka dia dipromosikan menjadi lead konsultan IT dengan jobdesk, tanggung jawab, dan tentu saja gaji yang berbeda.

Apa Itu Pengertian Promosi dan Tujuan Promosi Karyawan?

Promosi jabatan pada dasarnya adalah pemindahan karyawan dari suatu posisi atau jabatan dari posisi lama ke posisi atau jabatan yang lebih tinggi. Tentunya promosi jabatan juga diiringi dengan kenaikan gaji, fasilitas, tanggung jawab, serta peluang yang jauh lebih besar. Biasanya kesempatan untuk melakukan promosi jabatan adalah ketika sebuah perusahaan melaukan perluasan kegiatan, atau bisa juga ketika ada karyawan yang pensiun. Namun tak jarang ada pula karyawan yang dipromosikan ke jabatan yang sengaja diciptakan, karena kemampuan khusus yang dimilikinya.

Lalu apa sebenarnya tujuan promosi jabatan? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya mengenai pengertian promosi jabatan, perpindahan posisi ini memiliki tujuan untuk mengisi posisi yang sedang kosong atau juga karena pembentukan posisi baru di suatu perusahaan.

Lantas, apa saja fungsi promosi karyawan baik bagi karyawan itu sendiri maupun untuk perusahaan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Fungsi Promosi untuk Karyawan

Promosi karyawan memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Meningkatkan Potensi Karyawan

Kenaikan jabatan berarti adanya perubahan beban kerja dan tanggung jawab yang berbeda. Dengan demikian, karyawan dapat meningkatkan seluruh potensi yang ada di dalam dirinya mulai dari skill hingga kreativitasnya. Sebagai atasan, sangat disarankan juga untuk dapat membekali karyawan dengan ilmu tertentu sesuai dengan bidang mereka masing-masing sehingga karyawan yang akan dipromosikan akan siap untuk menerima seluruh jobdesk baru yang diberikan.

2. Mendorong Motivasi Karyawan Lainnya

Setelah seorang karyawan diangkat ke posisi yang lebih tinggi, hal tersebut tentu saja akan mendorong motivasi karyawan lainnya untuk bekerja lebih keras dan semangat agar mereka juga mendapatkan promosi jabatan.

Baca Juga : Inilah Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan

3. Mengisi Jabatan yang Kosong

Ketika seorang karyawan yang menempati posisi jabatan yang tinggi mengundurkan diri, maka posisi tersebut bisa menjadi kesempatan bagi para karyawan untuk menempati posisi yang kosong dan tidak harus menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan promosi jabatan. Perusahaan hanya perlu melihat dari kinerja karyawan yang dirasa memiliki kredibilitas dan kemampuan yang baik untuk mendapatkan promosi jabatan.

4. Tanda Bahwa Perusahaan Berkembang

Adanya promosi jabatan dalam sebuah perusahaan menandakan bahwa perusahaan tersebut berkembang. Sebuah perusahaan yang mampu memberikan promosi jabatan bisa menjaga kestabilan sumber daya pekerja di dalam perusahaannya serta memberikan kesempatan bagi para pencari kerja untuk bergabung.

5. Kepuasan Kerja Karyawan

Kenaikan jabatan karyawan atau promosi karyawan juga berdampak baik bagi kepuasan kerja karyawan. Dengan adanya promosi jabatan, hal ini akan menambah nilai dari kinerja karyawan itu sendiri. Karyawan akan merasa sangat dihargai dan puas akan hasil kinerja baik yang dilakukannya selama ini. Promosi jabawan juga mendorong karyawan untuk semakin giat untuk menambah nilai dalam dirinya sendiri.

Indikator Penilaian untuk Promosi Jabatan

Bagi Anda yang ingin mulai mencoba untuk memberikan promosi jabatan bagi karyawannya, ada beberapa indikator yang bisa Anda gunakan untuk mengukur potensi dan kelayakan mereka untuk promosi jabatan. Berikut ini beberapa indikator penilaian untuk promosi jabatan, yaitu:

  • Lama waktu bekerja: Promosi jabatan dapat diberikan kepada karyawan yang sudah lama bekerja sehingga perusahaan dapat memberikan promosi jabatan sebagai bentuk penghargaan.
  • Mempunyai integritas: Seorang karyawan yang siap untuk dipromosikan haruslah mempunyai integritas yang tinggi sehingga Anda yakin bahwa mereka mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.
  • Mau berbagi: Salah satu indikator yang juga perlu dinilai untuk melakukan promosi jabatan adalah bagaimana seorang karyawan mau berbagi ilmu dan pengalaman kepada karyawan lainnya dan tidak egois.
  • Dapat memberikan solusi: Pastinya karyawan di dalam sebuah perusahaan pernah komplain dalam bekerja, namun, jika seorang karyawan mampu memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi, maka bisa dipastikan bahwa karyawan tersebut layak untuk mendapatkan promosi jabatan.

Baca Juga : Indikator Kinerja Karyawan yang Bisa Diperhatikan

Jadi, sekarang Anda sudah memahami pengertian promosi, tujuan promosi, serta fungsi promosi jabatan untuk karyawan yang penting untuk keberlangsungan sebuah perusahaan, bukan? Selain memberikan promosi jabatan, Anda juga bisa mendorong motivasi dan semangat karyawan dengan memberikan reward seperti bonus. Untuk itu, Sodexo memiliki beberapa pilihan produk terbaik yang bisa digunakan sebagai bonus untuk karyawan yaitu dengan produk voucher belanja khusus yang bisa Anda temukan melalui bagian produk Sodexo.

 

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email