strategi promosi

8 Strategi Promosi Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan

Februari 10, 2020

Promosi penjualan merupakan proses memberikan informasi, memberi pengaruh, dan mengingatkan target pasar akan jasa atau produk agar bisa diterima dan dibeli oleh pasar.

Promosi merupakan salah satu dari strategi pemasaran. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, strategi promosi penjualan memiliki tiga sifat yaitu komunikatif yang bertujuan memberi informasi dan menarik perhatian konsumen, insentif yang bertujuan untuk mempengaruhi pelanggan dengan nilai dan keistimewaan tertentu, dan mengundang agar pembelian terjadi saat atau setelah promosi dilakukan.

Klasifikasi Strategi Promosi

Strategi promosi penjualan memiliki klasifikasi dan dipisah menjadi 4 jenis klasifikasi dengan penjelasannya sebagai berikut.

  • Customer Promotion memiliki tujuan mengajak konsumen agar melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Trade Promotion memiliki tujuan untuk menitikberatkan distributor untuk menjualkan produk kembali perusahaan.
  • Sales-force Promotion merupakan langkah promo untuk memotivasi armada penjual perusahaan agar penjualan meningkat.
  • Business Promotion bertujuan untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga interaksi dan komunikasi ke pelanggan lama dan tetap agar penjualan lebih banyak.

Jenis-jenis Strategi Promosi

Strategi promosi penjualan memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan tujuan yaitu menargetkan pelanggan, memberi jawaban pelanggan, dan membentuk insentif pembelian. Tujuan yang berbeda tersebut akhirnya melahirkan kegiatan strategi promosi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

  • Periklanan (advertising) merupakan bentuk promo tidak langsung lewat berbagai media untuk mengajak konsumen untuk membeli produk.
  • Penjualan langsung (direct selling) merupakan langkah untuk mengenalkan produk secara langsung ke pembeli. Pada tahapan ini, pembeli bisa langsung merasakan dan memahami kegunaan dan cara pakai produk.
  • Publikasi (publication) merupakan langkah untuk mendorong permintaan yang berupa konten komersial melalui berbagai media.
  • Promosi penjualan (sales promotion) merupakan langkah untuk mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian produk melalui booth yang dibuka pada saat events tertentu.

Langkah-langkah Melakukan Strategi Promosi

Agar strategi promosi menjadi lebih maksimal, ada beberapa tahapan perencanaan promosi yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat strategi promosi secara efektif yang perlu diketahui:

1. Menentukan Target Pasar

Langkah pertama dalam melakukan promosi adalah menentukan STP (Segmentasi, Targeting, dan Positioning). Dengan cara ini, kita dapat menentukan target pasar dengan lebih jelas sehingga anggaran promosi dapat lebih efektif. Dengan mengetahui target pasar yang tepat, Anda dapat dengan mudah menentukan media promosi yang tepat dan efektif untuk digunakan.

2. Merencanakan Pesan yang Akan Disampaikan

Langkah berikutnya dalam perencanaan dan pelaksanaan promosi adalah merencanakan pesan yang akan disampaikan. Maka dari itu, Anda harus mampu menciptakan pesan yang membangun komunikasi dua arah dengan konsumen. Pesan yang dibuat harus memiliki daya tarik emosional, rasional, serta moral. Dengan membuat pesan yang menarik, konsumen yang tertarik akan menambah efektivitas promosi.

3. Memilih Media Promosi yang Efektif

Sesuaikanlah media promosi dengan target konsumen yang akan dituju agar lebih efektif. Meskipun media digital menjadi pilihan populer, tidak selalu harus mengikuti tren. Lebih baik fokus pada target market yang dituju dan pelajari perilaku mereka terlebih dahulu, lalu pilihlah media yang sesuai.

Terdapat dua jenis media yang dapat dipilih, yaitu media offline dan media online. Pilihan media yang tepat harus disesuaikan dengan target pasar serta budget yang tersedia.

4. Menentukan Durasi Promosi

Pemilihan durasi promosi merupakan bagian penting dari merencanakan strategi promosi yang efektif. Durasi yang dipilih harus dapat mempertimbangkan kesempatan bagi konsumen untuk mendapatkan manfaat dari program promosi yang ditawarkan.

