5-Manfaat-Menjaga-Kesehatan-Lingkungan-Kerja-di-Perusahaan-Anda

5 Manfaat Menjaga Kesehatan Lingkungan Kerja di Perusahaan Anda

November 28, 2019

Keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja adalah sebuah kondisi di mana lingkungan kerja Anda secara fisik, terlihat bersih dan nyaman. Tidak ada sampah, debu, kotoran, serangga, dan lain-lain. Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang terkontrol dengan baik, akan berdampak positif bagi karyawan dan perusahaan.

Ketika karyawan bekerja di lingkungan kerja yang sehat, maka ia akan mampu bekerja secara optimal dan maksimal. Berbeda ketika kesehatan lingkungan kerja tidak terjaga, di mana virus, kuman, dan bakteri berkembang dengan bebas sehingga menghasilkan penyakit.

Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini mengenai manfaat menjaga kesehatan lingkungan kerja bagi karyawan dan perusahaan!

1. Menjauhkan Penyakit

Salah satu alasan utama mengapa sangat penting untuk menjaga keselamatan dan kesehatan kerja adalah untuk menghindari penyakit akibat lingkungan kerja yang tidak terawat dengan baik. Seperti yang sudah kita semua ketahui bahwa kuman, virus, dan bakteri lebih mudah berkembang di lingkungan yang kumuh dan kotor.

Jika lingkungan kerja Anda tidak terawat dan tidak terjaga kebersihannya dengan baik, maka beragam jenis penyakit bisa dengan mudah muncul dan menyerang kita semua. Masalah kesehatan seperti penyakit diare, flu, alergi, masalah pernapasan, serta penyakit lain akan mudah datang dan mengancam kesehatan Anda jika tidak ada sistem kebersihan yang jelas di lingkungan kerja.

Hal ini tentu saja akan membuat Anda dan karyawan lain merasa tidak nyaman jika harus bekerja dalam waktu yang lama di lingkungan kerja yang tidak sehat. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal buruk pada kesehatan karyawan, perusahaan hendaknya memiliki sistem kebersihan yang jelas sehingga lingkungan kerja tetap bersih setiap harinya.

2. Meningkatkan Produktivitas

Sudah pasti Anda merasa lebih produktif dan semangat ketika bekerja di tempat yang bersih dan nyaman. Sebaliknya, Anda tidak akan betah berlama-lama bekerja di tempat yang kotor. Oleh karena itu penting menjaga kesehatan lingkungan kerja demi produktivitas. Ketika lingkungan kerja Anda bersih, tidak ada debu maupun kotoran, dan semuanya tertata rapi, ide kreatif cenderung lebih mudah muncul. Berbeda ketika tempat Anda tidak terjaga dan terawat, hanya akan ada rasa sumpek dan penat selama bekerja.

3. Menjaga Sistem Kerja Tetap Efisien dan Efektif

Di samping dua alasan menjaga kesehatan karyawan dan produktivitas, menjaga kesehatan lingkungan kerja penting untuk menjaga sistem kerja tetap efisien dan efektif. Ketika perusahaan memiliki lingkungan kerja yang sehat secara fisik maka sistem kerja yang sudah ditetapkan akan mudah dijalankan. Hal yang sama tidak akan terjadi ketika kondisi lingkungan kerja tidak terawat dan kumuh.

Contoh mudahnya, perusahaan besar seperti Google menyediakan banyak fasilitas di lingkungan kerja untuk karyawannya. Fasilitas ini sudah seharusnya dijaga, dibersihkan, dan dirawat kesehatannya agar fungsi utamanya bisa berjalan. Bagaimana jika fasilitas kantor Google yang ditujukan untuk karyawan tidak dijaga kesehatannya? Tentu saja sistem kerja perusahaan tidak akan berjalan bagaimana semestinya.

4. Meningkatkan Mood

Keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja yang terjaga akan meningkatkan mood para karyawan. Bayangkan bagaimana jika Anda harus bekerja di tempat kumuh dan kotor yang sama sekali tidak baik bagi kesehatan. Apakah Anda merasa senang dan termotivasi? Apakah Anda akan tetap bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan? Tentu jawabannya tidak. Anda hanya akan merasa tertekan, suntuk, sumpek, dan stres. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kesehatan lingkungan kerja terjaga.

Membentuk Hubungan Kerja yang Baik

Di dalam lingkungan kerja yang sehat, hubungan antar rekan kerja dan atasan akan lebih mudah dilakukan. Komunikasi bisa berjalan lancar antar divisi dan posisi. Tidak terhalang oleh masalah kesehatan lingkungan kerja. Bayangkan bagaimana jika lingkungan kerja Anda tidak terjaga, jangankan bekerja, berkomunikasi dengan rekan kerja yang lain saja sudah enggan. Bahkan mungkin Anda malas pergi bekerja jika lingkungan kerja tidak sehat.

Dalam membentuk hubungan kerja yang baik antar rekan kerja ataupun bawahan, Anda tentunya membutuhkan alat motivasi yang tepat untuk dapat diberikan kepada mereka. Salah satu pilihan yang bisa Anda gunakan adalah Pluxee eVoucher. E-Voucher ini dapat diberikan sebagai salah satu bentuk hadiah dalam program motivasi di perusahaan Anda. Pengiriman voucher sangat praktis, karena bisa dilakukan melalui email. Nantinya, penerima voucher akan memiliki kebebasan untuk berbelanja di berbagai toko online dan gerai toko offline seluruh Indonesia. Total lebih dari 380 merchant dan 21.000 outlet yang menerima Pluxee eVoucher.

Ada banyak aspek dalam perusahaan yang terpengaruh oleh kesehatan lingkungan kerja. Mulai dari kesehatan karyawan, produktivitas, sistem kerja, hingga hal dasar seperti komunikasi. Mengingat ada banyak hal ini, sudah sepatutnya jika perusahaan menerapkan sistem yang jelas untuk menjaga kesehatan lingkungan kerja.