Rahasia Menarik Pelanggan Eksternal Perusahaan Anda

©pxhere.com

Pelanggan internal dan pelanggan eksternal adalah dua jenis pelanggan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Tanpa keduanya, perusahaan tidak akan mencapai profit yang ditargetkan. Perusahaan harus bertanggung jawab memastikan agar kedua jenis pelanggan ini puas dengan kehadirannya.

Di antara keduanya, pelanggan eksternal menjadi fokus utama perusahaan agar profit atau keuntungannya kian meningkat. Apakah yang dimaksud dengan pelanggan eksternal itu? Mengapa jenis pelanggan ini lebih istimewa dibandingkan pelanggan internal? Sodexo akan menjelaskan perbedaannya dengan lengkap di artikel ini.

Pelanggan Internal dan Pelanggan Eksternal

Saat mendengar kata pelanggan, definisi pertama yang terlintas di benak kita adalah orang yang membeli dan menggunakan produk atau jasa suatu bisnis. Padahal, pengertian pelanggan dalam perusahaan tidak sebatas itu. Karena itu, ada istilah pelanggan internal dan pelanggan eksternal yang harus diketahui oleh perusahaan.

Pelanggan internal adalah orang dalam suatu perusahaan atau organisasi yang bekerja di dalamnya. Dengan kata lain, pelanggan internal bisa juga disebut dengan karyawan, manajer, pegawai, bahkan stakeholder. Mereka akan memberikan hasil pekerjaan sesuai dengan job description yang dikerjakan.

Berbeda dengan pelanggan internal, pelanggan eksternal adalah orang yang tidak memiliki hubungan langsung dengan perusahaan, tapi membeli dan menggunakan produk kita. Singkatnya, pelanggan eksternal ini dikenal dengan konsumen. Pelanggan eksternal juga memberikan hasil pada perusahaan lewat transaksi pembelian yang dilakukannya.

Baca Juga: Pengertian, Cara Membuat, dan Fungsi dari Mind Mapping

 

Pada dasarnya, perusahaan membutuhkan dua jenis pelanggan ini agar tetap beroperasi. Baik pelanggan internal maupun eksternal, keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Tidak ada perbedaan tinggi rendah antara keduanya, karena dua jenis pelanggan tersebut saling melengkapi.

Pelanggan internal menjalankan tugasnya, mulai dari menyediakan produk hingga melayani pelanggan eksternal. Begitu pula sebaliknya, pelanggan eksternal membeli produk dan memberikan hasil berupa keuntungan yang bisa dirasakan oleh pelanggan internal berupa gaji. Jadi, keduanya memiliki simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan satu sama lain.

Rahasia Menarik Pelanggan Eksternal

Perusahaan bisa mencari pelanggan internal yang mau bergabung di dalamnya dengan mudah. Banyaknya pencari kerja (job seeker) yang di lapangan membuat perusahaan bisa memilih karyawan yang cocok untuk bekerja di dalamnya. Pelanggan internal mudah didapatkan oleh perusahaan dengan memperhitungkan tingkat kecocokan antara keduanya.

Berbeda dengan pelanggan internal, pelanggan eksternal cenderung lebih susah didapatkan. Perusahaan harus membuat berbagai macam strategi untuk memperkenalkan produk atau bisnisnya di hadapan masyarakat. Tujuannya hanya satu, yaitu menarik pelanggan eksternal untuk membeli produk atau menggunakan jasanya.

Baca Juga: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Kerja dalam Perusahaan

 

Perusahaan yang sukses tidak hanya fokus mencari konsumen baru, tapi juga mempertahankan konsumen lama agar setia menggunakan produknya. Konsumen baru dapat menjadi pelanggan setia setelah membeli produk dari suatu bisnis secara berkali-kali.

Pelanggan eksternal adalah salah satu kunci keberhasilan perusahaan di tengah persaingan pasar. Tanpanya, perusahaan tidak akan mendapatkan penghasilan lantaran tidak ada transaksi yang dilakukan. Bisnis juga tidak akan bertahan, bahkan mengalami kerugian karena tidak ada penjualan yang masuk.

Baca Juga: Apa itu Indikator Motivasi Kerja dan Fungsinya?

 

Rahasia menarik pelanggan baru tidak melulu terletak pada informasi mengenai keuntungan produk yang ditawarkan. Mereka juga tertarik membeli produk suatu bisnis karena ada tawaran (offer) yang menarik. Potongan harga, gratis biaya ongkos kirim, produk sampel gratis, dan lain-lain adalah beberapa contoh tawaran yang membuat mereka tertarik membeli produk.

Rahasia lain untuk mendapatkan pelanggan eksternal adalah Sodexo ePass sebagai bentuk apresiasi perusahaan. Bentuknya yang elektronik bisa diberikan kepada pelanggan yang membeli produk Anda lewat e-commerce. Cara yang menarik untuk menjangkau pelanggan eksternal, bukan? Dapatkan voucher elektronik ini dengan menghubungi tim Sodexo.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email