tujuan promosi

Inilah 6 Tujuan Promosi yang Wajib Dipahami Setiap Pebisnis

Januari 15, 2020

Sudah sering Anda dengar kata promosi dan berbagai penawaran menarik lainnya. Namun sebagai pebisnis, bagaimana cara Anda memandang promosi? Apakah tujuan promosi hanya untuk mengiklankan produk dan meningkatkan penjualan?

Mungkin saja ada banyak tujuan promosi lainnya yang sampai saat ini belum Anda ketahui. Oleh karena itu, wajib bagi seorang pebisnis seperti Anda mengetahui apa saja tujuan promosi untuk brand Anda. Simak selengkapnya di sini!

Pengertian Promosi

Ada banyak sekali pengertian maupun definisi promosi yang dijabarkan oleh berbagai ahli. Ada yang menyebut bahwa promosi adalah upaya membujuk orang agar menerima ide dan gagasan dari sebuah produk atau jasa yang ditawarkan. Ada juga yang beranggapan bahwa promosi adalah proses menginformasikan, memberi tahu, memengaruhi, dan membujuk pelanggan untuk membeli barang tertentu.

Untuk memahami lebih dalam, pada artikel ini juga akan mengulas beberapa gagasan para ahli mengenai promosi. Berikut pengertian-pengertiannya:

  • Menurut Philip Kotler, seorang pakar terkemuka di bidang pemasaran, promosi merupakan "aktivitas yang mengarahkan pesan kepada pasar target mengenai keunggulan produk atau layanan tertentu, dengan tujuan meningkatkan tingkat kesadaran, mempengaruhi persepsi, memancing minat, dan mendorong tindakan pembelian."
  • William J. Stanton, seorang ilmuwan yang terkenal di bidang pemasaran, mengartikan promosi sebagai "sejumlah kegiatan komunikasi yang dirancang untuk memengaruhi perilaku pasar target terhadap produk atau layanan, dengan tujuan mencapai tujuan pemasaran perusahaan."
  • Menurut Kotler dan Armstrong, promosi adalah "koordinasi berbagai alat komunikasi yang digunakan oleh organisasi untuk mencapai tujuan pemasaran, termasuk iklan, penjualan langsung, promosi penjualan, public relations, dan pemasaran langsung."

Dari semua definisi tentang promosi, sebenarnya bisa ditarik kesimpulan. Promosi adalah sebuah upaya untuk menginformasikan, menyebarluaskan, memengaruhi, menawarkan produk atau jasa, dan mengajak masyarakat untuk menjadi pelanggan sebuah produk dari sebuah brand. Tujuan promosi tentu saja untuk penjualan. Bisa dikatakan, tanpa promosi, suatu produk tidak akan pernah dikenal masyarakat luas.

Tujuan Promosi

  1. Mengubah sudut pandang dan tingkah laku pelanggan terhadap suatu barang atau produk. Pelanggan yang mulanya tidak tertarik untuk membeli suatu barang atau produk bisa jadi berubah pikiran dan ingin membeli produk setelah melihat promo yang ditawarkan.
  2. Membentuk citra produk atau brand di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan oleh penjual atau pemilik brand. Entah bagaimana pemilik brand melakukan branding untuk produknya, promosi akan sangat membantu tercapainya tujuan branding tersebut.
  3. Bersaing dengan kompetitor. Ini merupakan tujuan promosi yang paling utama yang paling sering dilakukan oleh sebuah brand. Ketika ada banyak pesaing untuk bisnis Anda, menawarkan promo akan membantu menjaga angka penjualan tetap stabil.
  4. Meningkatkan keuntungan. Jika tujuan promosi Anda tercapai dan branding yang dilakukan tercapai, bukan tidak mungkin Anda mampu menjaga penjualan tetap stabil. Ini juga sekaligus meningkatkan penjualan dan keuntungan. Dengan begitu Anda terbukti mampu bersaing dengan kompetitor.
  5. Menggaet calon konsumen baru. Bukan hanya untuk mengubah sudut pandang dan tingkah laku pelanggan lama terhadap produk Anda, tujuan promosi juga sekaligus untuk mendapatkan pelanggan baru. Dengan demikian, tujuan promosi ini pun juga untuk menjaga pelanggan yang sudah dimiliki untuk tetap setia dengan brand Anda, sekaligus menarik pelanggan baru.
  6. Menyebarkan informasi. Ini menjadi tujuan dasar dari promosi sebuah produk atau brand. Dengan melakukan promosi, Anda telah membagikan informasi bahwa ada brand atau produk di bidang tertentu. Dalam promosi tersebut, Anda memberikan penawaran menarik sehingga promosi berhasil. Tanpa promosi, mungkin tidak akan pernah ada orang yang mengenal Anda dan brand Anda.

