asuransi-tenaga-kerja

Mengenal Asuransi Tenaga Kerja dan Manfaatnya Bagi Karyawan

Juni 27, 2023

Sudah menjadi tanggung jawab bagi pengusaha untuk menjamin kesejahteraan karyawannya selama di tempat kerja. Salah satu cara untuk mengimplementasikan kesejahteraan karyawan adalah menyediakan asuransi tenaga kerja.

Di Indonesia, sudah banyak produk asuransi yang disediakan untuk para pekerja di Indonesia. Pengusaha hanya perlu mempertimbangkan produk asuransi terbaik untuk disediakan kepada karyawannya. Pertanyaannya, mengapa asuransi tenaga kerja perlu disediakan di lingkungan kerja? Temukan penjelasan mengenai manfaat asuransi tenaga kerja dalam bacaan berikut ini.

Mengenal Asuransi Tenaga Kerja

Asuransi tenaga kerja adalah bentuk perlindungan yang diberikan oleh perusahaan sebagai pemberi kerja kepada karyawan. Kini, asuransi tenaga kerja tidak hanya tersedia untuk karyawan tetap. Perusahaan bisa menyediakan asuransi tenaga kerja kepada karyawan kontrak, pekerja paruh waktu (part-time), pekerja lepas (freelancer), dan pekerja yang bekerja di sektor non-formal.

Artinya, asuransi tenaga kerja bisa diberikan kepada pengemudi ojek online atau taksi online sebagai bentuk proteksi finansial karena bekerja di lingkungan kerja yang berisiko. Selain itu, ada upaya yang sedang dilakukan untuk meluaskan cakupan asuransi tenaga kerja bagi profesi lain seperti pedagang, peternak, dan nelayan, yang juga merupakan bagian penting dari tenaga kerja di Indonesia.

Salah satu keuntungan utama dari asuransi tenaga kerja adalah premi yang terjangkau. Premi yang relatif murah ini memungkinkan akses yang lebih luas bahkan bagi pekerja informal untuk mendapatkan perlindungan yang dibutuhkan tanpa membebani keuangan secara signifikan.

Selain itu, asuransi tenaga kerja juga memberikan akses perlindungan terhadap risiko kecelakaan kerja, pemulihan medis, jaminan hari tua, dan santunan kematian. Pekerja mendapatkan perlindungan komprehensif sehingga bisa memperoleh manfaat berupa uang pertanggungan ketika sudah pensiun

Manfaat Asuransi Tenaga Kerja

Manfaat dari asuransi tenaga kerja tidak terbatas pada keuntungan yang disebutkan di atas. Justru ada beberapa manfaat asuransi tenaga kerja yang berdampak pada kesejahteraan karyawan di tempat kerja. Apa saja? Lihat penjelasan berikut ini.

1. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Asuransi tenaga kerja berperan dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan. Dalam situasi yang tidak terduga, seperti kecelakaan kerja atau penyakit yang terkait dengan pekerjaan, asuransi ini memberikan perlindungan finansial yang dapat membantu mengatasi biaya perawatan medis. Karyawan akan merasa lebih aman dan tenang serta memiliki kepastian akan adanya dukungan finansial saat dibutuhkan jika memiliki asuransi ini.

2. Mendorong Motivasi dan Produktivitas Kerja

Keberadaan asuransi tenaga kerja juga mendorong motivasi dan produktivitas kerja. Karyawan yang merasa terlindungi dan diperhatikan oleh perusahaan cenderung lebih bersemangat dan termotivasi dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Mereka lebih fokus pada pekerjaan tanpa perlu khawatir mengenai risiko kecelakaan atau cedera yang mungkin terjadi.

