Manajemen Sumber Daya Manusia Adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Tujuannya

©wikimedia

Manajemen sumber daya manusia adalah salah satu divisi penting yang ada di dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Biasanya manajemen sumber daya manusia disebut juga sebagai divisi HR (Human Resources). Divisi manajemen sumber daya manusia (SDM) ini mengurus berbagai hal dalam perusahaan atau organisasi yang terkait dengan urusan sumber daya manusia agar semua dapat berjalan dengan baik dan lancar. Namun sebenarnya jika dilihat lebih dalam lagi, ada tujuan manajemen sumber daya manusia yang lebih penting beserta pengertiannya. Simak informasi selengkapnya di bawah ini bersama Sodexo.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Setidaknya terdapat berbagai macam pengertian fungsi manajemen sumber daya manusia (SDM) yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut ini adalah beberapa di antaranya yang dapat Anda simak:

  • Seni untuk mencapai tujuan organisasi melalui pengaturan orang lain untuk melaksanakan berbagai tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan. (Mary Parker Follett)
  • Ilmu yang mengatur peran hubungan dan peranan sumber daya manusia agar efektif dan efisien dalam membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, serta masyarakat. (Malayu S.P. Hasibuan)
  • Barisan proses yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan terkait dengan pengadaan, pengembangan, evaluasi pekerjaan, kompensasi, analisis pekerjaan, promosi dan pemutusan hubungan kerja untuk mencapai tujuan yang telah diputuskan. (Mutiara S. Panggabean)

Baca Juga: 5 Perbedaan Manajer dan Leader yang Perlu Dipahami

Dari tiga pengertian yang telah dijelaskan di atas mengenai manajemen sumber daya manusia, bisa ditarik kesimpulan bahwa manajemen sumber daya manusia bekerja dengan cara mengatur orang lain, yakni karyawan, untuk dapat bekerja demi mencapai target perusahaan.

Apa Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia?

Tugas dan tanggung jawab dari Manajemen SDM adalah untuk mengelola sumber daya manusia dengan cara yang efektif, supaya dapat memperoleh sebuah kesatuan sumber daya manusia yang saling memberi manfaat. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian dari manajemen umum yang memfokuskan pada tenaga kerja yang menjadi sumber daya di sebuah perusahaan atau organisasi.

Pada prinsipnya, fungsi manajemen SDM mencakup beberapa aktivitas yang secara signifikan memengaruhi keseluruhan area kerja sebuah perusahaan. Manajemen SDM sendiri terdiri atas perencanaan, pengangkatan, pemberhentian tenaga kerja, penilaian tenaga kerja, pengupahan tunjangan tenaga kerja, penghargaan dan pengembangan karier, keselamatan dan kesehatan kerja, kepemimpinan, pelatihan dan pengembangan, serta produktivitas tenaga kerja. Berikut ini adalah fungsi-fungsi manajemen SDM yang bisa Anda simak:

1. Perencanaan Sumber Daya Manusia

Perencanaan sumber daya manusia merupakan sebuah proses pengkajian dan penelusuran kebutuhan sumber daya manusia dengan cara yang sistematis dengan tujuan untuk memastikan bahwa sejumlah karyawan yang dibutuhkan dapat sesuai dengan persyaratan keahlian yang telah ditentukan dan tersedia pada saat diperlukan. Fungsi dari perencanaan SDM ini meliputi beberapa kegiatan, di antaranya:

  1. Analisis jabatan di dalam perusahaan untuk menentukan tugas dan tanggung jawab, tujuan, keahlian, dan pengetahuan serta kemampuan tenaga kerja yang dibutuhkan.
  2. Perencanaan dan peramalan permintaan tenaga kerja, baik dalam jangka pendek atau jangka panjang.
  3. Mengembangkan dan mengimplementasikan rencana untuk memenuhi kedua kebutuhan yang sudah disebutkan di atas.

Kegiatan perencanaan kualitas dan kuantitas dari SDM ini menjadi langkah awal yang memiliki tujuan untuk membantu mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan.

2. Pengangkatan dan Pemberhentian Karyawan

Setelah melakukan perencanaan sumber daya manusia (SDM), fungsi selanjutnya adalah melakukan pengangkatan atau pemberhentian tenaga kerja perusahaan. Pada proses ini, kegiatan pengisian formasi seperti merekrut karyawan, screening, dan melakukan seleksi kepada calon tenaga kerja menjadi tanggung jawab dari Manajemen sumber daya manusia (MSDM).

Fungsi manajemen sumber daya manusia (MSDM) semakin rumit karena berbagai peraturan untuk memberikan peluang yang sama untuk seluruh lapisan masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan, serta semakin kompleksnya formasi jabatan yang akan diisi oleh calon tenaga kerja. Proses pengangkatan dan pemberhentian tenaga kerja ini meliputi:

  1. Recruitment calon pelamar pekerjaan.
  2. Seleksi calon pekerja atau karyawan yang sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan perusahaan.
  3. Mengadakan proses pemutusan hubungan kerja dengan baik kepada karyawan.

