5 Rekomendasi Hadiah untuk Karyawan Terbaik

Sebuah perusahaan tidak mungkin dapat berjalan dengan baik tanpa adanya manajemen dan kinerja yang baik dari karyawannya. Hasil yang diperoleh pun merupakan kinerja bersama, baik secara individu maupun tim. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kantor atau perusahaan memberikan hadiah untuk karyawan terbaik yang telah mencapai target maupun yang membawa perubahan lebih baik bagi perusahaan.

Dengan memberikan hadiah atau reward kepada karyawan terbaik ini, tentu akan membuat mereka lebih dihargai dan bisa menjadi motivasi karyawan untuk mempertahankan prestasinya. Lalu, apa saja rekomendasi hadiah untuk karyawan terbaik? Berikut beberapa di antaranya.

Gadget baru

Era modern membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah dengan peranti digital seperti komputer, smartphone, tablet, dan sebagainya. Gadget tersebut sebenarnya bisa Anda pilih sebagai hadiah untuk karyawan terbaik yang telah mencapai target perusahaan dalam waktu tertentu.

Gadget seperti tablet, smartphone, dan laptop tentu sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan tersebut. Jangan lupa sesuaikan juga spesifikasi gadget dengan bidang yang ditangani oleh karyawan tersebut. Misalnya untuk seorang desainer grafis, tentu membutuhkan gadget dengan spesifikasi cukup tinggi.

Pakaian kerja

Pakaian menjadi first impression ketika melihat diri seseorang. Biasanya, pakaian yang rapi dikesankan sebagai orang dengan berkepribadian tertata. Hal seperti ini memang berlaku pula di dunia kerja. Misalnya saja ketika bertemu klien baru, first impression mereka adalah pakaian yang Anda kenakan. Maka, tidak salah memang memberikan pakaian kerja sebagai hadiah untuk karyawan terbaik.

Selain meningkatkan penampilan, hal itu juga dapat meningkatkan citra perusahaan Anda lewat karyawan tersebut. Di sini, Anda bisa memberikannya berupa satu set pakaian kerja mulai dari kemeja, celana, dasi, hingga sepatu. Sebelum itu, lihat dahulu ukuran yang tepat agar sesuai bagi karyawan yang mengenakannya.

Notebook unik

Terkadang, ada karyawan yang suka dengan hal-hal berbau klasik dan retro. Oleh sebab itu, untuk tipe karyawan seperti ini, hadiah yang tepat untuk diberikan adalah notebook. Biasanya, notebook digunakan untuk membuat agenda soal apa saja yang harus dilakukan oleh seorang karyawan pada hari tertentu.

Notebook atau buku catatan kecil ini memang banyak pilihannya. Salah satu yang ideal adalah berukuran A6 dengan desain kulit yang menarik. Selain itu, desain berupa gantungan bukunya akan membuat tampilan menjadi lebih klasik dan retro. Jelas, ini memberikan penampilan tersendiri dan meningkatkan kepercayaan diri saat bertemu klien. Anda bisa memberikannya lengkap dengan pena maupun alat tulis lainnya dalam satu paket.

Jam tangan

Memberikan jam tangan sebagai hadiah untuk karyawan terbaik sudah menjadi tradisi banyak perusahaan. Meski sudah lama diterapkan, hal ini memang masih relevan hingga saat ini. Jam tangan akan membuat karyawan atau rekan kerja menjadi semakin elegan, baik itu digunakan oleh pria dan wanita.

Selain itu, jam tangan juga memiliki banyak manfaat. Misalnya saja untuk melihat waktu untuk meeting, pengingat bertemu klien, hingga sebagai alarm penghitung waktu saat melakukan presentasi. Anda bisa memilih jam tangan yang sesuai karakter karyawan dan bisa dipadupadankan dengan hadiah lainnya berupa pakaian kerja seperti disebutkan sebelumnya.

Paket liburan

Hadiah untuk karyawan terbaik tidak harus selalu berupa barang saja. Anda juga bisa memberikannya paket liburan terbaik bersama keluarga. Namun, untuk memberikan hadiah ini, Anda harus membicarakannya terlebih dahulu kepada karyawan tersebut. Tujuannya adalah agar paket liburan sudah sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Misalnya saja jadwal keberangkatan pesawat, promo destinasi wisata, dan sebagainya.

Di masa pandemi, paket liburan yang bisa dipilih antara lain paket staycation di hotel mewah. Memang, hadiah berupa paket liburan tidak murah. Anda bisa saja memberikannya kepada karyawan yang telah mencapai target penjualan tertinggi. Hal ini memang sepadan sebagai reward baginya karena sukses mencapai target penjualan memang tidak mudah dan membutuhkan waktu, pikiran, dan tenaga yang besar pula. ALangkah lebih baiknya jika Anda juga memberikan mereka voucher yang bisa digunakan untuk kegiatan staycation ini. Anda bisa berkolaborasi bersama sodexo, untuk menciptakan voucher sebagai hadiah untuk para karyawan. Anda bisa membuatnya di sini.

Setidaknya, itulah beberapa rekomendasi hadiah untuk karyawan terbaik di kantor atau perusahaan Anda. Ingat, dalam memberikan hadiah untuk karyawan terbaik, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ada. Lalu, bicarakanlah dengan karyawan lainnya hadiah yang tepat. Jangan sampai pemberian tersebut justru membebani perusahaan dan karyawan lainnya. Semoga bermanfaat!

 

 

Sumber =

  • https://my-best.id/75262
  • https://gaji.id/5-hadiah-selain-uang-yang-bisa-diberikan-kepada-karyawan-berprestasi/
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/contoh-reward-untuk-karyawan/24414
  • https://www.pexels.com/photo/group-of-person-sitting-indoors-3184306/