Cara Mempromosikan Produk dengan Efektif: Online vs Offline

Pemasaran adalah hal paling penting dalam menjalankan bisnis. Tanpa adanya pemasaran, produk yang telah dibuat tidak akan diterima dengan semestinya oleh masyarakat luas. Tanpa adanya penerimaan dan pembelian seperti ini, sudah barang pasti bisnis tersebut akan gulung tikar. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang jitu sangat diperlukan agar produk bisa diterima dan dibeli oleh masyarakat sebagai sasaran produk Anda.

Bagaimana Cara Mempromosikan Produk?

Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, pola strategi pemasaran juga banyak berubah terutama dengan adanya internet.  Cara promosi produk dengan menggunakan internet ini biasa disebut dengan strategi promosi online. Sementara itu, pemasaran secara konvensional bisa disebut dengan strategi promosi offline. Dua strategi promosi atau pemasaran tersebut banyak diaplikasikan pada perusahaan.

Namun, ada beberapa perusahaan yang condong pada satu mode pemasaran untuk mempromosikan produk mereka daripada pemasaran yang lain. Ada pula yang tetap mempertahankan pemasaran dengan dua mode tersebut. Lalu, manakah dari pemasaran online dan pemasaran offline yang terbukti memiliki pengaruh lebih efektif dan efisien dalam cara mempromosikan produk. Oleh karena itu, artikel kali ini membahas tentang beberapa bentuk perbedaan dari pemasaran online dan pemasaran dalam cara mempromosikan produk.

Bentuk Pemasaran Bisnis Online

Dalam menjual produk, bisnis online tidak  memerlukan kehadiran fisik dari penjual atau toko. Calon konsumen pun bisa mendatangi penjual secara tidak langsung dengan mengakses situs website toko online atau media sosial penjual. Produsen atau sales representative tidak harus melakukan penjualan secara face-to-face. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari pemasaran bisnis secara online.

Kelebihan

  • Rendahnya biaya yang perlu dikeluarkan
  • Layanan dapat diakses secara 24 jam
  • Tidak memiliki batas jangkauan geografis
  • Memberikan satu pengalaman belanja yang mudah kepada konsumen

Kekurangan

  • Promosi produk belum pasti kuat dikarenakan produk tidak dipresentasikan dengan menyeluruh
  • Demo fisik tidak dapat dilakukan

10 Cara untuk Promosi Produk Secara Online

Adapun beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk secara online:

1. Meningkatkan score page experience dari website yang dimiliki

Page experience adalah sekumpulan sinyal yang dipergunakan untuk mengukur bagaimana user menilai pengalamannya ketika mereka berinteraksi dengan sebuah halaman website di luar dari informasi yang disediakan oleh website tersebut. Anda bisa memanfaatkan ini untuk melakukan promosi produk secara online.

2. Membuat akun Instagram dan juga media sosial lainnya untuk mengikuti tren di dunia digital

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi juga akan semakin pesat. Hal ini juga berdampak pada bisnis yang ingin masuk ke dalam era digital. Anda bisa membuat akun Instagram atau media sosial lainnya sebagai salah satu cara mempromosikan produk online.

3. Mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku pada media sosial yang digunakan

Jika Anda sudah membuat akun media sosial, jangan lupa bahwa Anda juga harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku di platform media sosial tersebut. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan pada saat Anda mempromosikan produk tersebut secara online di media sosial.

4. Membangun strategi konten bisnis

Membangun strategi konten yang akan dipromosikan adalah hal penting yang harus dipersiapkan untuk mempromosikan produk secara online di media sosial. Dengan membangun strategi konten untuk mempromosikan produk, Anda bisa tahu banyak mengenai kriteria target konsumen dan konten apa saja yang cocok untuk dijalankan untuk menjual produk tersebut.

5. Menggunakan strategi SEO (Search Engine Optimization)

Selain membangun strategi konten bisnis, ada jenis promosi produk yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan secara organik. Anda bisa memanfaatkan strategi SEO yang diterapkan pada berbagai macam platform seperti website dan media sosial.

  • Memahami kebutuhan dan karakter pelanggan berdasarkan aktivitas mereka di dunia digital
  • Memperhatikan layanan terhadap pelanggan
  • Memperhatikan calls-to-action untuk membuat audience berinteraksi di sosial media bisnis Anda
  • Mengembangkan landing page dan mengawasi tracking progress
  • Membuat kegiatan promosi online dengan membuat sebuah kuis atau permainan online dengan hadiah berupa potongan harga, uang elektronik, dan lainnya

Bentuk Pemasaran Bisnis Offline

Pemasaran offline membutuhkan kehadiran fisik sales yang berasal dari produsen atau media fisik untuk publikasi. Dengan melakukan pemasaran bisnis secara offline, sales dapat melakukan penawaran produk atau layanannya secara langsung kepada calon konsumen. Perjalanan dari satu tempat ke tempat lain perlu dilakukan untuk menawarkan produk. Adapun kelebihan dan kekurangan dari pemasaran bisnis secara offline adalah sebagai berikut:

Kelebihan

  • Penawaran produk kuat dikarenakan representasinya dilakukan oleh sales secara langsung.
  • Calon customer bisa melihat dan menyentuh produk
  • Produk dan transaksi penjualan dan pembelian dilakukan secara langsung yang berakibat pada tingginya faktor kepercayaan pelanggan

Kekurangan

  • Biaya operasional yang diperlukan sangat mahal
  • Jangkauan dalam penjualan terbatas
  • Pengawasan penjualan bisa dilakukan secara manual dan memerlukan waktu yang banyak

10 Cara untuk Promosi Produk Secara Offline

Adapun beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk secara offline:

  • Menyebarkan kartu nama
  • Memberikan sumbangan atau hadiah
  • Menjadi pembicara di sebuah acara
  • Melakukan komunikasi dengan media lokal
  • Mengirim surat dan membuat panggilan telepon
  • Memberikan produk yang dijual atau produk baru dalam bentuk tester kepada konsumen untuk mereka coba langsung
  • Berpartisipasi dalam pameran-pameran yang ada
  • Mengubah kemasan produk
  • Merayakan keberhasilan
  • Menjadi sponsor pada acara komunitas

 

Itulah beberapa cara mempromosikan produk secara efektif menggunakan metode online dan offline. Dalam menjalankan promosi, jangan pernah lupa untuk tetap memberikan reward kepada para pelanggan. Anda bisa memanfaatkan voucher belanja Sodexo ePass yang dapat digunakan untuk membeli berbagai jenis produk di lebih dari 380 merchant dan 21.000 outlet. Pelanggan akan semakin tertarik dengan promosi Anda ketika didukung oleh reward yang menguntungkan dari Sodexo.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email