5 Perbedaan Manajer dan Leader yang Perlu Dipahami

©pixabay.com

Masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja perbedaan manajer dan leader. Keduanya memiliki peranan dan fungsi yang berbeda, namun kerap kali disamakan karena manajer serta leader berada di posisi atas.

Lalu, apa yang membedakan antara manajer dengan leader? Melalui artikel ini, Sodexo akan memberikan pembahasan lengkapnya untuk Anda.

Apa Saja Perbedaan Manajer dan Leader?

Berikut ini, ada 5 perbedaan dasar antara manajer dan leader yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Leader Membuat Goals, Manajer Merancang Strateginya

Perbedaan pertama antara manajer dan leader yaitu dari tujuannya. Leader sebagai pemimpin perusahaan pasti memiliki berbagai macam tujuan untuk dapat mengembangkan bisnisnya.

Sedangkan di sisi lain, manajer memiliki peranan untuk merancang strategi agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh leader. Manajer akan bertugas mulai dari penyusunan strategi hingga eksekusinya dan memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik demi mencapai goals tersebut.

Baca Juga: 3 Fungsi Etos Kerja yang Penting untuk Organisasi

2. Leader Berpikir untuk Jangka Panjang, Manajer Berpikir untuk Jangka Pendek

Masih dalam pembahasan tujuan, perbedaan lainnya yang terlihat antara leader dan manajer adalah bagaimana cara mereka berpikir. Seorang pemimpin selalu berpikir untuk jangka panjang sedangkan manajer berpikir untuk jangka pendek saja.

Perbedaan cara berpikir ini dikarenakan seorang leader harus membawa dan mengembangkan perusahaannya tidak hanya 1 atau 2 tahun saja, namun untuk jangka waktu yang lama bahkan puluhan tahun lamanya. Seorang pemimpin harus dapat melihat apa saja hal-hal yang akan dihadapi oleh dunia bisnis ke depannya dan bagaimana cara agar perusahaan yang dipimpinnya dapat terus maju.

Sebaliknya, seorang manajer akan cenderung berpikir untuk jangka pendek saja. Manajer akan berfokus pada hal apa yang dapat diraih bersama dalam waktu yang dekat demi merealisasikan tujuan jangka panjang yang telah dipikirkan oleh leader.

Baca Juga: Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

3. Leader Melihat Hasil, Manajer Melihat Proses

Pemimpin perusahaan biasanya tidak terlibat langsung dengan karyawannya. Maka dari itu, seorang pemimpin tidak akan tahu bagaimana proses yang dilalui oleh karyawannya dalam bekerja mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan dan hanya ingin melihat hasil yang telah dikerjakan.

Manajer berada di posisi yang dekat dengan karyawannya. Dengan demikian, manajer akan lebih melihat kepada proses yang telah dilalui oleh para karyawan.

4. Leader Berinovasi, Manajer Melihat Realitas

Leader selalu memiliki segudang pemikiran ketika berbicara mengenai perusahaan yang dimilikinya. Pemikiran-pemikiran tersebut membawanya untuk berinovasi dalam menciptakan tujuan-tujuan baru yang kadang terdengar sulit untuk dijalankan.

Oleh karena itu, manajer hadir untuk memperlihatkan realitas lapangan yang ada kepada pemimpin. Manajer dapat membantu menyeimbangi pemikiran dari leader dengan realitas saat ini atau bahkan memberikan solusi terbaik untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan oleh pemimpin.

5. Leader Berani untuk Ambil Risiko, Manajer yang Mengontrol Risiko

Perbedaan terakhir antara leader dengan manajer adalah mengenai risiko. Seorang leader pasti berani untuk mengambil risiko demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.

Dibalik seorang leader yang berani untuk mengambil risiko, ada manajer yang membantu untuk mengontrol risiko tersebut. Seorang manajer akan mencari cara untuk menghindari risiko atau bahkan meminimalisir terjadinya risiko demi kenyamanan bersama.

Baca Juga: Manfaat Media Promosi untuk Perkembangan Bisnis Anda

 

Jadi, itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan manajer dan leader yang perlu Anda pahami. Apabila Anda merupakan seorang manajer ataupun leader, jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi kepada karyawan yang telah bekerja keras untuk memajukan perusahaan.

Ada berbagai cara untuk mengapresiasi karyawan seperti dengan memberikan pujian, bonus, hingga hadiah seperti voucher belanja yang dapat digunakan untuk membeli keperluan apapun. Oleh karena itu, jika Anda ingin memberikan voucher belanja sebagai bentuk apresiasi kepada karyawan, silakan hubungi Sodexo sekarang juga atau pesan langsung Sodexo Gift Pass melalui website kami.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email