6 Ide untuk Menciptakan Suasana Kerja yang Menyenangkan

Suasana yang suntuk dan membosankan bisa menyerang karyawan di kantor tanpa mengenal waktu dan hal ini sangatlah wajar terjadi. Karyawan dihadapkan dengan kegiatan yang berulang kali setiap harinya dan bekerja di tempat yang sama.

Tak heran bila terkadang mereka merasa stuck dengan pekerjaan dan lingkungan kerja tersebut. Oleh karena itu, sebagai seorang atasan, Anda bisa membangun suasana kerja yang nyaman, kondusif, sekaligus menyenangkan untuk karyawan Anda agar produktivitas mereka dapat meningkat.

Ide untuk menciptakan suasana kerja yang menyenangkan

Berikut ini 6 ide menarik untuk menciptakan suasana kerja yang menyenangkan agar produktivitas karyawan meningkat.

1. Memiliki Ruang Santai

Setiap harinya selama 8 jam di kantor akan terasa tidak nyaman, apalagi hanya dihabiskan untuk duduk di depan komputer ataupun tumpukan kertas. Pinggang yang pegal, mata yang lelah, dan mood yang mulai turun akan menurunkan produktivitas kerja.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengajak seluruh karyawan untuk membantu Anda menggagas ide ruang santai seperti apa yang mereka inginkan. Dengan begitu, semangat kerja akan naik, karyawan juga akan semakin betah berlama-lama di kantor.

Baca Juga: Permainan Motivasi Karyawan yang Bisa Dimainkan di Dalam Ruangan

2. Pergi Berwisata

Buatlah kegiatan tahunan untuk pergi berwisata bersama dengan seluruh karyawan di kantor. Anda juga bisa membuat target untuk mereka. Apabila mereka berhasil mencapai target tersebut, Anda akan mengajak mereka berwisata ke destinasi yang mereka impikan.

Selain membuat kinerja mereka menjadi lebih produktif, semangat pun akan timbul untuk mencapai target perusahaan yang sudah Anda tentukan. Keuntungan perusahaan pun jadi meningkat, bukan?

3. Menghias Kantor

Menjumpai hal yang sama setiap harinya akan membuat siapapun merasa jenuh. Sedikit sentuhan perubahan dekorasi pada ruangan kantor akan membuat karyawan merasa nyaman saat bekerja. Anda bisa memberikan mereka kebebasan untuk menghias ruangan kantor tersebut dengan voucher hadiah Sodexo ePass atau Sodexo Gift Pass yang bisa mereka gunakan untuk membeli kebutuhan dekorasi.

4. Waktu Olahraga Bersama

Duduk selama delapan jam terus menerus sangatlah tidak baik untuk kesehatan, terutama bagi tubuh bagian belakang. Dengan menjadwalkan waktu olahraga bersama, pola hidup yang sehat di kantor akan terbentuk.

Olahraga juga dapat meningkatkan stamina dan mood saat bekerja. Alternatif olahraga yang bisa dipilih yaitu bulu tangkis, basket, futsal, ataupun berenang. Anda bisa menyewa sebuah lapangan untuk berolahraga bersama karyawan.

5. Membuat Acara Khusus

Membuat suatu acara khusus seperti makan pizza setiap hari jumat, karaoke di akhir minggu, dan beberapa aktivitas menarik lainnya dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja. Mereka mempunyai sebuah kegiatan yang ditunggu-tunggu setiap minggunya. Acara khusus ini sangat bagus untuk membuat suasana kerja menjadi santai sekaligus membangun keakraban antar rekan kerja.

6. Fellowship dengan Seluruh Rekan Kerja

Acara fellowship bulanan juga dapat meningkatkan hubungan kerja sama tim yang solid. Mereka dapat mengenal satu sama lain lebih dalam dan bahkan saling berbagi ide yang dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan mereka. Suasana kerja pun menjadi lebih nyaman untuk semua karyawan.

Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Menyenangkan adalah Kunci Meningkatnya Produktivitas

Lingkungan kerja menjadi komponen utama yang mendukung produktivitas kerja karyawan. Dengan memperbaiki lingkungan kerja menjadi lebih baik, tidak hanya karyawan yang merasa nyaman dan senang saat menyelesaikan pekerjaan mereka, tapi keuntungan pun akan masuk ke dalam perusahaan Anda. Selamat membangun lingkungan kerja yang menyenangkan!