©pexels
‘Pelanggan adalah raja’. Slogan ini memang klasik, namun tetap menjadi ‘mantra’ penting bagi bisnis. Banyak bisnis yang khawatir bahwa mereka tidak bisa menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sodexo memahami kekhawatiran tersebut, karena itu kami akan memberikan beberapa strategi kepuasan pelanggan yang bisa Anda terapkan.
Simak artikel ini dan temukan tips terbaik dalam meningkatkan kepuasan pelanggan untuk bisnis Anda.
Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan?
Kepuasan pelanggan bisa berubah kapan saja jika tidak dipertahankan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memahami dahulu beberapa faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan sebelum mengetahui tipsnya. Kenali sejumlah faktor penentu kepuasan pelanggan di bawah ini.
1. Kualitas Produk
Pelanggan tentu menyukai produk yang memiliki kualitas tinggi, apalagi produk tersebut tahan lama. Beberapa pelanggan bahkan rela mengorbankan waktu dan tenaganya hanya untuk mendapatkan produk berkualitas. Itulah pentingnya meningkatkan kualitas produk Anda sesuai masukan dari pelanggan.
2. Pelayanan
Faktor ini sangat berpengaruh bagi bisnis yang bergerak di bidang jasa. Kualitas pelayanan yang baik akan membuat pelanggan bahagia. Mereka pun akan memiliki persepsi baik tentang bisnis Anda. Hal sederhana seperti menjawab pertanyaan dan memiliki product knowledge yang lengkap pun sudah cukup membuat pelanggan merasa puas.
3. Harga
Naluri alami pelanggan adalah membandingkan harga produk dari beberapa merek. Untuk meningkatkan kepuasan mereka, Anda harus memberikan harga yang relatif murah, tetapi tidak mengabaikan kualitasnya. Kepuasan pelanggan muncul karena mereka mendapatkan produk atau jasa dengan harga murah tetapi kualitasnya sebanding.
4. Kemudahan Berbelanja
Pelanggan mana pun pasti menginginkan kemudahan dalam membeli suatu produk atau menggunakan suatu jasa. Mereka tidak menyukai proses belanja yang rumit, seperti tambahan biaya administrasi, kurangnya opsi pembayaran, atau tidak membuka toko online melalui aplikasi e-commerce.
Baca Juga: Kepuasan Pelanggan [Pengertian & Faktor Pendukungnya]
Apa Saja Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan?
Empat hal di atas merupakan faktor utama yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Anda bisa menggunakan tips di bawah ini untuk memenuhi kepuasan pelanggan berdasarkan empat faktor tersebut.
1. Latih Karyawan Anda
Kualitas pelayanan yang baik berasal dari karyawan cekatan dan terampil. Latih karyawan Anda untuk melayani pelanggan secara prima, yaitu tepat waktu, bersikap ramah, paham dengan produk yang ditawarkan, dan mampu menyelesaikan masalah pelanggan. Pastikan mereka juga menyampaikan jawaban sesuai bahasa yang mudah dipahami oleh pelanggan agar tidak terjadi kesalahpahaman.
2. Pasang Harga yang Sesuai
Harga produk yang baik tidak harus murah, tetapi sesuai segmentasi pasar dan kualitas produk Anda. Sebelum menetapkan harga, lakukanlah riset pasar terlebih dahulu. Anda bisa mengetahui jumlah harga yang rela dikeluarkan oleh pelanggan dari segmentasi tertentu untuk mendapatkan produk melalui hasil riset pasar.
3. Berikan Kemudahan Berbelanja
Sediakan berbagai opsi pembayaran agar pelanggan tidak kesulitan saat membeli produknya. Anda bisa menggunakan metode scan QR code yang lebih praktis dan tentu disukai oleh pelanggan. Pilihan lainnya, bukalah toko daring di aplikasi e-commerce. Bagi bisnis kuliner, langkah ini dapat diterapkan di aplikasi layanan pengantar makanan.
