Inilah 6 Tujuan Promosi yang Wajib Dipahami Setiap Pebisnis

Sudah sering Anda dengar kata promosi dan berbagai penawaran menarik lainnya. Namun sebagai pebisnis, bagaimana cara Anda memandang promosi? Apakah tujuan promosi hanya untuk mengiklankan produk dan meningkatkan penjualan? Mungkin saja ada banyak tujuan promosi lainnya yang sampai saat ini belum Anda ketahui. Oleh karena itu, wajib bagi seorang pebisnis seperti Anda mengetahui apa saja tujuan promosi untuk brand Anda. Simak selengkapnya di sini!

Pengertian Promosi

Ada banyak sekali pengertian maupun definisi promosi yang dijabarkan oleh berbagai ahli. Ada yang menyebut bahwa promosi adalah upaya membujuk orang agar menerima ide dan gagasan dari sebuah produk. Ada juga yang beranggapan bahwa promosi adalah proses menginformasikan, memberi tahu, memengaruhi, dan membujuk pelanggan untuk membeli barang tertentu.

Dari semua definisi tentang promosi, sebenarnya bisa ditarik kesimpulan. Promosi adalah sebuah upaya untuk menginformasikan, menyebarluaskan, memengaruhi, menawarkan, dan mengajak masyarakat untuk menjadi pelanggan sebuah produk dari sebuah brand. Tujuan promosi tentu saja untuk penjualan. Bisa dikatakan, tanpa promosi, suatu produk tidak akan pernah dikenal masyarakat luas.

Tujuan Promosi

  1. Mengubah sudut pandang dan tingkah laku pelanggan terhadap suatu barang atau produk. Pelanggan yang mulanya tidak tertarik untuk membeli suatu barang atau produk bisa jadi berubah pikiran dan ingin membeli produk setelah melihat promo yang ditawarkan.
  2. Membentuk citra produk atau brand di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan oleh penjual atau pemilik brand. Entah bagaimana pemilik brand melakukan branding untuk produknya, promosi akan sangat membantu tercapainya tujuan branding tersebut.
  3. Bersaing dengan kompetitor. Ini merupakan tujuan promosi yang paling utama yang paling sering dilakukan oleh sebuah brand. Ketika ada banyak pesaing untuk bisnis Anda, menawarkan promo akan membantu menjaga angka penjualan tetap stabil.
  4. Meningkatkan keuntungan. Jika tujuan promosi Anda tercapai dan branding yang dilakukan tercapai, bukan tidak mungkin Anda mampu menjaga penjualan tetap stabil. Ini juga sekaligus meningkatkan penjualan dan keuntungan. Dengan begitu Anda terbukti mampu bersaing dengan kompetitor.
  5. Menggaet calon konsumen baru. Bukan hanya untuk mengubah sudut pandang dan tingkah laku pelanggan lama terhadap produk Anda, tujuan promosi juga sekaligus untuk mendapatkan pelanggan baru. Dengan demikian, tujuan promosi ini pun juga untuk menjaga pelanggan yang sudah dimiliki untuk tetap setia dengan brand Anda, sekaligus menarik pelanggan baru.
  6. Menyebarkan informasi. Ini menjadi tujuan dasar dari promosi sebuah produk atau brand. Dengan melakukan promosi, Anda telah membagikan informasi bahwa ada brand atau produk di bidang tertentu. Dalam promosi tersebut, Anda memberikan penawaran menarik sehingga promosi berhasil. Tanpa promosi, mungkin tidak akan pernah ada orang yang mengenal Anda dan brand Anda.

Jenis Promosi

Saat ini, telah banyak jenis dan metode promosi yang dilakukan pebisnis untuk memasarkan produknya. Tentu saja hal ini meningkatkan persaingan promosi antar banyak brand karena tentunya setiap brand ingin dikenal dan dibeli produknya. Maka dari itu, sebagai pebisnis, Anda harus jeli dalam memilih metode promosi yang tepat untuk memasarkan barang.

Secara umum, ada tiga jenis promosi yang diketahui: promosi fisik, promosi melalui media tradisional, dan promosi melalui media digital. Promosi secara fisik dilakukan saat ada event tertentu atau bazaar.  Di sini biasanya brand saling bersaing menawarkan produknya. Sementara itu, promosi melalui media tradisional bisa dilakukan dengan membuat iklan di media cetak (koran, tabloid, majalah, dan lainnya), media elektronik (televisi dan radio), dan media lain seperti banner dan billboard. Sedangkan jika Anda promosi melalui media digital, bisa melalui sosial media.

 

Di era yang serba digital seperti saat ini, sudah mudah bagi Anda untuk menemukan voucher diskon. Anda juga bisa memberikan voucher diskon untuk media promosi. Sodexo Benefits and Rewards Indonesia memiliki berbagai produk yang cocok digunakan dalam program promosi. Ada Sodexo Gift Pass, Sodexo ePass, Sodexo Reward Pass, Sodexo Food Pass, Sodexo Discount Pass, dan Sodexo Loyalty Program. Masing-masing memiliki benefit yang berbeda-beda juga. Untuk info lebih lanjut, kunjungi website Sodexo untuk melihat beragam voucher diskon menarik yang bisa digunakan untuk tujuan promosi!

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×