7 Tips Interview Kerja bagi Para Fresh Graduate

©pixabay

Apakah Anda merupakan seorang fresh graduate yang sedang berada di fase pencarian kerja? Anda tentu akan membutuhkan tips interview kerja agar dapat menjawab berbagai pertanyaan sulit dari HRD di perusahaan yang akan dituju.

Interview kerja merupakan tahapan yang harus Anda lalui di dalam proses pencarian kerja. Perusahaan harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai latar belakang dan juga kemampuan apa yang Anda miliki.

Setiap perusahaan pasti hanya akan menerima orang-orang dengan kualifikasi yang baik. Oleh karenanya, Anda perlu melalui tahapan interview kerja dengan baik agar perusahaan mampu mengetahui seberapa tinggi kualifikasi yang dimiliki dan dengan demikian, Anda dapat diterima oleh perusahaan tersebut.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk dapat memenangkan hati HRD perusahaan ketika interview kerja nanti? Melalui artikel ini, Sodexo akan memberikan tipsnya hanya untuk Anda.

Tips Interview Kerja untuk Fresh Graduate

Berikut ini, kami sudah menyiapkan setidaknya 7 tips interview kerja bagi Anda yang merupakan seorang fresh graduate, yaitu:

1. Berpakaian dengan Rapi

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika Anda akan menghadiri interview kerja adalah cara berpakaian. Anda harus berpakaian dengan rapi dan menyesuaikan dengan aturan yang diberikan oleh perusahaan (bila ada).

Cara berpakaian Anda akan meninggalkan impresi pertama yang kuat. Maka dari itu, Anda harus meninggalkan impresi yang baik, khususnya dalam proses interview kerja.

Baca Juga: Inilah Pengaruh Reward terhadap Motivasi Kerja Karyawan

2.Menjawab Seluruh Pertanyaan dengan Percaya Diri

Di dalam interview kerja, Anda akan diberikan berbagai macam pertanyaan. Sebagai pihak pelamar pekerjaan, Anda harus mampu menjawab seluruh pertanyaan dengan tegas dan penuh rasa percaya diri.

Hindari menjawab pertanyaan dengan ragu-ragu karena tim penilai akan melihat Anda sebagai seorang yang kurang kompeten. Apabila Anda tidak yakin dengan jawaban yang diberikan, tambahkan kata maaf dan berikan alasan atau tanggapan atas pertanyaan yang telah diberikan.

3. Memberikan Jawaban Secara Lugas

Masih dalam poin pembahasan seputar menjawab pertanyaan, Anda perlu memberikan jawaban secara lugas. Maksud dari kata lugas ini adalah Anda harus mampu memberikan jawaban yang singkat, padat, dan jelas untuk setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh pihak penilai.

Baca Juga: Pentingnya Motivasi Semangat Kerja Di Perusahaan

4. Memahami Informasi Lengkap Perusahaan

Apa visi misi perusahaan yang Anda tuju? Produk apa saja yang dijual oleh perusahaan tersebut? Bagaimana perkembangan perusahaan selama beberapa periode terakhir?

Pertanyaan-pertanyaan di atas biasanya akan ditanyakan oleh tim HRD guna mengetahui seberapa kenal Anda dengan perusahaan mereka. Semakin Anda paham dan mengenali segala informasi terkait perusahaan tersebut, maka poin penilaian yang diberikan juga akan semakin lebih tinggi pula.

5. Memberikan Jawaban yang Jujur

Di dalam interview kerja, Anda dituntut untuk memberikan jawaban yang sejujur-jujurnya. Bahkan, ketika ada pertanyaan seputar apa kekurangan Anda, jawaban yang diberikan pun harus apa adanya.

Memang, Anda harus menampilkan sisi terbaik untuk memenangkan hati tim HRD perusahaan. Anda juga dituntut untuk dapat jujur dan menjadi diri sendiri apa adanya.

Tapi tenang saja, ada tips yang bisa Anda lakukan ketika harus memberikan jawaban yang mungkin kurang menarik minat HRD. Tips tersebut adalah dengan menjelaskan bahwa Anda akan terus belajar dan menunjukkan niat untuk berkembang selama bekerja di perusahaan tersebut.

6. Bersikap Aktif

Anda perlu bersikap aktif saat berada dalam suatu interview kerja. Maksud dari kata aktif ini adalah Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada tim HRD tentang segala hal yang menyangkut tentang perusahaan.

Proses interview kerja tidak bersifat 1 sisi saja yaitu dari tim HRD. Anda pun juga bisa memberikan pertanyaan dan bahkan hal ini dapat membuktikan seberapa tinggi antusiasme untuk bekerja di suatu perusahaan.

Baca Juga: Pentingnya Pengaruh Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan

7. Memastikan Koneksi Internet Berjalan Stabil

Saat ini, kita semua memasuki masa pandemi yang membuat sebagian besar aktivitas berjalan secara online, termasuk interview kerja. Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda untuk dapat memastikan koneksi internet berjalan stabil.

Jadi, itulah beberapa tips interview kerja yang dapat kami bagikan untuk Anda. Semoga Anda dapat melalui proses interview kerja dengan baik dan diterima di perusahaan yang dituju.

Jangan lupa untuk memberikan self reward kepada diri sendiri setelah Anda berhasil melalui proses interview dan diterima sebagai karyawan baru. Pemberian self reward dapat membuat Anda lebih termotivasi untuk mencapai goal pada masa yang akan mendatang.

Salah satu jenis self reward yang dapat Anda gunakan kapanpun, di manapun, dan untuk kebutuhan apapun adalah Sodexo Gift Pass yang merupakan produk voucher belanja dari Sodexo. Sodexo Gift Pass ini sudah dapat digunakan di lebih dari 560 merchant dan 23.300 outlet yang tersebar di Indonesia.

Anda dapat memesan voucher belanja Sodexo sekarang juga. Hubungi Sodexo untuk melakukan pemesanan Sodexo Gift Pass yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email