4. Buat Program Loyalitas
Program loyalitas merupakan bentuk apresiasi Anda terhadap pelanggan sekaligus sebagai bentuk layanan konsumen. Ajaklah pelanggan untuk bergabung dalam program loyalitas supaya mereka mendapatkan diskon dan tawaran khusus dari bisnis Anda. Niscaya mereka akan merasa puas dan kembali menggunakan produk Anda.
5. Tingkatkan Kualitas Produk
Penting sekali untuk meningkatkan kualitas produk agar terhindar dari risiko cacat produksi. Anda harus mengecek kualitas produk yang akan ditawarkan kepada pelanggan, mulai dari komposisi sampai kemasannya. Pastikan pula produk tersebut tetap aman hingga sampai di tangan pelanggan. Selain itu, dengarkan juga masukan dari pelanggan untuk pengembangan kualitas produk yang lebih baik lagi.
Baca Juga: 6 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan
Apa Saja Strategi dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan?
Selain tips, ada beberapa strategi yang perlu diterapkan agar pelanggan terus membeli produk Anda. Strategi ini mencakup sikap dan tindakan yang bisa Anda lakukan saat berkomunikasi dengan pelanggan. Berikut beberapa strategi menarik untuk menambah kepuasan pelanggan.
1. Selalu Terhubung di Media Sosial
Banyak bisnis daring yang berusaha membangun engagement dengan pelanggannya di media sosial. Kehadiran bisnis Anda di media sosial ataupun saluran lainnya yang dapat dihubungi membuat pelanggan makin puas. Apabila terjadi masalah atau ingin menyampaikan keluhan, mereka pun tahu cara paling mudah dan tepat untuk menghubungi bisnis Anda.
2. Pahami Pelanggan Anda
Strategi kepuasan pelanggan berikutnya adalah memahami pelanggan Anda. Kenali kebutuhan dan pain point mereka agar Anda bisa memberikan produk atau jasa yang tepat untuk mereka. Lakukan langkah ini dengan memahami kondisi demografis konsumen, perilaku pembelian, pain point, dan karakteristik lainnya.
3. Selalu Berempati
Empati merupakan pilar utama dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Sikap ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar memahami konsumen dan berusaha untuk membantu menyelesaikan masalahnya. Pelanggan akan mendapatkan pengalaman berbelanja terbaik dari bisnis Anda berkat sikap empati yang ditunjukkan.
4. Jujur terhadap Kesalahan atau Perbaikan
Selalu ada alasan apabila pelanggan memberikan feedback atau ulasan negatif terhadap bisnis Anda. Jujurlah kepada pelanggan apabila memang ada kesalahan atau hal yang perlu diperbaiki dalam bisnis Anda. Pelanggan akan menghargai kejujuran tersebut serta menantikan perubahan atau inovasi dalam bisnis Anda.
5. Jadilah Pendengar Aktif
Pendengar aktif selalu memberikan perhatian penuh saat pelanggan berbicara. Strategi ini penting dilakukan apabila ada pelanggan yang menyampaikan keluhan atau masalah. Anda pun akan memberikan solusi dan masukan yang tepat dan relevan apabila menyimak dan memahami permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan.
Baca Juga: Begini Cara Tepat Membangun Kepuasan Pelanggan
Tidak hanya Anda yang harus menggunakan strategi ini, tetapi juga karyawan. Saat melatih karyawan, berikan mereka Sodexo ePass yang bisa dibelanjakan di lebih dari 480 merchants dan 25.500 outlets. Sodexo ePass adalah voucher belanja elektronik atau digital dari Sodexo.
Rewards ini sangat pas bagi karyawan dari generasi milenial karena mereka bisa menggunakan Sodexo ePass untuk berbelanja daring atau membeli makanan kesukaannya. Hubungi kami sekarang juga dan gunakan voucher belanja elektronik ini supaya karyawan Anda makin termotivasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Terapkan tips dan strategi kepuasan pelanggan dari artikel ini agar pelanggan makin puas dan terus menggunakan produk Anda.