3. Memberikan Perlindungan Terhadap Karyawan

Salah satu manfaat utama dari asuransi tenaga kerja adalah memberikan perlindungan terhadap karyawan. Melalui program ini, karyawan bisa memperoleh manfaat perlindungan seperti santunan kecelakaan kerja dan santunan kematian. Jika terjadi kecelakaan kerja atau karyawan meninggal dunia akibat pekerjaan, asuransi ini memberikan jaminan keuangan kepada karyawan atau ahli warisnya. Perlindungan ini membantu meringankan beban finansial yang mungkin timbul akibat kejadian yang tidak diinginkan tersebut.

4. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Asuransi tenaga kerja juga berkontribusi dalam meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Ketika perusahaan memberikan perlindungan yang baik terhadap kesejahteraan karyawan, karyawan cenderung merasa dihargai dan diperhatikan. Hal ini dapat membangun ikatan emosional yang kuat antara karyawan dan perusahaan sehingga meningkatkan loyalitas terhadap perusahaan. Karyawan yang loyal cenderung lebih berkomitmen dan memiliki keinginan untuk tetap berkontribusi secara positif dalam jangka panjang.

5. Meningkatkan Kualitas Kerja

Karyawan merasa lebih aman dan fokus pada pekerjaan mereka dengan memiliki asuransi tenaga kerja. Mereka tidak perlu khawatir tentang risiko kecelakaan kerja atau ketidakpastian finansial jika terjadi kejadian yang tidak diharapkan. Dalam kondisi yang lebih stabil dan terlindungi, karyawan dapat mengarahkan energi dan waktu mereka untuk meningkatkan kualitas kerja sehingga berdampak positif pada efisiensi, kreativitas, dan hasil pekerjaannya.

6. Citra Perusahaan Makin Positif

Kehadiran asuransi tenaga kerja juga berkontribusi pada citra perusahaan yang lebih positif di mata karyawan. Pengusaha yang peduli terhadap kesejahteraan karyawan dan memberikan perlindungan melalui asuransi tenaga kerja dianggap sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dan peduli terhadap karyawan. Hal ini dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan membuat perusahaan menjadi tempat yang lebih diminati oleh calon karyawan.

7. Reputasi Perusahaan Bertambah

Komitmen perusahaan dalam menyediakan asuransi tenaga kerja kepada karyawan juga dapat memperkuat reputasi perusahaan di mata publik. Perusahaan yang menunjukkan kepedulian terhadap karyawan dengan memberikan perlindungan dan jaminan finansial dianggap sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan keberlanjutan. Perusahaan pun memperoleh apresiasi dan dukungan dari masyarakat serta memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri yang bertanggung jawab.

8. Memudahkan Pengelolaan Anggaran Perusahaan

Perusahaan memang perlu mengalokasikan dana untuk membayar premi asuransi tenaga kerja. Namun, manfaat jangka panjang yang diperoleh berguna dalam memudahkan pengelolaan anggaran perusahaan. Dalam kasus terjadi kecelakaan atau kejadian yang memerlukan biaya perawatan medis, perusahaan tidak perlu mengeluarkan dana yang besar secara mendadak. Mereka hanya perlu mengajukan klaim asuransi tenaga kerja untuk menangani biaya tersebut. Alhasil, stabilitas keuangan perusahaan tetap terjaga sehingga terhindar dari risiko yang dapat mengganggu keberlangsungan operasional.

Besar sekali manfaat asuransi tenaga kerja bagi karyawan dan perusahaan, bukan? Oleh karena itu, tidak ada salahnya menyediakan asuransi tenaga kerja sebagai salah satu paket kompensasi yang ditawarkan kepada karyawan Anda.

Tentunya Anda mempertimbangkan jumlah insentif yang ingin diberikan setelah menyediakan asuransi tenaga kerja untuk meningkatkan semangat kerja karyawan. Solusinya, berikan saja Pluxee Gift yang bisa digunakan di lebih dari 680 merchants dan 23.900 outlets. Pluxee juga memiliki layanan kustomisasi sehingga Anda bisa menentukan jumlah nominal voucher belanja yang ingin diberikan kepada karyawan. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai voucher belanja terbaik dari Pluxee!