Apabila durasi promosi terlalu singkat, hanya sedikit konsumen yang akan mampu memanfaatkan insentif yang diberikan. Namun, jika promosi dilakukan terlalu lama, maka daya tariknya akan menurun dan tidak dapat lagi memikat konsumen. Oleh karena itu, penting untuk memilih durasi promosi yang tepat agar bisa meningkatkan efektivitas program promosi tersebut.

5. Menentukan Anggaran Promosi

Perencanaan anggaran merupakan tahap penting dalam melakukan strategi promosi penjualan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berbagai biaya yang harus dikeluarkan dalam program promosi. Besaran anggaran dapat ditentukan berdasarkan beberapa faktor seperti insentif yang diberikan, durasi program promosi, media promosi yang digunakan, jangkauan distribusi, dan faktor lainnya yang mungkin tidak terduga.

Dengan melakukan perencanaan anggaran yang matang, diharapkan program promosi penjualan dapat berjalan secara efektif dan sebanding dengan semua biaya yang dikeluarkan. Hal ini akan membantu bisnis untuk memaksimalkan hasil dari program promosi dan meminimalisir risiko kerugian keuangan.

8 Contoh Strategi Promosi Produk

Marketing kreatif merupakan adalah salah satu strategi promosi yang bisa dilakukan untuk menjual produk. Marketing kreatif merupakan langkah untuk mempromosikan produk kepada konsumen dengan langkah yang berbasis digital dan tersebar di internet. Beberapa langkah untuk melakukan marketing kreatif adalah melalui 8 contoh strategi berikut ini. Simak ya!

1. Buatlah Website Brand

Memasarkan produk kali ini tidak lagi hanya melalui penjualan langsung lewat toko atau booth fisik dan hanya menjangkau daerah yang didatangi saja. Di era digital ini, memasarkan produk membuat jangkauan konsumen yang bisa melihat produk yang Anda jual jadi lebih luas. Lewat internet, Anda bisa memasarkan produk yang Anda jual lewat blog atau website yang berisikan detail produk yang Anda jual.

Lewat website atau blog pula, Anda bisa memiliki toko tanpa harus membuat toko fisik yang memakan modal besar untuk menyewa tempat dan memikirkan lokasi penjualan yang strategis. Blog gratis atau domain website murah telah banyak bertebaran di internet sehingga Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mempromosikan produk dengan jangkauan yang lebih luas.

2. Menggunakan Media Sosial

Bisa dibilang, media sosial telah menjadi strategi promosi paling efektif dan perlu dimiliki oleh brand karena saat ini media sosial memiliki pengaruh yang sangat besar untuk orang berbelanja. Penggunaan media sosial sebagai media promosi dan penjualan dapat menyampaikan pesan atau produk ke konsumen dengan lebih cepat, mudah, dan efisien.

3. Membuat Vlog

Saat ini visual telah lebih banyak menarik perhatian banyak orang. Karena itu kehadiran vlog sebagai media audio visual adalah media yang semakin banyak diterima dan digemari oleh banyak orang yang merupakan calon pembeli. Vlog merupakan video yang diunggah ke internet, khususnya youtube. Lewat vlog,  Anda bisa lebih memperlihatkan detail barang yang dijual.

4. Membuka Gerai Pop Up

Meski bisnis yang Anda jalankan berbasis online, Anda masih dapat membuka gerai toko sementara. Dalam hal ini, gerai pop up bisa menjadi salah satu langkah kreatif dan efisien untuk mempromosikan produk sebab Anda tak perlu menyewa ruko atau gedung. Lain halnya dengan outlet toko, gerai pop up ini umumnya berada pada area tengah di suatu mall atau di sekitar tempat orang banyak lalu-lalang. Gerai pop up ini dipastikan akan bisa menarik perhatian dari para pengunjung mall. Selain itu, Anda juga bisa membuka gerai ini ketika momen-momen khusus seperti hari raya.

5. Memanfaatkan Iklan Gratis

Internet kali ini telah menyediakan banyak platform untuk dijadikan media iklan produk yang gratis. Penggunaan iklan gratis di internet juga lebih efisien dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan memanfaatkan fitur iklan gratis ini, biaya untuk promosi produk pun akan lebih kecil dan hemat.

6. Memanfaatkan Iklan Mobil

Iklan mobil atau car advertising merupakan media pemasaran produk yang bergerak dan menjangkau lebih banyak calon konsumen. Manfaatkanlah iklan mobil di jalanan ibu kota atau pusat keramaian agar calon konsumen yang mengetahui produk Anda jadi semakin banyak.

