8 Tips Membangun Komunikasi yang Sehat di Tempat Kerja

Di tempat kerja, komunikasi memainkan peran kunci dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Tanpa adanya komunikasi, pekerjaan tidak dapat tersampaikan dengan baik, struktur kerja perusahaan menjadi berantakan, dan memicu banyak masalah antar karyawan, atau bahkan antara atasan dengan karyawan. Apalagi di tengah situasi pandemik seperti saat ini yang mengharuskan para karyawan untuk WFH (Work from Home) atau kerja dari rumah. Semua bentuk komunikasi menjadi virtual dan memicu terjadinya miskomunikasi atau kesalahpahaman.

Lalu, bagaimana cara untuk membangun komunikasi yang sehat di tempat kerja?

Membangun Komunikasi di Tempat Kerja

Komunikasi dapat terjadi ketika Anda mempunyai lawan bicara. Di tempat kerja, yang menjadi lawan bicara Anda adalah rekan kerja dan atasan yang selalu Anda jumpai setiap hari. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk dapat membangun komunikasi yang sehat di tempat kerja agar proses kerja antar anggota tim menjadi lebih lancar. Berikut ini 5 tips membangun komunikasi yang sehat di tempat kerja.

1. Membuat Forum Diskusi

Diskusi merupakan salah satu bentuk berkomunikasi di tempat kerja yang umum dilakukan. Anda bisa saling bertukar pikiran dalam mencari sebuah solusi atas penyelesaian sebuah proyek. Dengan adanya diskusi, kerja sama di dalam tim menjadi lebih solid serta terjalinnya ikatan rekan kerja yang kuat. Diskusi juga dapat menyatukan perbedaan pendapat menjadi sebuah brainstorm ide yang unik dan inovatif.

2. Menghindari Konflik

Konflik merupakan hal yang lumrah di dunia kerja. Kehadiran konflik dapat membuat situasi bekerja menjadi canggung dan tidak nyaman. Hal tersebut dapat terjadi apabila timbulnya kesalahpahaman ataupun kesalahan dalam pengucapan kata yang dapat menyinggung orang lain. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah konflik dengan membangun komunikasi yang positif, jelas, dan mudah dipahami. Perhatikan juga cara penyampaian kalimat yang akan Anda sampaikan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

3. Terbuka terhadap Feedback

Perusahaan merupakan tempat untuk Anda tumbuh dan mengembangkan skill yang Anda punya, baik itu soft skill maupun hard skill. Oleh karena itu, kritik dan saran dari orang-orang yang bekerja bersama Anda akan membantu Anda untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik saat menjalin komunikasi di tempat kerja.

4. Menjadi Pendengar yang Baik untuk Rekan Kerja

Komunikasi di tempat kerja tidak hanya berdasarkan apa yang ingin Anda sampaikan. Namun, Anda juga harus mendengarkan apa yang rekan atau atasan Anda ingin sampaikan. Kebanyakan orang lebih lebih suka untuk berbicara dan menyatakan apa yang ingin dia sampaikan, namun sedikit yang ingin mendengarkan orang lain. Oleh karena itu, Anda dapat membangun komunikasi yang sehat dengan mendengarkan orang lain sebagai bentuk perhatian Anda terhadap mereka.

5. Menciptakan Komunikasi yang Efektif

Komunikasi yang terlalu bertele-tele dan tidak tepat sasaran akan membuat tujuan yang Anda ingin sampaikan menjadi sulit dipahami dan dimengerti. Hindari cara berkomunikasi yang tidak efektif agar siapapun yang mendengar Anda akan menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan.

6. Mengkombinasikan Komunikasi Verbal dan Nonverbal

Membangun komunikasi di tempat kerja memang rasanya tidak semudah yang dibayangkan. Namun untuk membangun komunikasi di tempat kerja yang baik, seorang komunikator diharuskan untuk mampu menggabungkan kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal pada saat yang bersamaan. Gerakan nonverbal, seperti mengangguk, tersenyum, dan sikap duduk Anda ketika mendengarkan, sangat mendukung terwujudnya cara komunikasi yang efektif.

7. Mendengarkan dengan Aktif

Menjadi seorang komunikator untuk membangun suasana komunikasi di tempat kerja yang baik itu tidak melulu harus didengarkan. Sebaliknya, seorang komunikator juga harus bisa menjadi pendengan yang baik dan aktif. Anda harus bisa memahami segala jenis komunikasi yang ada di lingkungan kerja Anda. Menjadi pendengar yang aktif adalah sebuah proses komunikasi yang dapat membantu Anda dalam keseharian.

8. Memberikan Informasi yang Jelas

Untuk membangun komunikasi di tempat kerja yang baik, proses komunikasi biasanya melibatkan penyampaian informasi dari satu orang ke orang lain. Maka dari itu, Anda perlu belajar untuk dapat menyampaikan segala informasi dengan akurat dan jelas. Hal ini harus dilakukan agar Anda dapat meminimalisir dan terhindar dari kesalahpahaman yang akan berujung pada konflik antar rekan kerja.

Baca Juga: Manfaat Teamwork Bagi Keberhasilan Perusahaan

Komunikasi yang Sehat adalah Cara Menjalin Relasi di Kantor

Adanya komunikasi yang sehat dapat menumbuhkan ikatan dan relasi yang kuat di kantor Anda. Anda juga bisa memaksimalkan bahasa tubuh untuk mendukung komunikasi Anda agar penyampaian menjadi lebih jelas. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memberikan senyum kepada orang yang selalu Anda jumpai di kantor sebagai bentuk sikap yang ramah dan juga cara untuk membangun komunikasi yang sehat. Selamat berkomunikasi.

 

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email