Perilaku Konsumen : Tipe dan Manfaatnya dalam bisnis

Persaingan bisnis yang ketat membuat Anda harus lebih jeli dan kreatif dalam memilih strategi penjualan yang tepat. Salah satu strategi penjualan yang dapat Anda lakukan adalah mengenal perilaku konsumen bisnis Anda. Lalu, apa itu perilaku konsumen?

Pengertian Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah sebuah studi psikologis yang mempelajari perilaku individu atau organisasi terhadap sebuah produk. Studi ini bertujuan untuk memahami motivasi konsumen dalam mengambil keputusan terhadap produk tersebut. Perilaku konsumen biasanya dipengaruhi oleh 3 tiga faktor yaitu faktor pribadi, faktor psikologis, dan faktor sosial.

Manfaat dari Memahami Perilaku Konsumen Dalam Bisnis

Secara garis besar, memahami perilaku konsumen dalam bisnis dapat membantu perusahaan untuk menggunakan strategi pemasaran yang tepat sehingga menghasilkan proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Dengan demikian, jika Anda dapat memahami perilaku konsumen, Anda dapat melakukan evaluasi bisnis serta merancang strategi pemasaran kepada konsumen yang tersegmentasi.

Mengenal Tipe-tipe Perilaku Konsumen

Dari keseluruhan perilaku konsumen, kita akan mengelompokkannya ke dalam 5 tipe, yaitu:

1. Konsumen yang loyal (Loyal Customers)

Konsumen yang melakukan proses transaksional terhadap produk atau jasa Anda secara repetitif merupakan konsumen yang perlu Anda jaga dan pertahankan. Konsumen yang loyal biasanya sudah merasa attach dengan produk atau jasa yang Anda punya sehingga mereka akan sulit untuk melihat perusahaan lain. Loyalitas ini dapat terbentuk dikarenakan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka, pelayanan yang baik dari perusahaan Anda, dan banyak alasan lainnya yang menjadikan mereka sebagai konsumen yang loyal.

Baca Juga : Cara Menciptakan Loyalitas Pelanggan

2. Konsumen yang impulsif (Impulse Shoppers)

Konsumen yang impulsif merupakan konsumen yang suka melakukan pencarian produk atau jasa tanpa tujuan yang jelas dan pada akhirnya melakukan proses transaksional. Meskipun konsumen tipe ini tidak menentu, namun Anda bisa menjadikan konsumen yang impulsif sebagai potensi calon konsumen yang loyal.

3. Konsumen yang suka tawar-menawar (Bargain Hunters)

Seperti namanya, konsumen tipe ini hanya akan melakukan proses transaksional berdasarkan penawaran terendah yang diberikan oleh perusahaan. Tipe konsumen seperti ini sangat kecil kemungkinannya untuk dapat dijadikan calon konsumen yang loyal. Tapi, Anda bisa menarik konsumen tipe ini dengan mengadakan promosi yang menguntungkan konsumen tipe ini.

4. Konsumen yang hanya melihat-melihat (Wandering Consumers)

Konsumen tipe ini hampir mirip dengan tipe konsumen yang impulsif. Tapi kemungkinan terjadinya proses transaksional sangatlah rendah karena konsumen tipe ini hanya suka untuk melihat-lihat produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda bisa menarik perhatian konsumen tipe ini dengan melakukan interaksi untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda. Mereka akan mendengarkan dengan penuh seksama terhadap penjelasan dan penawaran Anda. Bukan tidak mungkin setelah terjadinya interaksi dengan wandering consumers, mereka akan memutuskan untuk membeli produk atau jasa Anda.

5. Konsumen Berdasarkan Kebutuhan (Need-Based Customers)

Seperti namanya, konsumen tipe ini pada umumnya hanya membeli sesuatu berdasarkan apa yang mereka butuhkan. Namun, Anda masih bisa membangun minat beli mereka dengan melakukan interaksi. Jika produk atau jasa Anda sesuai dengan apa yang mereka butuhkan, maka tentu saja proses transaksional dapat terjadi. Bahkan, Anda juga bisa menjadikan konsumen need-based customers sebagai calon konsumen loyal Anda.

Saatnya Mengenali Perilaku Konsumen Anda

Konsumen adalah penopang bisnis Anda. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan Anda untuk memahami tipe-tipe perilaku konsumen ini agar Anda dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Jika Anda ingin menarik calon konsumen baru, Anda bisa melakukan kegiatan promosi seperti memberikan voucher belanja untuk setiap proses transaksional yang terjadi. Anda dapat menemukan berbagai jenis voucher belanja melalui website Sodexo.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email