4 Cara Perencanaan SDM Untuk Perusahaan yang Perlu Diketahui

Perencanaan SDM yang matang harus dilakukan oleh setiap perusahaan demi menjaga kestabilan sistem kerja yang sudah berjalan. Dalam melakukan perencanaan SDM atau Sumber Daya Manusia, Anda perlu mengajak divisi HR (Human Resources) untuk berdiskusi karena proses perekrutan tenaga kerja dan seluruh hal yang berhubungan dengan SDM di dalam perusahaan dipegang oleh divisi ini. Lantas, bagaimana cara membuat perencanaan SDM yang tepat untuk perusahaan Anda?

Pengertian Perencanaan SDM untuk Perusahaan

SDM merupakan aset terpenting yang dimiliki oleh setiap perusahaan. Hal ini tentunya dikarenakan mereka yang bekerja dengan membawa visi misi perusahaan untuk mencapai target yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu, Anda perlu membuat sebuah rancangan sistematis yang dapat mengukur potensi SDM dalam menjalankan pekerjaan mereka masing-masing sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak yaitu perusahaan dan karyawan itu sendiri.

Langkah-langkah Perencanaan Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan

Dalam melakukan perencanaan SDM, diperlukan langkah-langkah yang tepat dan efektif. Adapun langkah-langkah dalam merencanakan SDM untuk perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Mengkaji Ulang SDM yang Sudah Ada

Sebelum Anda akan melebarkan sayap perusahaan dengan menambah SDM yang baru, Anda perlu melakukan kajian ulang terhadap tenaga kerja yang sudah tersedia. Anda bisa melakukan uji komprehensif yang dapat membantu penilaian aspek-aspek seperti skill, lama bekerja, jabatan dan lain-lainnya. Bukalah juga forum diskusi untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh karyawan Anda agar dapat dicari solusi efektif sehingga SDM yang sudah ada dapat terbentuk sebagai sebuah tim yang solid dan mampu membantu Anda dalam membimbing calon tenaga kerja berikutnya.

2. Menganalisa Kebutuhan SDM Di Masa Mendatang

Setelah Anda mengkaji ulang SDM yang sudah dimiliki, Anda dapat mengetahui posisi apa saja yang membutuhkan lebih banyak SDM demi menjaga keseimbangan sistem kerja perusahaan. Selain itu, Anda juga harus melakukan analisa akan kebutuhan SDM di masa mendatang. Apalagi saat ini, kita hidup di era teknologi yang terus berkembang sehingga semakin dibutuhkan orang-orang dengan pengalaman atau skill di bidang tersebut.

3. Melakukan Pengembangan Skill Pada Masing-masing Individu

Untuk memaksimalkan SDM dengan sebaik mungkin, maka Anda perlu membekali masing-masing individu dengan pengembangan skill yang dapat mendukung proses kinerja mereka. Anda dapat memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti workshop atau seminar yang berhubungan dengan pengembangan skill mereka atau Anda juga bisa bekerja sama dengan divisi HR untuk memberikan training bagi seluruh karyawan di perusahaan.

Baca Juga : 4 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan

4. Lakukan Evaluasi Terhadap Perencanaan SDM yang Sudah Berjalan

Evaluasi perlu dilakukan untuk melihat perkembangan SDM yang Anda miliki. Apakah masing-masing individu sudah bekerja sesuai dengan target yang diharapkan atau kendala apa yang dimiliki oleh mereka dalam melakukan job desc yang sudah ditentukan.

Dengan demikian, Anda dapat melakukan penyesuaian terhadap SDM Anda untuk menghindari risiko operasional yang dapat mengganggu sistem kerja yang sudah berjalan di perusahaan Anda. Bahkan sebaliknya, dari evaluasi SDM ini Anda jadi dapat mengetahui apakah ada sistem yang salah di perusahaan Anda sehingga merugikan beberapa pihak di dalamnya.

Sejahterakan SDM yang Perusahaan Anda Miliki dengan Memberikan Reward

Perencanaan SDM merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan untuk menjaga kestabilan demi mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, Anda harus membuat perencanaan SDM yang sistematis dan terukur demi mengembangkan bisnis yang Anda miliki. Selain itu, pastikan bahwa seluruh karyawan merasa aman, nyaman, dan bahagia saat bekerja di perusahaan Anda dengan memberikan reward seperti voucher belanja Sodexo Gift Pass yang dapat memotivasi mereka untuk dapat bekerja lebih maksimal!

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email