Sikap Optimis

4 Manfaat Memiliki Sikap Optimis dalam Dunia Kerja

Maret 22, 2021

Sikap optimis yang biasa kita lihat dalam diri kita maupun orang lain bukan lagi menjadi suatu hal yang baru. Bahkan di dalam dunia kerja, ada berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan dan dapatkan jika Anda memiliki sikap optimis.

Seperti namanya, sikap optimis ini sangat identik dengan hal-hal positif, baik, dan nyaman. Ya, memang sikap optimis ini sudah wajib dimiliki oleh setiap orang, meskipun tidak berada di dalam dunia kerja.

Bagaimana Cara Membangun Sikap Optimis?

Berikut ini adalah cara membangun sikap optimis di dalam dunia kerja:

1. Mulai dengan Mengubah Sudut Pandang Anda

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membangun sikap positif adalah dengan mengubah sudut pandang Anda terhadap sesuatu. Orang dengan sikap optimis cenderung memiliki sifat yang positif.

2. Cari dan Lakukan Hal-hal yang Membuat Anda Bahagia

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sifat positif sangat memengaruhi bagaimana sudut pandang Anda bekerja. Jika Anda menganggap semua hal yang terjadi adalah sesuatu yang negatif, tentu saja Anda akan selalu merasakan hal buruk.

Untuk menghindari energi negatif tersebut, Anda harus selalu mencari dan melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia. Hal ini dapat menunjang Anda untuk merasakan energi positif.

3. Berhenti Menyalahkan Orang Lain dan Mulai Bergaul dengan Orang di Lingkungan yang Positif

Menjadi orang optimis berarti juga harus memiliki sifat dan karakter yang positif bagi lingkungan dan teman-teman Anda. Maka dari itu, untuk memiliki sikap optimis, Anda harus berhenti untuk menyalahkan orang lain atas kesalahan yang ada buat. Berhenti melampiaskan masalah kehidupan ketika Anda merasa putus asa dengan menyalahkan orang lain, karena itu hanya akan memberikan energi negatif untuk diri sendiri.

Selain itu, untuk menjadi pribadi yang optimis dan penuh semangat, mulailah untuk bergaul dengan orang di lingkungan yang positif agar Anda semakin terdorong untuk berpikiran positif dan semakin membangun sikap optimis.

Apa Manfaat Memiliki Sikap Optimis?

Berikut ini adalah manfaat dari memiliki sikap optimis:

  1. Menciptakan lingkungan yang positif
  2. Mengurangi stres
  3. Meningkatkan produktivitas
  4. Menghasilkan energi yang positif
  5. Meningkatkan hubungan dengan pelanggan
  6. Menunjukkan kemampuan kepemimpinan
  7. Memperbaiki pengambilan keputusan
  8. Memotivasi orang lain

Orang yang memiliki sikap optimis pasti pernah merasakan berbagai macam manfaat yang sudah disebutkan di atas dalam kehidupan mereka. Bersikap untuk terus menjadi orang yang memiliki sikap optimis dan berusaha untuk selalu berpikir positif memang perkara yang tidak mudah untuk dilakukan.

Dalam mencapai pemikiran optimis, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memiliki sifat dan kebiasaan positif ini.

1. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat pertama dalam memiliki sifat dan sikap optimis ini adalah mampu meningkatkan produktivitas. Kehidupan dunia kerja tidak pernah lepas dari yang namanya produktivitas. Namun, ada saja kejadian atau alasan yang membuat pikiran Anda menjadi pesimis.

Pemikiran negatif memang sulit untuk dihilangkan tanpa adanya kesadaran yang kuat serta keyakinan untuk keluar dari masalah. Namun, ketika hidup Anda sudah diyakini dengan bersikap optimis, hasilnya adalah kesuksesan yang bisa dicapai. Produktivitas Anda dalam bekerja menjadi meningkat, fisik lebih baik, dan pikiran juga tetap jernih.

Setelah mencapai sebuah kesuksesan, jangan lupa untuk memberikan reward sebagai bentuk apresiasi kepada diri sendiri. Anda bisa memberikan self-reward berupa voucher makanan yang bisa Anda dapatkan di Sodexo ePass dan Sodexo Gift Pass. Self-reward dapat mempertahankan produktivitas Anda agar tidak kendur.

2. Mengurangi Stres

Stres dalam dunia kerja memang menjadi sisi negatif yang tidak bisa dihilangkan, bahkan terhitung sulit. Namun, dengan berusaha untuk tetap optimis, perasaan negatif ini dapat hilang dengan sendirinya.

Orang yang optimis pasti cenderung pernah merasa pesimis dalam hidupnya. Bahkan, ada saja kejadian dalam hidupnya yang tidak berkenan sampai membuatnya lelah dalam bekerja. Namun, dengan tetap memiliki kemauan untuk belajar, maka kesuksesan dalam bekerja bisa tercapai. Tentunya, stres juga semakin menurun seiring berjalannya waktu.

3. Memberikan Energi Positif

Pesimis dan optimis memang bertolak belakang. Ada yang lebih sering merasakan cara berpikir pesimis, namun ada juga yang cenderung dekat dengan optimis. Namun orang yang optimis pasti memiliki energi positif. Siapa yang tidak ingin mengalami pengalaman mendapatkan jiwa positif dan rasa percaya dalam hidup? Pasti semua individu menginginkannya. Untuk itulah, Anda harus berpikir positif sepanjang menjalani aktivitas sehari-hari.

Kegagalan bukan menjadi satu hal yang aneh. Namun, dengan pemikiran yang positif, Anda akan melihat sisi baik dari kejadian tersebut. Hasil yang nantinya didapatkan sudah pasti lebih manis.

4. Meningkatkan Kemampuan

Menjalani pekerjaan tidak pernah ada kata "mudah". Kesalahan, gagal mencapai tujuan, terus belajar, ataupun harapan yang tiba-tiba hilang, secara menyeluruh adalah fase hidup. Untuk itu, Anda harus tetap memiliki kualitas cara berpikir yang baik. Optimis dalam tubuh juga tentunya sangat baik. Untuk siapa? Ya, untuk diri Anda sendiri dan orang-orang di sekitar, termasuk rekan kerja serta keluarga.

Ingat, sifat positif dan optimis memberikan kesehatan jiwa yang baik sepanjang Anda menjalani hari lepas hari. Mau di mana pun dan kapan pun.

Itulah penjelasan lengkap tentang bagaimana bersikap optimis. Orang yang memiliki sikap ini sudah pasti lebih baik dan memiliki rasa terima kasih dalam menghadapi aktivitas sehari-hari. Apakah Anda juga begitu?