Kenali Apa Itu Strategi Customer Relationship untuk Tingkatkan Penjualan

Strategi Customer Relationship adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan mereka. Anda mungkin juga mengenalnya sebagai Customer Relationship Management (CRM). Metode ini membahas bagaimana caranya untuk mempertahankan pelanggan dengan meningkatkan kualitas hubungan antara perusahaan dengan pelanggan.

Hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sangat berpengaruh dalam meningkatkan retensi pelanggan. Perusahaan yang menjaga hubungan baik dengan pelanggan akan lebih mudah meningkatkan nilai retensi pelanggan. Pelanggan yang loyal bisa membuat usaha Anda semakin berkembang dan revenue pun meningkat. Lalu, bagaimana cara menerapkan strategi Customer Relationship ini? Simak penjelasannya berikut.

Mengapa Customer Relationship penting?

Dengan menerapkan strategi Customer Relationship, Anda bisa meningkatkan kualitas hubungan dengan pelanggan. Akuisisi atau bahkan retensi pelanggan dapat dengan mudah diraih jika Anda menerapkan strategi ini. Apabila ingin memprediksi Customer Lifetime Value dengan lebih akurat, strategi ini sebaiknya dijalankan.

Customer Relationship juga sangat memengaruhi kelangsungan perusahaan. Dengan menjalankan strategi ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan feedback atau bahkan saran dari pelanggan terkait produk. Dari situ Anda bisa melakukan perbaikan agar produk bisa lebih diterima masyarakat sehingga exposure terhadap perusahaan pun meningkat.

Penerapan strategi Customer Relationship

Untuk menerapkan startegi ini, Anda bisa melakukan beberapa program terhadap pelanggan. Anda tinggal memilih mana yang paling sesuai dengan kemampuan dan jenis usaha.  Berikut ini beberapa model penerapan strategi Customer Relationship yang dapat Anda coba.

  • Melakukan gamification

Apa itu gamification? Metode gamification adalah menerapkan beberapa aturan dalam permainan atau game untuk mempertahankan pelanggan. Cara yang paling sering ditemui adalah dengan menerapkan leader board. Leader board ini akan memuat daftar pelanggan dengan total transaksi paling banyak. Pelanggan yang memuncaki leader board berhak atas reward dari perusahaan.

Dengan adanya sistem seperti ini, pelanggan akan berlomba-lomba untuk mendapatkan reward dengan cara melakukan lebih banyak transaksi. Pelanggan juga akan lebih terikat dengan produk Anda karena adanya “persaingan” tersebut.   

  • Memanfaatkan teknologi

Hidup di era kecanggihan teknologi, manusia cenderung menginginkan kepraktisan. Begitu pula untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Sebisa mungkin mereka melakukan tindakan seminimal mungkin untuk mendapatkan kebutuhannya. Hal ini sebaiknya Anda manfaatkan untuk mempertahankan pelanggan.

Anda bisa membuat akun media sosial untuk produk. Akun tersebut berfungsi untuk menghubungkan Anda dengan pelanggan. Anda bisa menerima feedback atau bahkan melayani komplain dalam akun tersebut. Dengan kemudahan tersebut, maka pelanggan tidak akan ragu untuk menggunakan produk Anda.

  • Menerapkan loyalty program

Untuk mempertahankan pelanggan, Anda harus memberikan apresiasi terbaik bagi mereka. Apresiasi yang baik terhadap pelanggan akan meninggalkan kesan positif bagi mereka. Di samping memberikan produk atau jasa yang berkualitas, Anda juga bisa memberikan apresiasi dalam bentuk loyalty program.

Loyalty program ini dapat Anda lakukan dengan sistem poin. Untuk setiap transaksi atas produk atau jasa Anda, pelanggan akan diberi poin. Poin-poin tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan beragam hadiah atau penawaran eksklusif seperti voucher belanja. Anda juga bisa memberikan penawaran spesial di hari ulang tahun pelanggan. Program seperti ini akan membuat pelanggan merasa diistimewakan sehingga potensi retensinya bisa meningkat.

 

Anda bisa segera menerapkan strategi Customer Relationship ini dengan penawaran khusus dari Sodexo. Tersedia voucher belanja (kertas) serta e-voucher (kode voucher) yang cocok digunakan untuk meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan pelanggan. Penggunaannya sangat mudah dan dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×