Kehabisan-Ide_-Ini-5-Cara-Meningkatkan-Kreativitas

Kehabisan Ide? Ini 5 Cara Meningkatkan Kreativitas

Oktober 26, 2021

Cara meningkatkan kreativitas memang cukup beragam. Sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana caranya. Ketika kreativitas mereka sudah mentok, maka solusi yang diambil ternyata salah langkah. Bahkan bisa memberikan masalah baru di dalam kehidupan mereka.



Sebagai seorang karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, kreativitas menjadi bagian penting. Khususnya di beberapa divisi, sebut saja divisi content hingga desain. Kreativitas dari karyawan di divisi-divisi tersebut terus dioptimalkan setiap waktu. Namun bagaimana kalau tiba-tiba kreativitas Anda harus ditingkatkan lagi? Atau mungkin Anda kehabisan ide?



Pluxee memiliki beberapa tips jika Anda sudah mulai bingung bagaimana mendapatkan ide-ide baru di dalam pekerjaan. Apa saja caranya?

5 Cara Meningkatkan Kreativitas dengan Optimal

Total ada lima cara untuk meningkatkan kreativitas Anda dengan optimal. Jika Anda memang tipe orang yang cukup sering kehabisan ide, cara-cara di bawah ini bisa Anda coba.

1.   Mencoba Metode Kreatif

Metode kreatif menjadi salah satu cara yang cukup menarik untuk Anda coba. Ada beberapa metode yang mampu meningkatkan kreativitas. Selain itu juga bisa menimbulkan perspektif dan ide baru. Metode kreatif yang bisa dicoba, seperti mind map, brainstorming, six hats, hingga snowball. Anda bisa memilih salah satu dari metode itu agar pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dengan hasil baik.

2.   Mendengarkan Suara Latar

Mendengarkan musik memang selalu menjadi salah satu cara meningkatkan kreativitas. Namun tidak hanya musik dalam bentuk lagu saja, Anda juga boleh mencoba mendengarkan suara latar.

Suara latar yang dimaksud ini meliputi suara hujan, deburan ombak, dan kicauan burung. Bisa dibilang, beberapa suara latar itu cukup mampu menenangkan hati dan pikiran agar lebih mudah dalam menemukan ide-ide kreatif. Anda dapat mencari suara latar yang diinginkan melalui YouTube atau layanan streaming musik.

3.   Berjalan Kaki

Mengingat pandemi masih berjalan, banyak orang yang semakin merasa jenuh untuk bekerja di rumah. Pekerjaan menjadi sulit untuk selesai karena Anda tidak mampu mendapatkan ide-ide menarik. Kalau sudah begini, cobalah untuk berjalan kaki.

Ya, benar sekali. Banyak ide yang dapat ditemukan ketika Anda berjalan kaki dibandingkan hanya berpikir sambil duduk saja. Aktivitas jalan kaki ini sendiri terhitung sebagai bagian olahraga. Anda bisa berjalan kaki mengelilingi komplek perumahan pada waktu pagi atau sore hari. Pemandangan yang dilihat juga mampu memicu kreativitas. Aktivitas ini memang menarik untuk Anda coba.

4.   Membaca

Selain mendengarkan lagu dan suara latar, aktivitas lain yang dapat meningkatkan kreativitas adalah membaca. Mungkin Anda bukan tipe orang yang suka membaca. Namun cobalah untuk menghilangkan rasa tidak suka terhadap membaca demi mendapatkan kreativitas.

Ada beberapa opsi media yang dapat Anda baca, seperti novel, majalah, atau komik. Buku self improvement juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat memahami bagaimana pengembangan diri sendiri dan problem solving dalam hidup, termasuk kehabisan ide seperti sekarang.

5.   Mencari Hobi Baru

Anda merasa kehidupan hanya begini saja sehingga merasa mumet dan bingung mencari ide kreatif baru? Berarti sudah waktunya Anda memiliki hobi baru.

Melakukan hobi baru menjadi salah satu jalan keluar untuk mendapatkan ide-ide segar. Coba perhatikan keluarga atau teman sekitar Anda, apakah mereka punya hobi yang bisa diikuti juga. Jika ada, coba untuk mengikuti salah satunya. Dari menjalankan hobi baru, Anda bisa lebih rileks dalam bekerja sehingga kreativitas untuk ide kreatif dapat lebih mudah diberikan.

Dengan mengikuti beberapa cara meningkatan kreativitas di atas, Anda bisa lebih produktif lagi di dunia pekerjaan. Pluxee juga memiliki solusi yang dapat Anda rasakan dengan Pluxee eVoucher. Produk ini dirancang untuk menjadi voucher reward kepada para karyawan di perusahaan Anda setelah mereka bekerja secara optimal. Yuk, kunjungi Pluxee untuk mendapatkan produk ini sekarang juga!