7. Mengadakan Promosi Produk dengan Giveaway

Mengadakan promosi produk dengan cara giveaway kuis bisa menjadi salah satu cara ampuh yang dapat mempermudah calon konsumen untuk semakin mengenali bisnis Anda. Dalam prosesnya, Anda dapat mengadakan sebuah kuis dengan imbalan berbentuk giveaway seperti produk gratis, hadiah, atau potongan harga yang bisa meningkatkan penjualan produk. Namun, Anda harus bisa memastikan bahwa kuis ini harus dipersiapkan dan dikemas semenarik mungkin agar orang-orang semakin tertarik untuk mengikutinya.

8. Bekerja Sama dengan Influencer

Menjalin kerja sama bersama influencer adalah salah satu ide promosi kreatif dan kekinian yang perlu Anda coba. Sesuai dengan namanya influencer, mereka berfungsi untuk influence atau mempengaruhi calon konsumen untuk membeli produk atau jasa bisnis Anda. Terdapat banyak sekali influencer di Indonesia dengan platform media sosial yang berbeda-beda. Pastikan Anda menggunakan influencer yang berkualitas, sebab hal itu akan mempengaruhi reputasi bisnis Anda.

Manfaat dan Tujuan Strategi Promosi

Baik itu bisnis yang sudah berjalan lama atau baru muncul, strategi promosi tentunya memberikan manfaat bagi keduanya. Agar semakin jelasnya lagi, berikut ini terdapat beberapa manfaat strategi promosi untuk bisnis yang perlu Anda ketahui.

1. Membangun Branding Bisnis

Manfaat utama dari adanya strategi promosi pastinya untuk membangun branding dari sebuah produk atau jasa yang Anda jual. Setiap pemilik bisnis tentunya ingin brand atau mereknya dikenal dan mudah diingat oleh banyak orang. Oleh karena itu, strategi promosi seperti pembuatan logo, desain produk, slogan, dan sebagainya sangat penting dilakukan untuk membangun branding agar visibilitas bisnis Anda semakin meningkat.

2. Menciptakan Interaksi dengan Konsumen

Dengan adanya strategi promosi pada bisnis, maka Anda dapat sekaligus menciptakan interaksi dengan konsumen secara lebih intens, baik itu konsumen baru dan lama. Ketika melihat promosi yang dilakukan, pada umumnya konsumen akan bertanya terlebih dulu terkait syarat dan ketentuan yang berlakunya. Pada momen tanya jawab inilah interaksi antara penjual dengan konsumen mulai berjalan hingga seterusnya.

3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Strategi promosi juga dilakukan guna meningkatkan loyalitas dari para konsumen. Beberapa dari konsumen lama terkadang jarang untuk membeli kembali produk kita. Entah itu disebabkan oleh budget terbatas, menurunnya minat beli, dan lain sebagainya. Namun dengan diadakannya promosi, maka konsumen lama dapat tertarik untuk membeli lagi.

4. Menarik Konsumen Baru

Selain dapat meningkatkan loyalitas konsumen lama, strategi promosi juga bermanfaat untuk menarik konsumen baru. Apabila konsumen merasa diuntungkan, maka mereka tidak akan berpikir panjang untuk mau membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan dalam promo Anda. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menetapkan target pasar terlebih dulu sebelum melakukan promosi.

5. Meningkatkan Penjualan

Manfaat strategi promosi yang paling penting tentunya untuk bisa meningkatkan penjualan. Sudah menjadi fakta bahwa promosi sangat memberikan pengaruh besar dalam tingkat penjualan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda perlu mengadakan setidaknya 2 hingga 3 kali promosi setiap bulannya sesuai kebutuhan. Dengan begitu, penjualan bulanan bisnis Anda bisa semakin meningkat.

Itulah klasifikasi dan jenis strategi promosi dan langkah marketing kreatif yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk Anda ke banyak konsumen. Bisa juga memberikan voucher sebagai hadiah, tapi tetap menarik. Ada Pluxee Gift dan Pluxee eVoucher. Masing-masing memiliki benefit yang berbeda-beda juga. Dengan melakukan langkah-langkah marketing kreatif di atas, angka penjualan kamu bisa meningkat dengan jangkauan pelanggan yang lebih luas.