Baca Juga: 7 Faktor Keberhasilan Pengelolaan Sumber Daya Manusia

3. Pengupahan Tunjangan

Upah karyawan akan dikatakan berhasil jika sistem kerja dan pengupahan karyawan didasarkan pada keadilan dan kewajaran. Pada dasarnya upah mencakup keseluruhan aspek penghargaan, seperti penghargaan yang diterima karyawan sebagai hasil dari pekerjaan yang dilakukan selama ini. Aspek penghargaan dapat berupa salah satu atau gabungan dari upah, tunjangan, atau penghargaan non finansial.

4. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karier

Fungsi manajemen sumber daya selanjutnya adalah penilaian kinerja dan pengembangan karier. Fungsi ini dilakukan setelah karyawan telah bekerja selama kurun waktu tertentu di sebuah perusahaan. Penilaian kinerja tidak hanya mencakup penilaian positif, namun perusahaan juga akan menganalisis aspek lain, apabila kinerja karyawan termasuk ke dalam kinerja negatif. Fungsi penilaian kerja ini meliputi:

  1. Penilaian dan evaluasi kinerja karyawan atau pegawai.
  2. Analisis serta pemberian dorongan kinerja karyawan atau pegawai.
  3. Pemberian bantuan untuk karyawan atau pegawai dalam rangka pengembangan karier.

Penilaian kinerja ini memiliki fungsi untuk menentukan seberapa pantas penghargaan yang akan diterima oleh karyawan atas kinerjanya, sehingga nantinya dapat digunakan untuk menjadi acuan pengembangan karier terhadap perusahaan.

5. Pelatihan dan Pengembangan

Organisasi atau perusahaan dapat melatih karyawan dan mengembangkan karier melalui prosedur formal atau informal yang ada di perusahaan. Pada proses ini, manajemen sumber daya manusia yang ada di sebuah organisasi atau perusahaan dapat memberikan pelatihan dan pengembangan untuk karyawan, seperti memberikan pelatihan, kursus, workshop, dan mengkoordinir peluang-peluang di perusahaan dengan perencanaan karier karyawan.

6. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Untuk meningkatkan kinerja karyawan, tentunya perusahaan harus melakukan proses integrasi yang menyangkut dengan beberapa kepentingan yang memadai. Hal ini bertujuan untuk menciptakan peningkatan produktivitas dan perbaikan kualitas fisik serta nonfisik di lingkungan kerja. Berikut ini adalah beberapa aspek dari fungsi keselamatan dan kesehatan kerja karyawan

  1. Perancangan dan penerapan manajemen keselamatan serta Kesehatan kerja.
  2. Penerapan program-program motivasi karyawan atau pegawai.
  3. Penyusunan strategi mengatasi konflik perusahaan
  4. Perhitungan tingkat produktivitas perusahaan.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia di dalam perusahaan memiliki tujuan yang penting. Mereka harus mengatur pengadaan, pemeliharaan, memberikan kompensasi, hingga pengembangan tenaga kerja. Selain itu masih ada beberapa hal lainnya terkait ketenagakerjaan yang perlu dilakukan oleh manajemen sumber daya manusia.

Secara garis besar, Barry Cushway telah menjelaskan beberapa tujuan dasar dari manajemen sumber daya manusia pada bukunya yang berjudul “Human Resource Management” (1996). Di buku tersebut, Barry menjelaskan tujuan dari manajemen sumber daya manusia, yaitu:

  1. Mendorong setiap individu di dalam perusahaan memiliki motivasi kerja yang tinggi dan terus konsisten.
  2. Mendukung perusahaan dalam mencapai tujuan. Namun tetap menjalankan tanggung jawab sebagai manajemen sumber daya manusia dengan memikirkan sekaligus memperhatikan dampak prosedur serta kebijakan yang dibuat bagi para karyawan.
  3. Menyiapkan solusi untuk hal-hal yang terduga dan tidak terduga. Hal ini membuat perusahaan lebih siap dalam menghadapi masalah dan tantangan pada waktu mendatang.
  4. Mengomunikasikan pesan dari karyawan ke perusahaan, begitu juga sebaliknya. Dengan begitu, manajemen sumber daya manusia harus menjadi perantara komunikasi yang baik di antara kedua belah pihak.
  5. Merekrut sumber daya manusia yang berkualitas sesuai kebutuhan perusahaan. Selain itu juga memastikan sumber daya manusia yang bergabung ke dalam perusahaan dapat menciptakan kondisi terbaik.

Jadi itulah penjelasan tentang pengertian dan tujuan manajemen sumber daya manusia. Peran manajemen sumber daya manusia di dalam perusahaan memang sangat penting. Tanpa adanya manajemen ini, maka operasional perusahaan tidak dapat berjalan dengan optimal.

Baca Juga: Resolusi Antiwacana yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2022

Memahami semua kebutuhan setiap karyawan di dalam perusahaan memang tidak mudah. Namun dari pihak perusahaan dapat memberikan reward kepada karyawan yang mampu mencapai target di dalam pekerjaannya. Sodexo Gift Pass menjadi reward yang tepat bagi karyawan karena memiliki jaringan merchant yang luas.

Saat ini Sodexo Gift Pass dapat digunakan di lebih dari 600 merchants dan 23.300 outlets. Selain itu ada berbagai pilihan jasa serta produk yang bisa dipilih sesuai keinginan. Jika tertarik dengan Sodexo Gift Pass untuk reward bagi karyawan Anda, klik di sini sekarang juga!

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email