Fungsi Promosi

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari promosi, berikutnya Anda perlu memahami fungsi melakukan promosi untuk bisnis. Berikut fungsi-fungsinya:

1. Meningkatkan Kesadaran Suatu Produk

Salah satu peran utama dari promosi adalah meningkatkan kesadaran mengenai produk atau layanan di antara target pasar. Dengan menyampaikan pesan-pesan yang relevan dan menarik, promosi membantu konsumen mengenali serta mengingat merek atau produk tertentu.

2. Mempengaruhi Persepsi Konsumen

Promosi memiliki kemampuan untuk mengubah atau memperkuat persepsi konsumen terhadap produk atau layanan. Dengan menyampaikan pesan-pesan dalam promosi, perusahaan bisa membentuk citra positif, menginformasikan keunggulan produk, serta membantu konsumen memahami manfaat yang diberikan.

3. Mendorong Pembelian dan Tindakan Konsumen

Salah satu tujuan utama dari promosi adalah mendorong konsumen untuk mengambil tindakan, seperti melakukan pembelian produk, mendaftar layanan, atau mengunjungi toko fisik atau online. Promosi penjualan yang efektif dapat merangsang dorongan emosional atau rasional yang membuat konsumen lebih cenderung untuk melakukan pembelian.

4. Memperkuat Hubungan Pelanggan

Promosi tidak hanya berfokus pada mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga berperan dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dengan menggunakan program promosi khusus bagi pelanggan setia, diskon berkala, atau insentif lainnya, perusahaan dapat memperkuat ikatan dan loyalitas pelanggan.

5. Mendukung Peluncuran Produk Baru

Ketika perusahaan meluncurkan produk atau jasanya yang baru, promosi berperan dalam memperkenalkan produk tersebut kepada pasar, memberikan informasi produk yang ditawarkan mengenai fitur dan manfaatnya, serta membangkitkan minat di kalangan konsumen.

6. Bertindak sebagai Alat Diferensiasi

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, promosi dapat membantu perusahaan membedakan diri dari pesaing. Melalui pesan kreatif dan unik, perusahaan dapat menyoroti elemen yang membedakan produk atau layanannya dari yang lain.

Jenis-jenis Promosi

Saat ini, telah banyak jenis atau metode strategi promosi produk yang dilakukan pebisnis untuk memasarkan produknya. Tentu saja hal ini meningkatkan persaingan promosi antar banyak brand karena tentunya setiap brand ingin dikenal dan dibeli produknya. Maka dari itu, sebagai pebisnis, Anda harus jeli dalam memilih metode promosi yang tepat untuk memasarkan barang.

Secara umum, ada tiga jenis promosi yang diketahui: promosi fisik, promosi melalui media tradisional, dan promosi melalui media digital. Promosi secara fisik dilakukan saat ada kegiatan promosi melalui event tertentu atau bazaar.  Di sini biasanya brand saling bersaing menawarkan produknya. Sementara itu, promosi melalui media tradisional bisa dilakukan dengan membuat iklan di media cetak (koran, tabloid, majalah, dan lainnya), media elektronik (televisi dan radio), dan media lain seperti banner dan billboard. Sedangkan jika Anda promosi melalui media digital, bisa melalui media sosial.

Di era yang serba digital seperti saat ini, sudah mudah bagi Anda untuk menemukan voucher diskon. Anda juga bisa memberikan voucher diskon untuk media promosi. Pluxee memiliki berbagai produk yang cocok digunakan dalam program promosi. Ada Pluxee Gift, Pluxee eVoucher, dan Pluxee Loyalty Program. Masing-masing memiliki benefit yang berbeda-beda juga. Untuk info lebih lanjut, kunjungi website Pluxee untuk melihat beragam voucher diskon menarik yang bisa digunakan untuk tujuan promosi!